Universitas Siliwangi, Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Universitas Siliwangi didirikan pada tahun 1978 dengan nama ADSUP Siliwangi, kemudian barulah pada tahun 1980 berganti nama menjadi Universitas Siliwangi. Universitas Siliwangi merupakan salah satu Universitas favorit di Jawa Barat. Perguruan tinggi ini juga merupakan yang terbesar di Priangan Timur.

Universitas Siliwangi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusannya. Selain itu Universitas Siliwangi juga senantiasa melakukan pengembangan terhadap Universitasnya. Salah satu upayanya adalah dengan mengirim staf pengajar untuk studi S-2, S-3, atau kursus pendek baik luar maupun dalam negeri.

Hingga saat ini, UNSIL (Singkatan resmi Universitas Siliwangi) sudah memiliki 13.000 mahasiswa dan 75% dari staf pengajarnya sudah lulusan S2 atau S3. Universitas Siliwangi terletak di kota Tasikmalaya dan memiliki luas 6,9 hektare. Universitas ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap, seperti perpustakaan, laboratorium, sarana olah raga, klinik, lahan penelitian bagi dosen maupun, mahasiswa, dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lain yang tentunya sangat menunjang proses perkuliahan.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Siliwangi

Saat ini, Universitas Siliwangi memiliki sudah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi pada jenjang Diploma, Sarjana, serta Pasca Sarjana.

– Fakultas Ekonomi, terdiri dari program studi : Ekonomi pembangunan, Akuntansi Manajemen, Perbankan, dan Manajemen Keuangan.

– FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), terdiri dari program studi : Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Luar Sekolah.

– Fakultas Teknik, terdiri dari Program Studi : Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Agribisnis, Fakultas Pertanian, dan Agroteknologi.

– FIK (Fakultas Ilmu Kesehatan), terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat.

– FAI (Fakultas Agama Islam), terdiri dari program studi Ekonomi Islam.

– FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), terdiri dari program studi Ilmu Politik.

– Jenjang Pasca Sarjana, terdiri dari program studi Agribisnis, PKLH (Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup) dan Manajemen.

Jalur pendaftaran Universitas Siliwangi

Setelah di atas kami informasikan mengenai Universitas Siliwangi ini, lengkap dengan fakultas dan program studi yang tersedia, mungkin saat ini Anda mulai tertarik dan berniat untuk mendaftar.

Namun, sebelumnya yang wajib terlebih dulu Anda ketahui adalah mengenai jalur – jalur penerimaan yang sudah jadi ketentuan Universitas Siliwangi. Ini penting, agar Anda dapat menentukan jalur mana yang akan diambil dan juga menyesuaikan status Anda sekarang (fresh graduate atau alumni).

Seperti tahun – tahun sebelumnya, Universitas Siliwangi tetap membuka jalur pendaftaran jalur Nasional dan jalur mandiri yang diselenggarakan sendiri oleh Universitas. Berikut ulasan selengkapnya.

A. Seleksi Masuk Universitas Siliwangi Melalui Jalur Nasional

Seleksi masuk jalur nasional ialah proses seleksi penerimaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan seluruh Perguruan Tinggi Negeri sebagai pesertanya, termasuk Universitas Siliwangi. Seleksi Nasional ini memiliki dua jalur penerimaan yakni Jalur Undangan atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN dan juga jalur test atau disebut dengan SBMPTN.

1. Jalur SNMPT

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang memiliki trek akademis bagus dan juga memiliki prestasi. Jalur SNMPTN hanya dapat diikuti oleh siswa yang akan lulus tahun itu (fresh Inggraduate) dan juga harus atas rekomendasi sekolah asal. Jadi bagi Anda yang merupakan alumni, tidak dapat mengikuti jalur ini.

Pada jalur ini siswa diseleksi berdasarkan nilai raport, nilai ujian nasional, portofolio (bagi jurusan olah raga dan seni) dan prestasi – prestasi lain yang relevan serta menunjang.

Pendaftaran ini dimulai dengan rekomendasi yang diberikan kepala sekolah, lalu staf yang ditunjuk akan mengisi data dan nilai raport siswa di halaman PDSS. Setelah selesai, siswa diwajibkan untuk memverifikasi data yang telah dimasukkan.

Dalam tahap ini diperlukan ketelitian, jangan sampai nilai di PDSS tidak sesuai dengan nilai raport. Karena jika terbukti tidak cocok, maka akan dianggap memalsukan data dan resikonya sekolah Anda bisa dibanned dari SNMPTN. Jadi Anda harus hati – hati.

Setelah PDSS selesai, Anda harus melakukan pendaftaran online di halaman resmi SNMPTN dan mencetak kartu tanda pendaftarannya. Simpan kartu ini untuk digunakan saat daftar ulang nanti.

Bagi Anda yang memiliki kendala biaya, Anda dapat mengikuti Bidik misi SNMPTN. Untuk melamar beasiswa ini, Anda harus direkomendasikan dulu oleh Kepala sekolah.

2. Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN adalah jalur nasional yang dapat diikuti oleh siapa saja, baik freshgraduater maupun alumni (dengan catatan telah lulus SLTA tidak lebih dari 3 tahun). Pada penerimaan ini camaba di tes dengan mengerjakan soal-soal TKD dan TPA. SBMPTN memiliki dua macam tes, yakni PBT dan CBT. Anda dapat mengikuti salah satunya. Bagi yang mendaftar program olah raga dan seni, akan ada seleksi tambahan berupa keterampilan.

Sebelum mengikuti tes SBMPTN, Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran online melalui web resmi SBMPTN untuk mendapatkan nomor peserta SBMPTN.

Sama seperti SNMPTN, bagi Anda yang mengalami kesulitan biaya, Anda dapat melamar beasiswa bidik misi SBMPTN dengan menggunakan akun Bidik misi yang telah dibuat sebelumnya.

B. Seleksi Masuk Universitas Siliwangi Jalur Mandiri

Selain mengikuti seleksi nasional, Anda juga dapat mendaftarkan diri pada seleksi masuk jalur mandiri yang dibuka oleh Universitas Siliwangi. Jalur ini juga menerima mahasiswa baru untuk jenjang Diploma, Sarjana, serta Pasca Sarjana. Berikut alur pendaftaran jalur mandiri Universitas Siliwangi.

Alur pendaftaran jalur mandiri Universitas Siliwangi

1. Buka pmb.unsil.ac.id untuk melakukan pendaftaran online
2. Setelah itu pilih jenjang pendidikan yang akan Anda ikuti (D3, S1, dan S2)
3. Isi formulir tahap awal
4. Anda akan mendapatkan slip pembayaran biaya seleksi. Cetak slip ini.
5. Bayar biaya seleksi melalui bank Mandiri atau BTN dengan menyebutkan kode pembayaran yang tertera pada slip pembayaran yang telah dicetak sebelumnya.
6. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan password dan user ID yang bisa digunakan untuk login ke web pmb.
7. Login lagi ke pmb.unsil.ac.id untuk melengkapi formulir tahap selanjutnya dan cetak kartu peserta yang diperoleh.
8. Setelah semua selesai, ikuti ujian pada tanggal yang telah ditentukan dengan membawa foto copy ijazah legalisir, kartu peserta, dan kartu Identitas (KTP/Kartu pelajar/SIM).

Biaya Kuliah Universitas Siliwangi

Karena Universitas Siliwangi merupakan Perguruan Tinggi Negeri, maka UNSIL menerapkan sistim UKT golongan yang didasarkan pada penghasilan dan kemampuan ekonomi orang tua.

Untuk biaya kuliah jalur mandiri bisa lebih mahal dan terdapat biaya pengembangan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat langsung mengakses website resmi Universitas.

Artikel terkait: Universitas Pancasila, biaya kuliah dan biaya masuk

Nah itu dia informasi lengkap mengenai proses pendaftaran, serta biaya-biaya kuliah yang harus Anda bayarkan jika ingin kuliah di Universitas Siliwangi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi yang berguna.

Sumber:
http://biayakuliah.net/biaya-kuliah-universitas-negeri-siliwangi-unsil-tasikmalaya/
http://www.infopmb.com/2015/09/pendaftaran-unsil.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Siliwangi?_e_=7%2CPAGE_ID10%2C8266387514

2 Comments

Add a Comment