Pendaftaran Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Kelas Reguler

Universitas Negeri Jakarta adalah Universitas Negeri yang ada di daerah Jakarta. Seperti layaknya Universitas negeri lain yang ada di daerah, UNJ memang selalu menjadi universitas favorit yang memiliki banyak peminat. Universitas ini berada di Jakarta Timur tepatnya di Jln. Rawamangun Muka Pulogadung. Ada dua jenis pendidikan yang diselenggarakan oleh UNJ yaitu pendidikan akademik dan pendidikan professional. Setiap tahunnya, sma seperti tahun tahun sebelumnya, UNj juga membuka jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa yang berminat untuk menimba ilmu di Universitas Negeri Jakarta ini. ada tiga jalur yang dibuka yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

Baca juga yang ini:

Berikut ini akan dijelaskan tentang jalur pendaftaran mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta.

Apa sajakah itu? Ini jawabannya

SNMPTN UNJ

Jalur ini diperuntukkan bagi para siswa yang memiliki keunggulan pada bidang akademik semasa sekolah di SMA. Prestasi ini dapat dibuktikan dengan nilai raport dan berbagai piagam ataupun penghargaan yang diperoleh oleh siswa yang bersangkutan. Adapun tata cara mengikuti jalur seleksi ini adalah:

  • Berdasarkan rekomendasi Kepala Sekolah siswa yang bersangkutan
  • Rekomendasi diberikan dengan mengisi data sekolah dan data siswa di PDSS pada alamat pdss.snmptn.ac.id
  • Setelah mendapat rekomendasi, siswa yang bersangkutan melakukan verifikasi data di PDSS dan melakukan pendaftaran di snmptn.ac.id
  • Siswa peserta SNMPTN tersebut melakukan login ke laman snmptn.ac.id dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolahnya.
  • Isilah data data secara lengkap dan jangan lupa mencetak kartu SNMPTN

SBMPTN UNJ

Ini adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional serempak di seluruh Indonesia. Seleksi ini diperuntukkan bagi para siswa SMA/MA atau sederajat yang telah lulus dari sekolahnya dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Seleksi ini dilakukan untuk masuk ke semua perguruan tinggi atau universitas negri yang ada di Indonesia termasuk UNJ. Perbedaanya dengan SNMPTN adalah pada jalur pendaftaran ini, siswa tidak harus mendapat rekomendasi dari pihak kepala sekolahnya dan memiliki rapor serta nilai yang unggul. Semua siswa dapat mengikuti seleksi pada jalur SBMPTN ini tanpa terkecuali. Dibawah ini akan di jelaskan tentang tata cara pendaftaran jalur SBMPTN untuk Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri lainnya.

  • Pendaftaran awal dilakukan di laman www.Sbmptn.or.id
  • Setelah melakukan pendaftaran awal, cetak bukti pendaftaran awal tersebut
  • Bawa bukti tersebut untuk melakukan pembayaran ke bank
  • Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa akan mendapatkan KAP dan PIN
  • Gunakan Kode Akses Pendaftaran dan PIN untuk login ke laman SBMPTN di atas
  • Isilah data data dan pilihan universitas dengan benar
  • Setelah selesai jangan lupa untuk mencetak kartu peserta ujian SBMPTN

Jalur Mandiri UNJ

Jalur ini diadakan bagi para calon mahasiswa yang tidak lulus atau tidak memiliki kesempatan saat SBMPTN atau SNMPTN. Universitas Negeri Jakarta juga membuka jalur pendaftaran ini. Dengan adanya jalur mandiri ini, maka kesempatan bagi para calon mahasiswa sekain luas untuk masuk ke Universitas negeri idaman termasuk UNJ.

Add a Comment