Universitas Komputer Indonesia: Pendaftaran & Biaya Unikom Bandung

Informasi pendidikanUniversitas Komputer Indonesia atau Unikom menjadi salah satu universitas yang banyak diserbu calon mahasiswa baru, di setiap tahunnya. Unikom, salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) Universitas Komputer yang ada di Indonesia. Universitas ini beralamat di Jalan Dipatiukur No. 112-116, Coblong, Lebakgede, Bandung. Universitas yang berdiri pada tahun 2000 ini memiliki banyak jurusan, dari 6 fakultas yang ada.

Untuk Anda yang memiliki minat terhadap komputer, Anda bisa mulai mendaftar di Unikom ini. Tapi, jika Anda mungkin menginginkan jurusan yang tidak ada kaitannya dengan komputer Anda juga masih tetap bisa mendaftar di Unikom. Sebab, Unikom sudah meresmikan beberapa fakultas non-komputer untuk para calon mahasiswanya.

Jangan lupa, silakan baca ini: tri dharma perguruan tinggi

Nah, bagi Anda yang akan mendaftar ke Universitas Komputer Indonesia tapi masih bingung bagaimana cara melakukan pendaftaran serta berapa biaya masuknya, maka ulasan di bawah ini bisa membantu Anda.

Sekilas tentang Universitas Komputer Indonesia

Pada tanggal 8 Agustus 2000, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) resmi di dirikan sesuai Surat Kepmendiknas no.126/D/0/2000. Di tahun ini, Unikom telah memiliki 11 program studi seperti S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Arsiktektur, S1 Manajemen Informatika, S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Hukum, S1 Pemerintahan, S1 Desain Komunikasi Visual, d3 Desain Interior, serta d3 Desain Komunikasi visual.

Unikom memiliki visi menjadi Universitas terbaik dalam bidang teknologi informasi serta komunikasi, memiliki jiwa intrepreneur, wawasan global, dan juga sebagai pusat dari segala bidang teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai bentuk penunjang dalam pembangungan nasional.

Tata cara pendaftaran di Universitas Komputer Indonesia

Sekarang ini semua pendaftara sudah dilakukan secara online. Selain mudah, pendaftaran online juga tidak memerlukan waktu yang lama. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah ada untuk melakukan pendaftaran. Jika Anda ingin melakukan pendaftaran di Unikom, berikut ini proses yang harus Anda lakukan agar pendaftaran yang Anda lakukan bisa berjalan lancar.

1. Bayar biaya lebih dahulu

Langkah pertema melakukan pendaftaran yaitu Anda sebagai calon mahasiswa harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu. Pembayaran ini bisa Anda lakukan melalui bank ataupun via ATM dengan nomor rekening 1031960660 a/n FORM UNIKOM sebesar Rp 350.000. Setelah melakukan pendaftaran, jangan lupa untuk mencatan data transaksi seperti nomor transaksi atau nomor transfer beserta tanggalnya.

2. Menyiapkan data akademik

Langkah kedua ini pastikan Anda sudah menyiapkan semua data akedemik yang akan Anda cantumkan di dalam form pendaftaran.

3. Buka website unikom.ac.id

Jika langkah pertama dan kedua sudah terlaksana, langkah selanjunya yaitu buka website Unikom di unikom.ac.id. Lalu, klik tulisan Daftar dan berikutnya klik Daftar Sekarang di form Pendaftaran Online Program Sarjana dan Diploma.

4. Mengisi formulir, konfirmasi dan pengecekan kembali

Bila sudah terbuka, Anda akan menemukan tulisan Pendaftaran Online dengan Panduan Formulir Pendaftaran Online di halaman atas. Panduan ini berisi tentang kewajiban Anda untuk mengisikan data secara benar dan jujur. Kemudian, Anda harus memberikan nomor beserta alamat surel Anda sebagai bentuk konfirmasi pendaftaran. Terakhir, keharusan Anda untuk melakukan pengecekan kembali pada formulir registrasi.

5. Data informasi lengkap

Data yang harus Anda cantumkan di dalam Formulir Pendaftaran Online ini berupa, kontak pribadi, informasi pribadi seperti nama sampai alamat, asal sekolah, informasi orang tua dan jurusan yang akan dipilih. Data-data ini harus Anda isi sesuai dengan keadaaan yang sebenarnya, sebab jika ada data yang tidak tepat bisa berakibat buruk nantinya.

6. Mengisi data pembayaran

Jika Anda sudah mengisi semua data-data yang ada, jangan lupa untuk mengisikan informasi biaya pendaftran yang sudah Anda lakukan di lengkap pertama tadi. Masukkan data pembayaran Anda pada form yang telah disediakan berupa tanggal, nomor transfer dan juga nama pengirim.

7. Periksa kembali data Anda

Periksa kembali apabila Anda sudah mengisi semua data pada formulir pendaftaran online. Usahan untuk tidak melupkan satu pun agar formulir Anda bisa cepar di verifikasi oleh admin Unikom. Bila semuanya lengkap, klik link Kirim Formulir Pendaftaran Ini yang berada di bagian bawah formulir.

8. Cetak kartu

Anda akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran melalui email maupun nomor handphone Anda. Setelah itu Anda bisa mencetak kartu ujian pendaftaran online di web yang sama saat Anda mendaftar.

9. Harus ikut ujian tulis unikom

Terkahir, Anda harus mengikuti ujian tulis di Unikom. Jika Anda bisa mengerjakannya dan di terima, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan suda bisa menjadi mahasiswa Unikom.

Biaya masuk di Universitas Komputer Indonesia (Unikom)

Biaya yang harus Anda bayarkan ketika sudah menjadi mahasiswa Unikom sebagai berikut:

1. Fakultas teknik dan Ilmu Komputer

  • Biaya pengembangan pendidikan Rp. 6.000.000 – Rp. 9.000.000
  • Biaya per semester di antara Rp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Biaya pengembangan pendidikan Rp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000
  • Biaya per semester berkisar Rp. 5.000.000 – Rp. 7.000.000

3. Fakultas Hukum

  • Biaya pengembangan pendidikan sekitar Rp. 7.000.000
  • Biaya per semester Rp. 6.000.000

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Biaya pengembangan pendidikan berkisar Rp. 8.000.000
  • Biaya per semester Rp. 7.000.000

5. Fakultas Desain

  • Biaya pengembangan pendidikan sekitar Rp. 7.000.000 – Rp. 8.000.000
  • Biaya per semester antara Rp. 6.000.000 – Rp. 7.000.000

6. Fakultas Sastra

  • Biaya pengembangan pendidikan sebesar Rp. 7.000.000
  • Biaya per semester Rp. 6.000.000
  • Biaya penunjang
  • Buku wajib dan buku program studi sebesar Rp. 500.000 (awal masuk)
  • Anggota perputakaan sebesar Rp. 300.000 (sampai lulus)
  • Jaket almamater sebesar Rp. 350.000
  • Registrasi/semester sebesar Rp. 350.000
  • Kemahasiswaan sebesar Rp. 150.000 (tiap tahun)
  • Tabungan BNI untuk mahasiswa sebesar Rp 200.000
  • Klinik kesehatan dan asuransi sebesar Rp 150.000/semester

Silakan baca informasi bermanfaat ini: Universitas swasta di Bandung

Demikianlah ulasan tentang pendaftran dan biaya masuk di Unikom / Universitas Komputer Indonesia. Semoga bermanfaat.

Referensi:
www.unikom.ac.id

Add a Comment