Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Universitas Jambi (UNJA)

Masukuniversitas.com, Universitas Jambi atau yang lebih dikenal dengan nama Unja ini merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di provinsi Jambi. Dengan memiliki 13 fakultas dan 56 program studi (prodi). Tentu, di seluruh perguruan tinggi baik swasta maupun negeri memiliki atau memerlukan biaya. Diantaranya biaya masuk dan juga biaya kuliah. Di Unju memerlukan kedua hal tersebut. Akan tetapi, jangan kuatir dalam tersebut, pastinya ada solusinya. Jika Anda rajin dan tekun belajar, biaya kuliah akan bisa ditanggung oleh pihak universitas atau mengajukan beasiswa selain universitas. Perusahaan swasta maupun negara juga turut membantu dalam membangun pendidikan Indonesia, salah satu memberikan dana ke universitas yang memperolehnya pastinya calon mahasiswa berprestasi. Inilah salah satu terdapat di Universitas Jambi.

Selain itu pula, Universitas ini juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi mahasiswanya, diantaranya yaitu adanya wadah untuk berbagai organisasi. Dan kesempatan untuk memperoleh beasiswa seperti PPA, BBM, Supersemar, dan juga yang lainnya termasuk jalur masuk melalui beasiswa.

Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Jambi (UNJA)

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai pendaftaran dan biaya kuliah bagi mahasiswa baru  di Universitas Jambi pada tahun akademik 2017/2018 untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Proses penerimaan siswa baru di Universitas ini dapat dilalui dengan 2 pola jalur penerimaan yang disesuaikan dengan kemampuan calon mahasiswanya.

Nah, bagi Anda yang berminat untuk mendaftar dan sudah memiliki pilihan program studi, berikut akan kami berikan ulasan bagaimana cara pendaftaran dan biaya kuliah di tempat ini.

A. Pendaftaran melalui Jalur Undangan atau Jalur SNMPTN

Jalur undangan atau jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini merupakan proses penerimaan mahasiswa berdasarkan nilai raport atau prestasi akademis yang dilakukan secara Nasional. Pada jalur pendaftaran ini, seleksi masuk tidak dilakukan melalui ujian tulis, tetapi melalui seleksi nilai raport. [Baca: Info pendaftaran SNMPTN 2017/2018].

Program masuk ini diperuntukkan bagi siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun ajaran 2017. Dimana siswa yang bisa diajukan untuk dapat ikut jalur pendaftaran ini adalah pesrta Ujian Nasional 2017 yang berasal dari sekolah yang sudah memiliki NPSN dan dapat mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia pelaksana SNMPTN 2017. Untuk pendaftaran, program masuk melalui jalur undangan ini tidak dipungut biaya apapun. [Baca juga: Pengumuman SNMPTN 26 April 2017].

Dan bagi siswa/siswi yang ingin mengikuti jalur ini, berikut jadwal pelaksanaan SNMPTN 2017.
1.    Pengisian PDSS: 14 Januari 2017sampai 10 Februari 2017
2.    Verifikasi PDSS: 15 Januari 2017 sampai  12 Februari 2017
3.    Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari 2017 sampai 6 Maret 2017
4.    Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN: 14 Maret 2017 sampai 14 April 2017
5.    Proses Seleksi: 15 Maret 2017 sampai 15 April 2017
6.    Pengumuman Hasil Seleksi: 26 April 2017

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di http://snmptn.ac.id atau informasi lengkap SNMPTN 2017.

B.    Pendaftaran melalui Jalur ujian tertulis

1. Jalur SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  merupakan pendaftaran mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dikombinasikan dengan ujian keterampilan. Pada tahun 2017, ujian masuk jalur ini dilaksanakan melalui Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT), yang bisa diikuti oleh siswa dan siswi dari lulusan tahun 2015, sampai 2017 dari pendidikan menengah atas atau sederajat, dan juga lulusan Paket C dari tahun 2015 sampai 2017, dengan program yang ditawarkan yaitu S1 Reguler.

Dan Biaya seleksi yang harus dibayarkan untuk mengikuti jalur ini adalah sebesar Rp. 200.000,00 yang bisa dibayar melalui Bank BNI atau Bank BTN atau Bank Mandiri.

Untuk yang berminat masuk Universitas Jambi melalui jalur ini, Pendaftaran SBMPTN 2017 dapat dilakukan secara online dengan jadwal berikut.
1)    Tatacara pengisian borang pendaftaran untuk ujian tertulis dan keterampilan bisa didownload mulai pada tanggal 4 April 2017 di http://download.sbmptn.ac.id.
2)    Daftar program studi, daya tampung Universitas Jambi, dan jumlah peminat program studi Universitas Jambi tahun 2017 dapat dilihat mulai tanggal 4 April 2017 di http://www.sbmptn.ac.id.
3)    Pendaftaran online PBT dan CBT dapat dilakukan dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Namun, akan ditutup jika jumlah kuota pendaftar sudah terpenuhi.

Sedangkan untuk jadwal ujian dilaksanakan pada tanggal berikut.

1)    Ujian Tertulis PBT dan CBT: 16 Mei 2017
2)    Ujian Keterampilan: 17 dan/atau 18 Mei 2017
3)    Pengumuman Hasil Seleksi: 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB di http://www.sbmptn.ac.id. [Jangan ketinggilan cek Pengumuman SBMPTN << disini].

2. Jalur UMB

Jalur UMB (Ujian Masuk Bersama) merupakan seleksi menerimaan mahasiswa baru berdasarkan pada Ujian Tulis yang dilakukan secara Nasional oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara. Dengan program pendidikan yang ditawarkan yaitu S1 Reguler dan Program Vokasi yang dapat diikuti oleh siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dari tahun akademik 2015 sampai tahun akademik 2017.

Dan untuk informasi lengkap Anda bisa bertanya pada Panitia Penyelenggara Lokal (PPL) Universitas Jambi di Gedung Balairung Lt. 2, Kampung Pinang Masak, Jl. Muara Bulian Km 15 Mendalo Darat, Jambi, 36361 dengan Tlp:Fax 0741 582625. Atau dapat Anda akses di https://penerimaan.spmb.or.id/

3. Jalur SLM UNJA

Jalur SLM UNJA (Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi) adalah proses penerimaan mahasiswa baru dengan berdasarkan dari Ujian Tulis yang dilakukan secara Lokal oleh Penitia Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi.  Dengan program pendidikan yang ditawarkan melalui jalur ini adalah Program  S1 Reguler, S1 Reguler Mandiri serta Program Vokasi (D3,D4) dan bisa diikuti oleh seluruh lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat  dari tahun akademik 2013 sampai tahun akademik 2017

Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di  http://pmb.unja.ac.id/slm.php.

Informasi singkat biaya kuliah di Universitas Jambi (UNJA)

Sementara untuk biaya kuliah bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN  adalah tergantung dari penghasilan masing-masing orangtua mahasiswa dan juga pilihan fakultas dan program studi. Karena biaya kuliah di perguruan tinggi negeri saat ini sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal yang dibayarkan setiap awal semester dengan besar yang sama di tiap semesternya. Sedangkan untuk jalur tertulis biayanya tergantung dari keputusan universitas, karena ada beberapa universitas negeri yang membendakan antara biaya kuliah SNMPTN dan jalur mandiri yang lainnya.

Unjam di Tahun Ajaran 2013/14 telah menyesuaikan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang ditujukan untuk ditanggung mahasiswa sebagai biaya pendidikan.

Biaya kuliah disamaratakan baik masuk dari SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT ataupun SLM UNJA atau Seleksi Lokal Masuk Univ. Jambi.

Peraturan Kemendikbud RI Nomor 55 Tahun 2013, untuk TA (Tahun Ajaran) 2013/14 biaya UKT/SPP per semesternya dibebankan ke mahasiswa baru (MABA).

Biaya UKT yang harus dibayar MABA berkisar Rp.1.500.000,- sampai Rp.3.500.000,- dengan persentase paling besar untuk UKT 3,5 juta. Tentu ini berbeda dari aturan kemendikbud yang merupakan kelompok tertinggi UKT besaran untuk range berada diangka 1 juta sampai 2 juta rupiah (kecuali Kedokteran dan Ilmu Kesehatan).

Biaya kuliah di Unja tidaklah berbeda tahun sebelumnya. Misalnya untuk mengambil jurusan kedokteran, TA 2012 perlu diketahui sumbangan wajib orang tua dikenakan sebesar Rp.60.000.000,- untuk UMB dan juga SNMPTN. Berbeda dengan Jalur Mandiri yaitu sebesar Rp.80.000.000,-.

Selengkapnya baca: Biaya Kuliah di UNJA

Demikianlah informasi tentang pendaftaran dan biaya kuliah Unja yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang ingin mendaftar di Universitas Jambi.

Wid—
Referensi:
pmb.unja.ac.id/
biayakuliah.web.id/2015/11/biaya-snmptn.html
pendaftaran.net/2016/08/cara-pendaftaran-unja.html

Add a Comment