Universitas Nusa Bangsa (UNB), Profil: Sejarah, Visi dan Alamat

Universitas Nusa Bangsa atau yang biasa dikenal dengan UNB merupakan sebuah perguruan tinggi yang berada di Provinsi Jawa Barat, atau lebih tepatnya ada di Kota Bogor.

Dan perlu diketahui, universitas Nusa Bangsa ini adalah perguruan tinggi swasta yang sudah resmi diakui oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari informasi resmi yang dikeluarkan oleh Forlap Dikti, di mana isinya memuat bahwa UNB masih dinyatakan aktif beroperasi hingga sekarang.

Nah, bagi para mahasiswa yang tertarik menimba ilmu di kampus ini, berikut adakami bagikan informasi mengenai profil Universitas Nusa Bangsa.

Universitas Nusa Bangsa

Sejarah Universitas Nusa Bangsa Bogor

Sejarah Universitas nusa bangsa

Universitas Nusa Bangsa ini didirkan sejak tahun 1987 silam oleh YPKMK (Yayasan Pengembangan Keterampilan Mutu Kehidupan) yang saat itu berkedudukan di Kota Jakarta. Mengacu pada surat keputusan yang dikeluarkan Mendikbud RI No 0456/0/1989. UNB sendiri baru secara resmi aktif pada tanggal 19 juli tahun 1989. Nah, pada awalnya di kampus Universitas Nusa Bangsa hanya terdapat tiga fakultas dan 5 program studi saja, yaitu :

• Fakultas Pertanian dengan program studi Sosial Ekonomi Pertanian, dan Budidaya Pertanian.
• Fakultas Ekonomi dengan program studi Manajemen Perusahaan dan Akuntansi.
• Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (MIPA) dengan program studi Biologi.
2 tahun kemudian, tepatnya tahun 1991, Fakultas Pertanian Universitas Nusa Bangsa membentuk program studi baru, yaitu Manajemen Hutan.

Baca selengkapnya disini: Daftar fakultas dan jurusan UNB

Setelah itu, program studi Manajemen Hutan ditingkatkan menjadi Fakultas Kehutanan. Perubahan tersebut mengacu pada surat keputusan Mendikbud yang dikeluarkan pada tanggal 19 maret 1993 dengan No.19/D/0/1993. Di mana Fakultas Kehutanan mulai tahun itu memiliki 2 program studi yaitu Konservasi Sumberdaya Hutan dan Manajemen hutan.

Tidak lama setelahnya, UNB terus mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan berkat dukungan dari masyarakat kota Bogor, akhirnya UNB resmi meluncurkan program pascasarjana magister Konsentrasi Pembangunan Sumberdaya serta Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, yang disahkan pada tanggal 18 desember 1998.

Pada tahun 2006, dalam rangka mengatasi kelangkaan penyuluh kehutanan di daerah- daerah Indonesia, Universitas Nusa Bangsa menyelenggarakan Diploma penyuluh kehutanan (D2), kemudian pada tahun 2011 D2 Penyuluh Kehutanan tersebut dihilangkan dan berubah menjadi D3.

Visi Universitas Nusa Bangsa Bogor

Visi dan misi Universitas Nusa Bangsa

Visi merupakan hal sangat penting untuk dimiliki sebuah perguruan tinggi baik itu perguruan tinggi swasta maupun negeri. Nah, begitupula dengan Universitas Nusa Bangsa, jika melihat visi yang tercantum di official website UNB, visi yang ingin dicapai UNB sangatlah bagus sekali, yaitu pada tahun 2025 UNB harus menjadi perguruan tinggi nasional yang berwawasan lingkungan.

Demi mencapai visi tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang akan dilakukan oleh UNB :

• UNB akan mengembangkan serta menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat demi mendukung pembangunan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

• UNB akan mengembangkan dan membangun tata kelola Universitas yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan pengembangan Tri-Dharma

• UNB akan mengembangkan dan membangun Universitas dengan mutu berstandar nasional secara berkelanjutan.

Alamat Universitas Nusa Bangsa Bogor

Alamat Universitas Nusa Bangsa

Anda bisa mendaftar menjadi mahasiswa-mahasiswi Universitas Nusa Bangsa dengan datang langsung ke jalan KH. Sholehah Iskandar yang berada di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor.

Nomor telepon yang bisa anda hubungi adalah 0251 7533 189, atau melalui fax di nomor 0251 8340217. Anda juga bisa bertanya terkait apapun mengenai UNB dengan mengirim email ke alamat [email protected]

Nah, itulah ulasan singkat mengenai profil Universitas Nusa Bangsa. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum mengambil keputusan, terkait universitas mana yang akan dipilih.

 

Contributor article: Ahmad Nurdianto (Humas & Promosi UNB)