Yang Unik Dari Perguruan Tinggi, Universitas Terbuka

Setiap Universitas yang ada di Indonesia, tentu memiliki masing-masing keunikan yang berbeda, dan hal unik yang inilah memang selalu menarik perhatian.

Yang Unik di Universitas TerbukaSalah satu Perguruan Tinggi yang memiliki keunikan adalah Universitas Terbuka. Apa yang unik?

Marilah kita mengetahui lebih lanjut tentang Universitas yang didirikan pada tahun 1984 melalui Keppres ini.

Inilah keunikan yang dimiliki dan menjadi perbedaan Universitas Terbuka dengan Universitas lain:

Yang unik dari perguruan tinggi, Universitas Terbuka, berikut dibawah ini

Sistem perkuliahan

Jika anda biasannya mengenal sistem perkuiahan biasa yang seperti halnya SMA, maka kali ini berbeda. Sistem perkuliahan atau beajar di Universitas Terbuka terbilang cukup berbeda dan unik. Mahasiswa hanya wajib bertemu muka dalam TTM atau sering disebut juga Tutoril Tatap Muka dengan dosen hanya 5 kali setiap semester.

Sisa waktu kuliah yang masih banyak itu diberikan secara mandiri kepada mahasiswa untuk belajar sendiri melalui modul. Hal ini memang terbilang unik karena kedewasaan mahasiswa benar benar teruji pada bagian ini. Motivasi akan semakin terasah dan menjadi seleki alam bagi mahasiswa yang hanya mengandalkan keinginan kuliah semata.

Kuliah di Universitas Terbuka membutuhkan lebih banyak kesadaran untuk mampu memanagemen sendiri waktu yang kita punya sehingga belajar lebih didasarkan karena keingintahuan akan pengetahuan dan bukan karena keharusan. Mahasiswa memang seharusnya sudah mencapai taraf mandiri belajar seperti yang diterapkan pada Universitas Terbuka ini karena mahasiswa lebih dari hanya sekedar siswa.

Mahasiswa adalah tingkatan teratas bagi mereka yang masih mencari pendidikan di sektor formal melalui lebaga pendidikan. Sistem belajar mandiri seperti yang diterapkan oleh Universitas Terbuka akan semakin mengash naluri kemahasiswaan para mahasiswa untuk semakin haus akan pengetahuan.

Biaya murah

Jika saat ini keinginanmelanjutkan pendidikan terkendala biaya yag cukup mahal, maka hal ini tentulah berbeda dengan Universitas Terbuka. Apa yang ditawakan oleh Universitas Terbuka memang terbilang unik. Berdasarkan misinnya yang ingin menyediakan fasilitas pendidikan bagi semua kalangan, maka Universitas Terbuka menerapkan biaya yang terbilang murah jika dibandingkan dengan universitas lainnya baik swasta maupun negri.

Pada sistem biaya perkuliahan ini, mahasiswa akan dibebaskan dari iuran biaya gedung dan iuran sukarela lainnya yang terkdang membebani para mahasiswa. Biaya hanya dibebankan bagi biaya perkulihan per SKS dan biaya TTM saja yang pastinya jika digabungkan tetap akan berada jauh dibawah biaya perkuliahan di Universitas lainnya. Hanya berbekal uang berkisar 2 juta rupiah saja maka anda sudah dapat belajar di Universitas Terbuka. Murah bukan? Dan pastinnya tetap berkualitas.

Ujian No Nyontek

Jangan berharap banyak anda dapat lulus tanpa benar benar belajar di Universitas Terbuka. Sistem ujin di Univeritas Terbuka juga terbilang unik dan anti nyontek. Para mahasiswa akan mendapat nomor ujian sebelum ujian berlangsung, namun bukan berarti nomor tersebut akan berada dekat pada teman teman seangkatan anda.

Sistem belajar mandiri yang diterapkan pada Universitas Terbuka memang akan membuat mahasiswannya sulit untuk akrab kecuali mereka yang secara mandiri mengadakan belajar kelompok. Maka ujian di Universitas Terbuka akan menghadapkan anda pada situasi tidak kenal atu sama lain. Anda tidak akan tahu siapa yang aka nada seruangn dengan anda. Mereka bias siapa saja, adik tingkat, setingkat atau bahkan kakak tingkat. Maka jangan pernah main main dalam ujian Universitas Terbuka, tidak belajar sama dengan tidak lulus ujian. Informasi pendaftaran Universitas Terbuka.

Add a Comment