Verval PD, Inilah Cara Login dan Mendaftar Verval Peserta Didik

Verval PD atau disingkat Verval Peserta Didik, yang merupakan satu bagian dari NISN. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan bagian pokok dari instansi pendidikan yang mempunyai sifat unik karena dibuat secara acak dan NISN masing-masing siswa di seluruh sekolah dibuat berbeda-beda. NISN dibuat secara acak oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kebudayaan (PDSP – K).

NISN menjadi bagian sistem dari program Dapodik yang tujuannya adalah untuk sarana identifikasi tiap individu dari peserta didik yang termasuk dalam satuan pendidikan di seluruh Indonesia supaya lebih terkoordinasi dan terintegrasi. Untuk itu NISN perlu dikelola secara baik supaya data setiap siswa di seluruh Indonesia dapat tersimpan dengan baik. [Baca juga info ini: cara mencari NISN berdasarkan nama].

Salah satu cara yang ditempuh untuk mengelola data yang berkaitan dengan peserta didik di sekolah seluruh Indonesia, yaitu diterapkannya sebuah sistem verifikasi dan validasi data dari peserta didik atau biasa disingkat dengan Verval PD. Verbal PD atau Verval peserta didik sangat penting untuk menyamakan data peserta didik yang ada di Dapodikmen dan arsip PDSP – K karena satu peserta didik hanya punya satu NISN. Verval PD akan melakukan pengecekan kesesuaian data yang didasarkan pada NISN, nama peserta didik, dan tanggal lahir.

Baca juga: Panduan cara verval PTK / GTK

Nantinya data akan diproses dan ketika ditemukan data peserta didik yang tidak sesuai maka selanjutnya secara otomatis akan masuk ke dalam residu. Anda tak perlu khawatir jika masih mengalami kebingungan mnegenai proses verval peserta didik. Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai cara login maupun mendaftar verval peserta didik yang bisa menambah pemahaman anda.

Cara mendaftar Verval Peserta Didik [Cara Terbaru]

Kalau anda sudah berhasil login ke laman verval PD, anda bisa melakukan verifikasi salah satunya mendaftar verval peserta didik. Untuk mendaftar verval peserta didik caranya juga tidak kalah mudah. Anda hanya perlu lakukan beberapa tahapan berikut ini dengan benar.

1. Mengakses website http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

Mohon untuk Bapak/Ibu untuk selalu mengetahui website resmi berbagai kebutuhan di kemdikbud yah. Soalnya, tidak selalu website sebelumnya bisa akses. Pastikan selalu update info-info dalam hal ini. Untuk website verval PD saat ini yang bisa di akses di website http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Pastikan juga koneksi internet yang stabil saat mendaftar.

2. Pilih menu yang bertuliskan register.

Apabila laman verval PD sudah terbuka langkah selanjutnya anda hanya perlu klik menu edit data yang ada di deretan menu bagian atas. Pastikan ada tulisan yang bertuliskan register anggota.

3. Arah mouse dan klik register, akan muncul drop down menu.

Pilihlah kolom pengajuan register yang sesuai diinginkan. Ada berbagai pilihan yang bertuliskan Pusat, Kantor Dinas/LPMP, Admin UNBK, Kantor Agama, UPTD, Operator Sekolah. Selanjutnya klik menu sesuai kebutuhan pendaftaran. Untuk saat ini, dalam isi pendaftaran seperti itu yah Bapak/Ibu.

Cara mendaftar Verval Peserta Didik [Cara Lama]

Selanjutnya beberapa saat akan muncul daftar nama siswa. Pilih saja nama siswa yang ingin anda daftarkan verval peserta didik.

1. Cara pertama dan kedua sama.
3. Pilihlah kolom pengajuan dan selanjutnya klik menu NISN.
4. Selanjutnya beberapa saat akan muncul daftar nama siswa. Pilih saja nama siswa yang ingin anda daftarkan verval peserta didik.
5. Dengan langkah ini, anda tidak hanya bisa mendaftar verval peserta didik, tapi juga bisa melakukan perubahan NISN, perubahan nama dan tanggal lahir, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan konfirmasi data, terutama jika ditemukan indikasi data yang punya kemiripan jadi anda bisa mengubah datanya secara mudah. Jika proses yang anda inginkan sudah selesai semua, jangan lupa untuk klik tombol Log Out karena laman berisi data penting yang harus anda perhatikan keamanannya.

Cara Lama login verval PD (Peserta Didik)

Sebelum mengakses verval PD pastinya anda perlu login terlebih dahulu. Cara login verval PD terbilang sangat mudah. Berikut langkahnya yang perlu anda perhatikan.

1. Koneksi internet

Perhatikan koneksi internet anda karena hal ini sangat berpengaruh pada kelancaran akses verval PD.

2. Buka website resmi

Kemudian bukalah website resmi kemdikbud dengan mengetik http://referensi .data.kemdikbud.go.id. Tunggu saja sampai laman yang ingin anda tuju terbuka. Anda juga bisa masuk lewat alamat link di http://vervalspd.data.kemdikbud.go.id.

3. Login ke website

Jika alamat link sudah berproses, selanjutnya akan muncul tampilan login untuk masuk ke sistem yang anda inginkan.

4. Masukkan username atau email dan password

Selanjutnya anda hanya perlu memasukkan username atau email dan password, dan tekan saja tombol Log In.
Jika anda sudah berhasil masuk ke laman verval PD, aka nada beberapa menu yang punya fungsinya masing-masing. Anda perlu mengetahui fungsi dari masing-masing menu yang ada di laman. Berikut sedikit penjelasan tentang beberapa menu yang ada di laman verval peserta didik.

5. Menu home

Merupakan menu yang akan menampilkan data presentase berupa diagram lingkaran yang berisi informasi tentang progres harian validasi data siswa yang dilakukan oleh operator sekolah.

6. Menu referensi

Merupakan menu yang akan menampilkan data dari hasil verval PD yang sudah valid antara data Dapodikmen dan PDSP – K. anda juga bisa melakukan pembatalan data hasil verval PD dengan cara klik nama peserta didik lalu tekan tombol UnMatch, secara otomatis data verval PD akan kembali ke menu residu.

7. Menu residu

Merupakan menu yang akan menampilkan data peserta didik yang mempunyai NISN yang belum sesuai dengan yang ada di Dapodiknas dan PDSP – K. Maka selanjutnya anda hanya perlu melakukan ulang verifikasi dan validasi.

8. Menu belum memiliki NISN

Merupakan menu yang akan menampilkan data peserta didik yang belum punya NISN dan biasanya hal ini terjadi pada siswa baru sehingga NISN memang belum diproses atau masih dalam proses.

9. Menu Status Pengajuan Mutasi,

Merupakan menu yang akan menampilkan informasi bila rekan OPS sedang melakukan Penegeditan Data dan memperlihatkan data sudah diterima atau belum.

10. Menu Edit Data,

Merupakan menu yang dipakai jika anda mau memperbaiki data.

11. Menu Log Out,

Merupakan menu yang digunakan untuk keluar dari aplikasi verval PD.

Cara Baru Log in Verval Peserta Didik

  1. Buka website http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih dan klik bertuliskan Login sebelah kanan atas.
  3. Akan tampil dan diarah ke laman ini: https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=8CB4A609-CE3C-41E8-B1DB-41589CF96AE5
  4. Isikan Username dan password yang sudah Anda daftarkan.

Baca juga: Info GTK << disini

Mohon perhatian:

>> Saat ini untuk website: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ sedang di mirrong ke https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93. Sedangkan bila hanya mengakses https://sso.data.kemdikbud.go.id, maka akan di mirrong ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Jadi, pastikan selalu mengetahui dan mengikuti info website yang terkait. Cara diatas juga tentu tidak akan selalu sama untuk kedepannya. Untuk itu, perlu digaris bawahi selalu mengikuti info terkininya yah.

Dengan langkah ini, anda tidak hanya bisa mendaftar verval peserta didik, tapi juga bisa melakukan perubahan NISN, perubahan nama dan tanggal lahir, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan konfirmasi data, terutama jika ditemukan indikasi data yang punya kemiripan jadi anda bisa mengubah datanya secara mudah. Jika proses yang anda inginkan sudah selesai semua, jangan lupa untuk klik tombol Log Out karena laman berisi data penting yang harus anda perhatikan keamanannya.

Gimana mudah sekali bukan proses login dan pendaftaran verval peserta didik? Dengan adanya sistem ini tentunya sangat membantu proses pengolahan data sekolah secara efektif. Pastinya semua sistem elektronik banyak sekali kekurangannya, tapi tak bisa dipungkiri keberadaannya juga mempunyao banyak manfaat. Daya jangkauan aplikasi verval peserta didik sangat luas sehingga bisa digunakan untuk proses data peserta didik seluruh Indonesia. Semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Sumber :
https://drive.google.com/file/d/0B4FPGLgkAKH4bkZKUWc3bWNneUE/view
http://opsptd.blogspot.co.id/2016/09/pengajuan-nisn-peserta-didiksiswa-tp.html
http://timdapodik.blogspot.co.id/2015/11/verval-pd.html

Add a Comment