Universitas Pertamina, Pendaftaran & Biaya Kuliah

Meski tergolong sebagai universitas baru, namun Universitas Pertamina, mampu menyedot perhatian dari masyarakat dalam waktu singkat. Tidak heran mengingat nama pertamina sendiri merupakan nama yang tentu tidak asing lagi di masyarakat.

Universitas Pertamina terletak di Simprug, Jakarta Selatan dengan luas lahan keseluruhannya mencapai 6,5 hektar. Universitas ini memiliki fasilitas pendidikan yang menempati 2 gedung. Terdapat pula fasilitas pendukung lain yakni sarana olahraga serta gedung perpustakaan dengan koleksi buku yang terbilang cukup lengkap.

Universitas pertamina ditargetkan untuk calon mahasiswa yang tertarik menjadi tenaga profesional dalam dunia industri. Adapun lulusannya diharapkan mampu memiliki wawasan luas, mandiri serta berkompeten dalam mengadapi tantangan dalam dunia usaha terutama industri khususnya pada bidang teknologi energi serta bisnis.

Program studi Universitas Pertamina

Universitas yang diresmikan pada tanggal11 Februari 2016 ini, membuka beberapa program studi yang dapat dipilih sesuai minat dari calon mahasiswa. Adapun fakultas yang ditawarkan, berjumlah enam dan dengan program studi sebanyak lima belas.

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pada fakultas ini, terdapat program studi mulai dari manajemen serta ilmu ekonomi.

2. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Untuk fakultas komunikasi dan diplomasi, mahasiswa dapat memilih program studi yaitu hubungan internasional serta ilmu komunikasi.

3. Fakultas Perencanaan Infrastruktur

Dengan program studi yakni teknik sipil serta teknik lingkungan.

4. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer

Untuk fakultas sains dan ilmu komputer, Universitas Pertamina menawarkan program studi kimia serta komputer.

5. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

Pada fakultas ini, terdiri dari beberapa program studi yakni teknik geofisika, teknik geologi, serta teknik perminyakan.

6. Fakultas Teknologi Industri

Bagi yang tertarik pada teknologi industri, Anda bisa memilih program studi yang diminati mulai dari teknik mesin, teknik kimia, teknik elektro serta teknik logistik.

Universitas pertamina didukung oleh dosen-dosen dengan predikat lulusan Master serta Doktor terbaik, entah dari dalam ataupun luar negeri. Selain didukung dengan dosen yang mumpuni, universitas ini juga didukung oleh 225 tenaga penunjang yang terdiri dari dosen tidak tetap, tenaga kependidikan, pustakawan, teknisi serta laborat.

Universitas Pertamina atau yang disingkat pula dengan UP ini bertekad untuk menghasilkan lulusan dengan daya saing yang tinggi, untuk dapat membantu kemajuan bangsa terutama di mata dunia.

Artikel terkait tentang pendidikan di Jakarta:

  1. Universitas kelas karyawan di Jakarta
  2. Daftar Universitas Swasta Jakarta
  3. SMP terbaik di Jakarta
  4. SMA favorit di Jakarta
  5. SMA swasta terbaik di Jakarta
  6. SMA Negeri terbaik Jakarta
  7. Profil dan biaya kuliah Universitas pancasila

Pendaftaran masuk Universitas Pertamina

Bagi anda, calon mahasiswa yang tertarik ingin bergabung dengan Universitas Pertamina, bisa mengikuti jalur pendaftaran yang bisa dilakukan secara online. Pendaftaran secara online, tentu mempermudah bagi seluruh calon mahasiswa yang bertempat tinggal jauh dari lokasi kampus.

Untuk tahun 2016 ini, Universitas Pertamina yang awalnya membuka 2 gelombang pendaftaran, memutuskan untuk membuka kembali gelombang susulan, yakni gelombang ketiga.

Syarat pendaftaran masuk Universitas Pertamina

Agar dapat terdaftar sebagai calon mahasiswa, Anda diharuskan melengkapi syarat-syarat yang diajukan oleh pihak universitas, seperti yang berikut ini.

1.    Calon mahasiswa diharuskan melakukan pendaftaran yang dapat dilakukan secara online serta membayar biaya pendaftaran sebesar tiga ratus ribu.
2.    Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau setara dapat melakukan pendaftaran. Sedangkan untuk angkatan yang lulus di tahun 2016,  harus membawa bukti berupa kartu peserta ujian.
3.    Bagi siswa SMA dengan jurusan IPA, bisa memilih 2 dari 15 program studi yang ditawarkan yakni teknik, sains dan sosial. Sedangkan untuk siswa SMA dengan jurusan IPS, bisa memilih 2 dari 4 program studi yang ditawarkan yakni ilmu komunikasi, ilmu ekonomi, serta hubungan internasional.
4.    Bagi jurusan tertentu, seorang calon mahasiswa diharuskan bebas dari gangguan buta warna.
5.    Mengunggah pas foto dengan ukuran file maksimum seratus kb. Foto harus yang terbaru dan berwarna.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda diharuskan mengikuti ujian yang diselenggarakan pihak universitas di beberapa kota seperti Medan, Yogjakarta, Jakarta, Palembang, Balikpapan, Surabaya dan Makassar. Meski demikian, pada gelombang ketiga yang diselenggarakan bulan Juli kemarin, ujian hanya diselenggarakan di Jakarta.

Pastikan mahasiswa mematuhi syarat pendaftaran agar tidak menemui kendala dan tercatat sebagai pendaftar yang resmi. Isi formulir data dengan baik dan benar. Jangan lupa lakukan penelitian ulang sebelum akhirnya melakukan pembayaran.

Biaya kuliah di Universitas Pertamina

Sebagai calon mahasiswa, terlebih pada universitas yang masih baru, tentu banyak yang merasa penasaran dengan biaya masuk Universitas Pertamina. Bagi mereka yang telah lulus ujian masuk, diharuskan melakukan pembayaran berupa biaya sumbangan pengembangan Institusi serta SPP.

Biaya kuliah Universitas Pertamina pada tahun 2016

Fakultas/ program studi SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan )
Dibayarkan sekali Dibayarkan per semester
Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi
Teknik Geofisika RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Perminyakan RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Geologi RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Fakultas Teknologi Industri
Teknik Logistik RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Elektro RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Kimia RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Mesin RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Manajemen RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Ilmu Ekonomi RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Fakultas Perencanaan Infrastruktur
Teknik Lingkungan RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Teknik Sipil RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Fakultas Ilmu Komunikasi dan Diplomasi
Hubungan Internasional RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Ilmu Komunikasi RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Fakultas Sains dan Komputer
Ilmu komputer RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-
Kimia RP. 10.000.000,- RP. 10.000.000,-

Pemberian beasiswa di Universitas Pertamina

Bagi mahasiswa yang berprestasi, tentu akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Hal ini dikarenakan universitas pertamina memberikan keringanan bagi dua puluh persen dari calon mahasiswa dengan nilai terbaik yakni dibebaskan dari biaya SPI sebesar sepuluh juta.

Sementara bagi mahasiswa yang lulus dengan nilai ujian masuk pada peringkat dua puluh hingga empat puluh persen, dapat membayar SPI separuh saja yakni sebesar lima juta rupiah.

Bagi mahasiswa yang memiliki prestasi namun tidak dibarengi dengan kemampuan finansial yang baik, Anda juga tidak perlu khawatir karena Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dengan kategori tersebut.

Meski terbilang sebagai universitas yang baru, namun nyatanya antusias mayarakat dalam menyambut Universitas Pertamina ini cukup baik. Didukung dengan dosen pilihan, mahasiswa tentu akan memperoleh pengajaran secara lebih maksimal sebagai bekal mereka untuk terjun dalam dunia bisnis ataupun industri.

Kelebihan lainnya Universitas Pertamina untuk mahasiswa

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Universitas pertamina ada pada segi pembekalan praktiknya. Mahasiswa yang tergabung dalam kampus ini akan dibekali ilmu praktik dimana salah satunya adalah magang di perusahaan Pertamina. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan dalam program kuliah yang dijalankan.

Meski demikian, Universitas Pertamina menerangkan jika pihaknya tidak melakukan ikatan dinas bagi lulusan pertamina dengan perusahaan BUMN di bidang energi terkait. Maka dari itu, lulusan Universitas Pertamina tetap akan melakukan seleksi dengan mahasiswa dari universitas lain jika ingin masuk ke perusahaan tersebut. Alhasil tetap akan terjadi seleksi yang fair antara mahasiswa dari Universitas pertamina dengan mahasiswa Universitas yang lain.

Add a Comment