Cara Daftar SMS Banking BCA Lewat ATM dan Bank (Lengkap)

Kemudahan bertransaksi keuangan pasti diinginkan oleh semua orang termasuk Sobat Edu. Salah satu caranya cukup memakai SMS Banking. Lewat genggaman tangan, Sobat Edu bisa melakukan berbagai transaksi. Lalu bagaimana cara mengaktifkan SMS Banking BCA?

Sebenarnya ada banyak cara untuk. Bisa melalui ATM, bank bahkan ada yang melalui handphone. Untuk itu, Sobat Edu perlu mengetahui langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA Lewat ATM

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA Lewat ATM

Mesin ATM tidak hanya dipakai untuk mengambil uang saja. Ada banyak fasilitas yang didapatkan melalui ATM termasuk untuk melakukan pendaftaran SMS Banking. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan bila ini mengaktifkan SMS Banking melalui ATM.

  1. Siapkan kartu ATM dan masukkan ke mesin, kemudian masukkan PIN
  2. Sobat Edu tinggal klik menu “Daftar E Banking / Autodebet”
  3. Setelah masuk menu tersebut, pilih “SMS BCA
  4. Kemudian Sobat Edu akan menemukan tampilan yang berisi syarat beserta dengan ketentuan. Pada bagian bawah, nomor handphone perlu dimasukkan. Pastikan nomor yang dipakai adalah nomor aktif 
  5. Setelah selesai, Sobat Edu perlu memasukkan empat digit kode akses. Nantinya kode tersebut akan menjadi kata sandi saat ingin melakukan transaksi SMS Banking 
  6. Masukkan kembali empat digit kode akses tersebut dan klik “Benar” 
  7. Bagian layar akan kembali memunculkan imbauan bahwa Sobat Edu tidak boleh memberitahukan kode tersebut kepada orang lain. Selain itu, Sobat Edu perlu melakukan konfirmasi mengenai nomor yang sudah dimasukkan.
  8. Jika semua sudah benar, Sobat Edu tinggal klik “YA”
  9. Terakhir, ATM akan mengeluarkan struk yang menjadi tanda bahwa pendaftaran SMS Banking BCA sudah selesai dan langsung bisa digunakan

Mudah bukan melakukan registrasi SMS Banking dengan memakai ATM. Pastikan Sobat Edu melakukan aktivasi di mesin ATM BCA ya. 

Baca Juga: Cara Daftar M-Banking BCA

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA Lewat Bank

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA Lewat Bank

Jika tak mau repot atau takut bingung mengaktifkan SMS Banking BCA secara mandiri, Sobat Edu juga bisa mengaktifkannya dengan datang ke bank. Sobat Edu perlu mendatangi counter customer service. 

Sobat Edu cukup datang ke Bank BCA cabang terdekat dan ambil nomor antrian. Setelah itu, Sobat Edu tinggal mengikuti prosedur yang diberikan oleh customer service. Hanya saja ada beberapa arsip yang perlu dibawa saat mengaktifkan melalui bank.

  • Kartu ATM dari rekening yang akan didaftarkan
  • Buku Tabungan
  • Nomor handphone yang akan didaftarkan di SMS Banking dan harus dipastikan nomor tersebut aktif
  • Kartu identitas asli seperti Kartu Tanda Penduduk

Sobat Edu tinggal membawa dan menunjukkan syarat di atas kepada customer service. Jika data-data sudah lengkap, proses aktivasi hanya berjalan kurang lebih 15 menit. Jadi, tak perlu khawatir repot saat mengurusnya.

Cara Bertransaksi dengan SMS Banking di HP

Cara Bertransaksi dengan SMS Banking di HP

Setelah sukses mengaktifkan SMS Banking, kini saatnya Sobat Edu memakai fitur-fitur yang disediakan. Semua transaksi akan dengan mudah dilakukan melalui handphone. Sobat Edu hanya perlu mengirimkan pesan dengan kode tertentu untuk melakukan transaksi.

Agar tak salah dalam bertransaksi, berikut sederet panduan untuk membantu Sobat Edu dalam melakukan transaksi SMS Banking di HP. Semua perintah ini dikirim ke nomor 69888.

1. Info Saldo 

Untuk mengecek saldo, Sobat Edu hanya perlu mengetik “Saldo(spasi)Kode Akses”. Maka, penting bagi Sobat Edu mengingat kode akses yang dibuat saat mengaktifkannya di ATM maupun bank.

2. Mutasi Rekening 

Sobat Edu juga bisa melakukan pengecekan terhadap mutasi rekening. Untuk mengeceknya, Sobat Edu cukup mengirimkan pesan “Mutasi(spasi)Kode Akses”. Bila ingin mengecek nomor rekening lainnya, silakan mengirim pesan “Mutasi(spasi)Kode Akses(spasi)nomor rekening”

3. Registrasi Informasi Kartu Kredit

Lakukan pendaftaran kartu kredit melalui SMS Banking BCA. Caranya cukup mudah. Sobat Edu tinggal ketik “Reg(spasi)KK(spasi)Kode Akses(spasi)Nomor Kartu Kredit”. Sobat Edu wajib melakukan registrasi bila mendapatkan kartu kredit baru agar bisa dipakai bertransaksi.

4. Informasi Limit

Pemakaian kartu kredit juga bisa dipantau dengan memakai fitur SMS Banking. Salah satunya adalah mengetahui informasi limit. Cukup kirimkan SMS dengan format “Limit(spasi)Kode Akses(spasi)Nomor Kartu Kredit”

5. Informasi Tagihan Kartu Kredit

Pengecekan tagihan dari kartu kredit juga bisa dicek dengan memakai SMS Banking. Cukup ketik “Tagihan(spasi)Kode Akses(spasi)Nomor Kartu Kredit” untuk mengecek tagihan yang sedang berjalan di bulan tersebut.

6. Pembelian Pulsa

SMS Banking BCA bisa membantu Sobat Edu dalam melakukan transaksi pembelian pulsa. Untuk membelinya cukup mengirimkan SMS dengan format “Pulsa(spasi)Nominal dalam ribuan(spasi)Kode Akses” 

7. Informasi Deposito

Bagi Sobat Edu yang punya deposito, maka informasinya bisa diakses dengan SMS Banking. Caranya cukup mengirimkan SMS dengan format “Deposito(spasi)Nomor Bilyet(spasi)Kode Akses”

Keuntungan dan Keunggulan Memakai SMS Banking BCA

Keuntungan dan Keunggulan Memakai SMS Banking BCA

Setelah melihat berbagai fitur yang disajikan oleh SMS Banking BCA. Sobat Edu akan merasakan kemudahan sebab semua informasi keuangan bisa didapatkan hanya melalui handphone. Sobat Edu juga bisa melakukannya di mana pun dan kapanpun. 

Dari semua fitur ini, ada beberapa keunggulan utama yang wajib Sobat Edu ketahui. Dengan begitu, Sobat Edu akan merasa yakin untuk memakai fasilitas dari Bank BCA ini. Keunggulan dan keuntungan utamanya antara lain:

  • Dapat dengan mudah diakses oleh semua pengguna GSM
  • Format SMS yang dikirimkan untuk berbagai transaksi bisa disimpan di dalam ponsel
  • Melakukan transaksi bisa dilakukan kapan saja dan juga di mana saja
  • Memberikan kenyamanan terhadap nasabah karena tidak perlu repot antri di ATM
  • Mudah dipakai karena hanya cukup mengirimkan SMS saja 
  • Bisa dipakai oleh provider apapun sehingga bisa diakses oleh semua orang
  • Mendapatkan informasi secara langsung. Setelah SMS dikirim, Sobat Edu akan langsung mendapatkan informasi yang diinginkan
  • Fitur menyimpan format SMS sehingga bebas repot saat melakukan transaksi kembali

Keunggulan inilah yang akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk memakai layanan SMS Banking. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Layanan SMS Banking

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Layanan SMS Banking

Kemudahan yang dimiliki oleh layanan ini pastinya dibarengi dengan fasilitas serta keamanan yang bisa menjamin transaksi. Maka, ada beberapa hal yang wajib Sobat Edu perhatikan saat memakai layanan SMS Banking ini.

1. Memotong Pulsa 

Sebelum memakai layanan SMS Banking, Sobat Edu wajib memastikan bahwa memiliki pulsa yang cukup. Satu kali transaksi kira-kira akan memotong pulsa sebanyak Rp 500 sampai Rp 1.600. Biayanya tergantung dari provider.

2. Keamanan Kode Akses

Sebagai pengguna yang baik, Sobat Edu wajib memperhatikan faktor keamanan dari transaksi. Sobat Edu wajib memasukkan kode akses saat melakukan aktivasi supaya transaksi yang dilakukan tetap aman.

3. Sinyal yang Cukup

Sinyal menjadi hal penting saat melakukan SMS Banking. Jadi, pastikan Sobat Edu ada di tempat yang cukup sinyal. Percuma saja punya pulsa tetapi tidak ada sinyal yang kuat. 

Dapatkan berbagai kemudahan bertransaksi perbankan dengan bantuan SMS Banking BCA. Apalagi cara daftar SMS Banking BCA (Bank, ATM, HP) mudah untuk dilakukan bahkan bisa dilakukan di mana saja. 

error: Content is protected !!