Pendaftaran TNI (Tentara Nasional Indonesia) 2017, Info Jadwalnya Disini

Masukuniversitas.com, pendaftaran TNI 2017 online, Silakan cek informasi jadwal pendaftarannya disini. Selama ini profesi sebagai TNI adalah sebuah pekerjaan yang penuh dengan kewibawaan, tegas dan tanggung jawab serta mampu membawa kebanggaan bagi anggotanya. Tentara Nasional Indonesia atau yang lebih didengar singkatanya TNI memiliki banyak sekali singkatan-singkatan militer didalamnya. AAL (Akademi Angkatan Laut), ADRI (Angkatan Darat Republik Indonesia), Ajen (Ajudan Jenderal), AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi), AAU (Akademi Angkatan Udara) dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kedaulatan NKRI yang sangat luas, maka tahun 2017 ini pendaftaran TNI kembali dibuka dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berhasil memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak penyelanggara.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah suatu pasukan yang tergabung dalam suatu lembaga dengan tugas untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. TNI dibagi menjadi 3 kelompok yaitu TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU). Jenjang kepangkatan yang ada dalam lembaga TNI dibagi menjadi Tamtama, Bintara, dan Perwira.

Syarat Pendaftaran TNI (Tentara Nasional Indonesia)

Untuk menjadi anggota TNI tentunya diperlukan syarat dan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh calon pesertanya. Seleksi anggota TNI dikenal sangat ketat dan berat. Selain kondisi fisik dan mental yang dituntut prima, peserta tes masuk TNI juga harus memiliki kemampuan akademik yang cukup baik. Selain itu, seleksi penerimaan peserta didik TNI juga melalui berbagai macam tahapan, mulai dari tingkat daerah hingga pusat.

Baca selengkapnya disini: Syarat pendaftaran TNI 2017

Syarat pendaftaran TNI dibagi menjadi 2 yaitu persyaratan umum dan khusus. Berikut detail syarat-syarat pendaftaran TNI yang harus dipenuhi oleh peserta :

a. Syarat Umum Pendaftaran TNI

Untuk mendaftar sebagai calon peserta didik Bintara TNI AD, syarat yang harus Anda penuhi adalah:

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia kepada NKRI yang didasarkan pada Pancasila dan UUD tahun 1945.
4. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat pendaftaran.
5. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara resmi oleh Kepolisian Republik Indonesia.
6. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak menggunakan kacamata.
7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan keputusan pengadilan dengan kekuatan hukum tetap.

b. Syarat Khusus Pendaftaran TNI

Selain persyaratan umum, Anda yang berminat untuk menjadi calon peserta didik Bintara TNI AD harus memenuhi persyaratan khusus diantaranya adalah:

1. Pria atau wanita dan bukan merupakan anggota atau mantan anggota TNI/Polri atau PNS TNI.
2. Berijazah minimal SMA/SMK/sederajad yang terakreditas oleh pemerintah. Jika peserta berasal dari SMA Sederajad dari luar negeri, maka harus mendapatkan bukti pengesahan dan legalitas dari Kemendikbud.
3. Tinggi badan minimal untuk pelamar pria adalah 165 cm dan untuk wanita minimal 160 cm serta memiliki berat badan yang seimbang.
4. Tidak memiliki tato atau bekas tato di tubuh, kecuali jika tato tersebut merupakan ketentuan adat tertentu dari daerah asal peserta.
5. Tidak memiliki tindik atau bekas tindik, kecuali jika tindik tersebut juga merupakan budaya dan ketentuan adat dari daerah asal peserta.
6. Belum pernah menikah dan sanggup menandatangani perjanjian untuk tidak menikah selama masa pendidikan pertama hingga 2 tahun setelah pendidikan pertama usai.
7. Bersedia mengikuti ikatan dinas selama 10 tahun.
8. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
9. Peserta harus mengikuti semua pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia seleksi.

Jadwal Pendaftaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) Online

Saat ini pendaftaran TNI sudah dapat dilakukan dengan sistem online. Anda dapat mengakses situs rekrutmen-tni.mil.id untuk mendaftaran sebagai calon peserta didik TNI, baik AD, AL, maupun AU.

Jadwal pendaftaran yang akan kami berikan dalam ulasan ini adalah perkiraan dari jadwal pendaftaran TNI tahun 2016 kemarin. Kemungkinan jadwal penerimaan TNI pada tahun 2017 ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Untuk lebih jelasnya kami memberikan rincian perkiraan jadwal pendaftaran TNI sebagai berikut:

1. Jadwal Pendaftaran TNI AD

– Penerimaan Bintara TNI AD akan dibuka sekitar bulan Agustus 2017.
– Untuk penerimaan Tamtama TNI AD akan dibuka sekitar bulan Maret 2017 (gelombang 1) dan Oktober 2017 (gelombang 2).

2. Jadwal Pendaftaran TNI AL

Pendaftaran TNI AU dibagi menjadi 2 gelombang yaitu:

Gelombang 1
– Kegiatan sosialisasi tanggal 1 – 20 November 2017.
– Periode pendaftaran online tanggal 21 November 2017 – 5 Januari 2018.
– Periode pendaftaran ulang tanggal 28 November 2017 – 5 Januari 2018.
– Periode seleksi tingkat daerah tanggal 9 Januari 2018 – 24 Februari 2018.
– Periode seleksi di tingkat pusat pada tanggal 6 Maret 2018
– Pembukaan pendidikan tanggal 20 Maret 2018.

Gelombang 2
– Pembukaan pendaftaran sekitar Juni – Juli 2018.

3. Jadwal Pendaftaran TNI AU

Periode pendaftaran untuk Bintara dan Tamtama TNI AU berbeda. Untuk Bintara TNI AU, pendaftaran dimulai sekitar bulan April – Mei 2017. Sedangkan untk Tamtama TNI AU, pendafatarn dimulai pada bulan Februari – Maret 2017 (gelombang 1) dan bulan Juli – September 2017 (gelombang 2).

4. Jadwal Pendaftaran Taruna Akademi TNI

– Pendaftaran Taruna Akmil dimulai sekitar bulan Maret – Mei 2017.
– Pendaftaran Taruna AAL dibuka sekitar bulan Maret – April 2017.
– Pendaftaran Taruna AAU dibuka sekitar bulan Maret – April 2017.

5. Jadwal Pendaftaran Prajurit Karier TNI

– Pendaftaran mahasiswa beasiswa TNI dibuka sekitar bulan Juli – September 2017.
– Pendaftaran posisi Tenaga Kesehatan TNI dibuka sekitar bulan Juli 2017.
– Pendaftaran Perwira PSDP Penerbangan TNI dibuka sekitar bulan September 2017.

Itulah jadwal penting seputar pendaftaran TNI yang wajib Anda catat. Jangan sampai ketinggalan informasi dan tidak bisa masuk tahun ini hanya gara-gara tidak tahu jadwalnya. Pastikan untuk terus mengikuti perkembangan informasi seputar pendaftaran TNI periode 2017/2018 agar Anda tidak kehilangan kesempatan emas untuk bergabung sebagai prajurit TNI.

Catatan: sebelum melakukan pendaftaran ke pendidikan Tentara Nasional Indonesia, maka sebaiknya teman-teman berlatih dulu yah. Kesehatan dijaga dan juga terus berlatih fisik.

Add a Comment