Universitas Negeri Makassar, Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Universitas Negeri Makassar atau yang disingkat dengan UNM adalah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang terletak di Makassar. Universitas ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961 sampai 31 Agustus 1964 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 30 Th. 1964. Saat itu, Universitas Negeri Makassar statusnya masih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanudin. [Cari tahu artikel sebelumnya: Info lengkap Universitas Muhammadiyah Malang].

Universitas negeri makassar pendaftaran dan biaya kuliah

Dalam perjalanannya, Universitas Negeri Makassar sering mengalami pergantian nama dan status. Seperti pada tanggal 1 September 1964 hingga Januari 1965 statusnya IKIP Yogyakarta cabang Makassar. Serta pada tanggal 3 Agustus 1999 Universitas Negeri Makassar berstatus mandiri dan berganti nama menjadi IKIP Makassar. Pada 1 April 1972 Universitas ini juga berganti nama menjadi IKIP Ujungpandang karena mengikuti berubahnya nama kotamadya Makassar yang saat itu menjadi Ujungpandang.

Barulah pada tanggal 4 Agustus IKIP Makassar berubah status menjadi Universitas dan namanya menjadi Universitas Negeri Makassar, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 93 Th. 1999 Tanggal 4 Agustus 1999. Hingga saat ini, Universitas Negeri Makassar telah menyediakan sebanyak 9 prodi untuk jenjang D3, 58 prodi untuk jenjang S1, 12 prodi untuk S2, serta 5 prodi untuk S3.

Fakultas dan program studi Universitas Negeri Makassar

Berikut Fakultas dan Program studi yang dapat Anda ambil di Universitas Negeri Makassar.

1. Fakultas Ilmu Pendidikan, terdiri dari Program studi : Pendidikan Luar Sekolah, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Bimbingan dan Penyuluhan, Pendidikan Luar Biasa, program D-II PGTK, dan program D-II PGSD.

2. Fakultas Psikologi, terdiri dari program studi : Psikologi Klinis, Psikologi Industri, Psikologi Eksperimen, Psikologi Sosial, Psikologi Pengembangan, dan Psikologi Pendidikan.

3. Fakultas MIPA, terdiri dari program studi : Matematika, Kimia, Fisika, Prodi IPA, Geografi, dan Prodi Statistika.

4. Fakultas Bahasa dan Sastra.

5. Fakultas Ilmu Olah raga.

6. Fakultas Teknik, Fakultas ini memiliki beberapa bidang pendidikan, seperti : Pendidikan Teknik Mesin yang terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3), Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari Teknik Arsitektur (D3) dan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Pendidikan Teknik Elektro terdiri dari Teknik Elektro untuk S1 dan D3, Pendidikan Teknik Elektronika terdiri dari Teknik Elektronika untuk jenjang S1 dan D3, Pendidikan Teknik Otomotif terdiri dari Teknik Otomotif untuk S1 dan D3, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1), Tata Busana (S1), Teknologi Pertanian (S1, Tata Boga (S1 dan D3).

7. Fakultas Ekonomi, program studi : Manajemen (S1), Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out).

8. Fakultas Ilmu Sosial, terdiri dari Program studi : Pendidikan Sejarah, PPkn, Sosiologi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

9. Program Pasca Sarjana : Pendidikan Ekonomi (S3), Pendidikan Bahasa Indonesia (S2 dan S3), Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (S2 dan S3), Ilmu Administrasi Publik (S3), Pendidikan Bahasa Inggris (S2 dan S3), Ilmu Pendidikan (S3), Sosiologi (S3), Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (S2), Pendidikan Fisika (S2), Pendidikan Jasmani dan Olah raga, Pendidikan Kimia (S2), Pendidikan Biologi (S2), Pendidikan Seni Rupa (S2), Pendidikan Pengetahuan Sosial (S2), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2), Administrasi Pendidikan (S2), Bimbingan Konseling (S2).

Semua fakultas dan program studi di atas tersebar di seluruh kampus milik Universitas Negeri Makassar diantaranya Kampus 1 Gunung Sari (Makassar), Kampus 2 Parang Tambung (Makassar), Kampus 3 Banta-Bantaeng (Makassar), Kampus 4 Tidung (Makassar), Kampus PGSD (Kab. Bone), dan Kampus PGSD (Pare Pare).

Jalur seleksi Universitas Negeri Makassar (UNM)

Setelah mengetahui fakultas dan program studi yang ada di Universitas Negeri Makassar, selanjutnya Anda harus mengetahui jalur masuk yang dibuka oleh Universitas ini agar Anda dapat mulai mengatur strategi dan mempersiapkan segalanya untuk menghadapi berbagai rangkaian pendaftaran Universitas Negeri Makassar.

1. Jalur SNMPTN Universitas Negeri Makassar

Penerimaan pertama tentu saja jalur undangan nasional atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN. Jalur ini khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan lulus dari SLTA/sederajat pada tahun yang sama (fresh graduate). Penerimaan jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik peserta dan juga prestasi – prestasi menunjang lain di bidang pendidikan maupun ekstrakurikuler.

Untuk mengikuti SNMPTN, calon peserta harus mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari kepala sekolah kemudian data nilai rapor serta prestasi akademik di masukkan pada halaman PDSS oleh staf yang ditunjuk. Setelah itu, siswa melakukan verifikasi dan pendaftaran online di website resmi SNMPTN.

Bagi calon mahasiswa dari kalangan tidak mampu, Anda bisa mendaftarkan diri pada Bidik misi SNMPTN dengan melakukan pendaftaran dahulu di website bidikmisi.

2. Jalur SBMPTN Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar juga membuka jalur seleksi nasional SBMPTN. Seleksi yang didasarkan nilai tes ini terdiri dari dua jenis, yakni CBT dan PBT. Anda dapat mengikuti salah satunya saja. SBMPTN juga dapat diikuti oleh siapa saja. Baik fresh graduater, alumni (maks 3 tahun setelah lulus), atau bahkan mahasiswa yang ingin pindah jurusan.

Untuk mengikuti SBMPTN, Anda harus membayar sejumlah biaya ujian, namun bagi yang sudah terdaftar bidikmisi, Anda tidak perlu membayar dan cukup memasukkan KAP dan PIN yang diperoleh dari web bidik misi.

Untuk mengikuti SBMPTN, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online, kemudian membayar biaya pendaftaran melalui bank (bukan peserta bidikmisi) dan selanjutnya verifikasi secara online dengan menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh saat melakukan pembayaran.

3. Seleksi jalur mandiri Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar juga membuka seleksi penerimaan dari jalur mandiri. Jalur ini dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang tidak diterima di dua jalur sebelumnya. Calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi jalur mandiri harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti alat tulis, persiapan belajar materi ujian, dan sebagainya.

Untuk mengikuti seleksi jalus mandiri, calon peserta harus mendaftarkan diri dahulu melalui web resmi seleksi mandiri Universitas Negeri Makassar yaitu www.pmbn.unm.ac.ud. Lalu membayarkan biaya pendaftaran. Untuk info lebih jelas dapat langsung mengakses alamat diatas.

4. Bidikmisi Universitas Negeri Makassar

Bagi calon mahasiswa tidak mampu, dapat mendaftarkan diri pada program bantuan keuangan yakni bidikmisi. Anda dapat harus mendaftar dahulu secara online di web bidikmisi.dikti.go.id. setelah itu memasukkan KAP dan PIN pada salah satu jalur pendaftaran di atas.

5. Pasca sarjana Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar juga membuka pendaftaran untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S2 atau S3. Info selengkapnya bisa Anda akses di web resmi PPS UNM yakni http://pps.unm.ac.id/.

Biaya kuliah Universitas Negeri Makassar

Untuk biaya kuliah, Universitas Negeri Makassar mengadopsi sistem UKT yang memang berlaku di PTN seluruh Indonesia.

Biaya Kuliah Universitas Negeri Makassar

Biaya Kuliah Universitas Negeri Makassar

Diatas adalah biaya kuliah yang menggunakan sistem UKT yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima dari jalur seleksi nasional, untuk jalur mandiri, besarannya agak sedikit berbeda.

Nah di bawah ini adalah biaya kuliah / UKT yang menggunakan jalur mandiri ( berdasarkan informasi yang tercantum di website resmi Universitas Negeri Makasar).

Biaya Kuliah Universitas Negeri Makassar-biaya-2

Demikian informasi mengenai Universitas Makasar, dan berikut sudah beserta dengan cara pendaftaran serta biaya kuliahnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Sumber:

id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Makassar?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3296489301
www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-unm.html
pmbm.unm.ac.id/brosur/

 

Add a Comment