Contoh Surat Sakit Sekolah Yang Baik dan Benar

Anda yang masih dibangku sekolah bila keadaan badan tidak terlalu sehat atau kurang fit, maka sebaiknya tidak usah dipaksakan ke sekolah. Hal ini bisa kurang semangat belajar dan bahkan bisa pinsan. Untuk melaporkan ke pihak sekolah bahwa kita tidak masuk dikarenakan sakit. Maka diperlukan surat keterangan sakit. Contoh surat sakit sekolah bisa Anda cari internet, salah satunya di informasi kali ini. Tapi, alangkah baiknya orang tualah yang membuat surat keterangan tidak hadir sekolah karena sakit.

Contoh surat sakit sekolah

Ya, memang manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri mereka di kemudian hari. Keadaan sakit tidak bisa diprediksi oleh siapa pun. Saat seseorang jatuh sakit, ia harus beristirahat total dari aktivitas hariannya. Bagi yang masih sekolah, mereka pun harus libur sejenak dari sekolah mereka. Akan tetapi, sekolah mempunyai peraturan yang tegas di mana anak-anak tidak bisa begitu saja meninggalkan kelas, apalagi sampai beberapa hari. Orang tua harus membuatkan surat izin untuk anak-anaknya. Untuk menulis surat izin tersebut, orang tua perlu melihat contoh surat sakit sekolah yang sudah banyak dibagikan. Hal ini sebagai bahan referensi.

Surat izin sakit termasuk ke dalam jenis surat pribadi karena ditulis oleh diri pribadi. Akan tetapi, surat ini ditujukan untuk lembaga pendidikan, sehingga formatnya harus sesuai dengan kesepakatan bersama. Agar orang tua tidak bingung, pada ulasan ini akan dijelaskan seperti apa contoh surat sakit untuk sekolah yang baik dan benar.

Untuk informasi selengkapnya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Format Penulisan Surat Sakit Sekolah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat izin mempunyai format penulisan tersendiri yang harus Anda ikuti. Secara umum, format penulisan surat izin tidak masuk sekolah adalah sebagai berikut.

  1. Tanggal Surat

Tanggal dalam surat sangat penting. Ia berfungsi sebagai identitas surat, yaitu kapan surat izin itu dibuat. Diharapkan Anda tidak lupa menulis tanggal pada surat izin tidak masuk sekolah.

  1. Alamat Surat

Bagian ini juga masih masuk identitas surat. Alamat surat tidak boleh dilewatkan. Pada bagian ini, Anda wajib menuliskan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Surat tanpa alamat tujuan tidak akan dibaca. Jadi, tulislah alamat tujuan surat dengan jelas.

  1. Salam Pembuka

Salam pembuka ditulis sebagai wujud peghormatan kepada sang pembaca surat. Anda bisa menggunakan kata “dengan hormat” yang lebih umum.

  1. Isi Surat

Pada bagian ini, isi surat dibagi lagi menjadi bagian pembuka, isi, dan bagianpenutup. Bagian pembuka berisi kalimat pengantar mengapa Anda harus mengirim surat tersebut. Kemudian pada bagian isi, Anda harus menuliskan dengan jelas alasan mengapa anak Anda tidak bisa mengikuti pelajaran sekolah. Pada bagian isi, lengkapi juga dengan hari, tanggal, dan nama anak Anda. Setelah itu, bagian terakhir adalah bagian penutup yang biasanya berupa ucapan terima kasih.

  1. Salam Penutup

Karena surat dibuka dengan menggunakan salam pembuka, tidak ada salahnya menutup surat dengan salam penutup. Ini juga sebagai wujud penghormatan kepada pihak yang Anda kirimi surat.

  1. Tanda Tangan dan Nama Terang

Pada bagian terakhir, wajib mencantumkan tanda tangan dan nama terang Anda agar jelas siapa pengirim surat tersebut.

Siapa yang berhak menulis surat sakit untuk sekolah? Tentu saja orang tua. Anak yang sakit mungkin akan susah menulis surat sakit untuk dirinya. Orang tualah yang harus mengambil alih tugas ini. Selain itu, surat yang ditulis dan ditandatangani oleh wali murid juga lebih dipercaya.

Seperti apa contoh surat sakit sekolah yang pada umumnya ditulis oleh para orang tua? Langsung saja lihat beberapa contohnya berikut ini.

Contoh surat sakit sekolah yang baik dan benar

Contoh surat sakit sekolah, pertama

Rabu, 15 Februari 2017

Kepada Yth. Bapak/Ibu

Wali Kelas X IPS 2

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya selaku orang tua dari Muhammad Ali ingin memberitahukan bahwa anak saya pada Rabu, 15 Februari 2017 tidak bisa mengikuti rangkaian pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, saya mengharapkan Bapak/Ibu yang mengajar di kelas X IPS 2 bisa memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat ini. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru Wali Kelas dan Pengajar, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Orang Tua/Wali Murid

(tanda tangan)

Husni Mubarok

Contoh surat sakit untuk sekolah, kedua

Contoh surat sakit sekolah di atas bisa dibilang sangat sederhana dan mudah untuk dibuat. Surat izin tersebut tidak harus diketik menggunakan komputer. Anda bisa menulis dengan tangan. Jika contoh tersebut tidak cukup, kami berikan contoh surat izin sakit yang kedua berikut ini.

Rabu, 15 Februari 2017

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru

yang Mengajar di Kelas XII B

 

Dengan Hormat,

Saya selaku orang tua atau wali murid dari:

Nama             : Junior Arif Kusuma

Kelas              : XII B SMA Kusuma Bangsa Bogor

Alamat            : Jalan Jenderal Soedirman Km 5 Gang Srikalola

Memberitahukan bahwa putra saya tidak bisa mengikuti pelajaran pada Rabu, 15 Februari 2017 karena sakit. Oleh karena itu, semoga Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas XII B dapat memaklumi dan mengizinkannya.

Demikian surat izin ini. Atas perhatian yang diberikan Bapak/Ibu Guru, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Orang Tua/Wali Murid

(tanda tangan)

Husni Kusuma Negara

Contoh surat sakit sekolah yang kedua ini lebih detail dalam menjelaskan identitas siswanya. Demikian adalah beberapa contoh surat sakit untuk sekolah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dalam penulisan surat izin tersebut, yang paling penting adalah keterangan izin jelas. Sebaiknya, Anda tidak membuat surat yang bertele-tele dan terlalu panjang. Surat izin yang singkat, padat, dan jelas, merupakan yang lebih baik.

Selain membuat sendiri surat sakit seperti yang telah dijelaskan di atas. Anda juga bisa meminta surat sakit dari dokter. Nantinya, Anda tinggal mengisikan nama anak Anda. surat sakit dari dokter lebih terpercaya.

Baca juga artikel masih related:

  1. Contoh surat tidak masuk sekolah
  2. Contoh surat pembaca tentang lingkungan
  3. Contoh surat somasi
  4. Contoh teks diskusi
  5. Contoh teks tantangan
  6. Contoh pidato pendidikan

Demikian yang dapat disampaikan tentang contoh surat sakit untuk sekolah. Ini menjadi salah satu contoh surat izin tidak masuk sekolah. Nah, sudah menemukan referensi surat keterangan, silakan rangkai kata-katanya. Sampai disi dulu yah, semoga informasi contoh surat sakit sekolah bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber:

dipacarin.com/2013/10/contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah-karena-sakit.html

sahabatnesia.com/contoh-surat-izin-tidak-masuk-sekolah

Add a Comment