Universitas Sriwijaya: Pendaftaran dan Biaya Unsri

Universitas Sriwijaya merupakan salah satu Universitas Negeri yang terakreditasi di Indonesia. Universitas Sriwijaya atau yang lebih sering disebut dengan UNSRI merupakan universitas yang paling terkenal di Sumatera Selatan, dan tentunya juga merupakan salah satu universitas terbaik di negeri ini.  Nah buat Anda yang ingin mengetahui informasi lebih detail terkait universitas ini, berikut ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pendaftaran dan biaya kuliah di UNSRI (Universitas Sriwijaya):

Universitas Sriwijaya

Pendaftaran Universitas Sriwijaya

1. Melalui Jalur SNMPTN UNSRI

SNMPTN merupakan jalur seleksi umum untuk  masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui penelusuran prestasi akademik para siswa dengan melihat nilai rapor dan juga prestasi para siswa disekolah. SNMPTN ditujukan kepada siswa yang mendapatkan undangan dari sekolahnya untuk mengikuti seleksi SNMPTN.

Siswa yang dapat mengikuti SNMPTN yakni merupakan siswa yang secara konsisten berprestasi di Sekolahnya.  Ada dua cara untuk dapat mengikuti seleksi jalur SNMPTN, yakni yang pertama dengan pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi yang dilakukan oleh siswa, yang kedua dengan pendaftaran snmptn oleh siswa sendiri. Pengisian PDSS dapat dilakukan pada laman pdss.snmptn.ac.id serta untuk pendaftaran SNMPTN yang dilakukan oleh para siswa calon peserta SNMPTN dapat dilakukan pada laman snmptn.ac.id. [Disini >> pengumuman SNMPTN terbaru]

Baca juga rekomendasi artikel lain:

>> Pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa

>> Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah

Calon peserta harus login ke alamat SNMPTN dengan menggunakan NISN dan juga Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah pada masing-masing sekolah. Pengisian data harus dilakukan dengan benar dan juga lengkap. Bagi peserta yang ingin masuk ke UNSRI maka pada pilihan universitas yang diminati dapat memililih Universitas Sriwijaya sebagai pilihannya, kemudian calon peserta dapat mencetak kartu tanda peserta.

2. Melalui SBMPTN UNSRI

SBMPTN merupakan  jalur kedua setelah SNMPTN yang dapat dilakukan secara bersamaan oleh PTN di seluruh Indonesia. Calon peserta harus mendaftar ke situs sbmptn.or.id. Kemudian setelah melakukan pendaftaran pada tahap awal, calon peserta harus membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran dapat dibayar melalui Bank BNI atau Bank Mandiri.

KAP dan PIN akan diberikan setelah pembayaran dilakukan, KAP dan PIN akan digunakan untuk login pendaftaran selanjutnya. Setelah itu calon peserta harus login ke laman resmi SBMPTN yakni sbmptn.or.id dengan menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN. Calon peserta harus mengisi data-data dengan lengkap dan benar sesuai formulir pendaftaran yang tersedia.

Baca juga:

>> Pengumuman SBMPTN 2017

>> Info pendaftaran SBMPTN

Calon peserta dapat memilih UNSRI sebagai Universitas yang dituju dan cetak kartu tanda peserta ujian. Bagi calon mahasiswa pendaftar bidikmisi maka calon peserta tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, KAP dan PIN akan diberikan setelah calon peserta mengisi data pendaftaran Bidikmisi dilaman Bidikmisi.

3. Melalui USM UNSRI

USM UNSRI merupakan singkatan dari Ujian Saringan Masuk UNSRI, yakni sebuah jalur seleksi mandiri untuk dapat masuk ke Universitas Sriwijaya yang dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur  mandiri ini diperuntukkan bagi  para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Diploma, Sarjana, dan juga Pascasarjana UNSRI.

Calon mahasiswa yang telah mengikuti SNMPTN maupun SBMPTN namun belum berhasil, maka jalur USM dapat dijadikan sebagai alternatif bagi untuk tetap kuliah di UNSRI. Persiapan harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar dapat lulus ujian seleksi. Umumnya bagi yang lulus jalur USM ini, maka akan kuliah di kampus UNSRI Palembang yang berlokasi di Bukit Besar Palembang.

Biaya Perkuliahan Universitas Sriwijaya

Biaya kuliah di Universitas Sriwijaya untuk jalus SNMPTN dan SBMPTN menggunakan sistem UKT. Kedua jalur seleksi tersebut untuk UKT nya dibedakan menjadi 8 UKT, yakni UKT I sampai UKT IIIV. Seluruh program studi di UNSRI memiliki nilai UKT tertinggi dan terendah. UKT terendah yakni UKT I dan UKT tertinggi adalah UKT IIIV. Berikut beberapa rincian mengenai UKT I sampai UKT IIIV

UKT I dan UKT II

UKT I dan UKT II diperuntukkan bagi para mahasiswa peneria beasiswa BIDIKMISI. Bagi para mahasiswa yang mendaftar beasiswa BIDIKMISI namun dinyatakan tidak lulus seleksi maka UKT nya akan dimasukkan dalam golongan ini ini pula, yakni dengan biaya sekitar Rp 500.000 untuk UKT I semua program studi dan biaya sebesar RP 1.000.000 untuk semua program studi.

UKT III

UKT III di UNSRI bervariasi dan tergantung dari program studi yang diambil mahasiswa. UKT terendah pada UKT III di UNSRI yakni sebesar RP 1.250.000 dan UKT tertinggi sebesar RP 4.550.000 untuk tiap semesternya. UKT tertinggi umunya pada program studi pendidikan dokter

UKT IV

UKT terendah pada UKT golongan ini yakni sebesar RP 1.500.000 dan UKT tertinggi sebesar RP 8.025.000 untuk setiap semesternya. UKT tertinggi berlaku bagi program studi pendidikan dokter.

UKT V

Biaya untuk UKT golongan V terendah yakni sbesar Rp 1.750.000 dan untuk UKT golongan V tertinggi yakni sebesar Rp 10.000.000. UKT tertinggi pada golongan V berlaku bagi mahasiswa endidikan dokter.

UKT VI

UKT pada golongan VI yakni sebesar Rp 2.000.000 untuk yang terendah dan sebesar Rp 11.900.000 untuk yang tertinggi. UKT tertinggi pada golongan ini umumnya bagi para mahasiswa pendidikan dokter.

UKT VII

UKT pada golongan ini paling rendah sebesar Rp 2.100.000 dan paling tinggi sebesar 15.950.000. Dan tentunnya UKT tertinggi umumnya berlaku bagi para mahasiswa program studi pendidikan dokter.

UKT VIII

UKT pada golongan ini paling rendah sebesar Rp 2.200.000 dan paling tinggi sebesar 20.000.000. UKT terbesar berlaku bagi mahasiswa yang mengambil program studi pendidikan dokter.

Demikian beberapa rincian mengenai pendaftaran dan juga biaya untuk kuliah di Universitas Sriwijaya. Semoga bermanfaat.

Referensi
biayakuliah.web.id/2016/10/biaya-kuliah-unsri.html
mesin.ft.unsri.ac.id/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=138
populer.web.id/2015/02/biaya-kuliah-unsri.html

2 Comments

Add a Comment