Universitas Islam Negeri Bandung, Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Universitas Islam Negeri Bandung (Unisba) merupakan salah satu Universitas Negeri didaerah Bandung. Pada zaman modern ini, Universitas – Universitas Islam di Indoneisa mulai dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri favorit pada umumnya. Kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Islam juga tidak kalah baiknya dengan Universitas umum.

Banyak sekali Universitas Islam Negeri maju di Indonesia. Sebut saja UIN Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Islam Negeri Bandung atau yang juga dikenal dengan nama UIN Sunan Gunung Djati (UIN-SGD).

Nah, buat anda calon mahasiswa yang berdomisili di sekitar Bandung ataupun dari daerah lainnya, yang berminat ingin mendaftar di Universitas Islam Negeri Bandung, berikut ini, akan kami share berbagai informasi seputar Universitas ini, lengkap dengan tata cara pendaftaran serta info biaya kuliah selama menempuh pendidikan di Universitas Islam ini.

Sekilas tentang Universitas Islam Negeri Bandung (UIN SGD)

Universitas Islam Negeri Bandung marupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Cibiru, Bandung, Jawa Barat. Penamaan Sunan Gunung Djati sendiri diambil dari salah satu tokoh Wali Sanga, penyebar agama Islam di ranah Jawa. Universitas Islam Negeri Bandung didirikan pada tanggal 8 Agustus 1968 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 56 Th 1968.

Pada awal berdirinya, UIN-SGD bernama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dan akhirnya berubah menjadi Universitas Islam Sunan Gunung Djati pada tanggal 10 Oktober 2005.

Fakultas dan Program Studi Universitas Islam Negeri Bandung

Sampai saat ini, Universitas Islam Negeri Bandung sudah memiliki beberapa fakultas serta program studi yang memiliki kualitas cukup bagus. Diantaranya.

1. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terdiri dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Ilmu Komunikasi Prodi Jurnalistik, Ilmu Komunikasi Prodi Hubungan Masyarakat, Pengembangan Masyarakat Islam dan Bimbingan Konseling Islam.

2. Fakultas Adab dan Humaniora, untuk jenjang S1, terdiri dari program studi Sejarah dan Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, sedangkan untuk jenjang D3, ada Jurusan Terjemah Bahasa Inggris.

3. Fakultas Syariah dan Hukum, terdiri dari Program Studi Muamalah, Ahwal Syakhsiyah, Siyasah, Perbandingan Madzhab dan Hukum, Hukum pidana Islam, Ilmu Hukum, dan Manajemen Keuangan Syari’ah.

4. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, untuk jenjang S1 terdiri dari program studi, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru MI, dan Pendidikan Fisika. Sedangkan untuk program Akta IV tersedia Pendidikan Profesional Keguruan.

5. Fakultas Psikologi, terdiri dari Jurusan Psikologi

6. Fakultas Ushuluddin, terdiri  dari program studi Perbandingan Agama, Akidah Filsafat, Hadits, Tafsir, Tasawuf dan Psikoterapi.

7. Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri dari Prodi Teknik Informatika, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Agroteknologi, dan Teknik Elektro.

8. Fakultas Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Politik, terdiri dari Prodi Sosiologi, Manajemen, dan State Administration.

9. Program Magister (S2) terdiri dari Konsentrasi Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an, Filsafat dan Pemikiran Islam, Hukum dan Pranata Sosial Islam, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pendidikan Islam, Studi Masyarakat Islam, Bahasa Arab, Ekonomi Islam, Perbandingan Agama, dan Ilmu Dakwah.

10. Program Doktor, terdiri dari Hukum Islam, Pendidikan Islam, Filsafat Agama, dan Perbandingan Agama.

Jalur Pendaftaran Universitas Islam Negeri Bandung (UIN-SGD)

A. Jalur SNMPTN

Seperti PTN lain, Universitas Islam Negeri Bandung juga merupakan salah satu PTN peserta seleksi Nasional SNMPTN. Jadi, bagi anda yang baru akan lulus, bisa mengikuti jalur ini. Penerimaan jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi akademik yang mengacu pada trek nilai raport yang senantiasa meningkat dan juga prestasi – prestasi lain yang menunjang.

Untuk mengikuti SNMPTN, anda harus direkomendasikan dulu oleh Kepala Sekolah dan selanjutnya kepala sekolah akan menunjuk staf untuk memasukkan data anda (nilai raport) ke PDSS. Setelah itu anda harus memverifikasi data – data ini dengan mencocokkannya dengan yang ada di raport asli. Hati – hati saat melakukan tahap ini agar tidak salah dan disangka melakukan pemalsuan.

Setelah pengisian PDSS selesai, siswa harus melakukan login ke halaman pendaftaran online SNMPTN dengan menggunakan NISN dan password yang diperoleh dari sekolah. Siswa mengisi data dan memili UIN SGD pada pilihan pertama, kemudian mencetak kartu tanda pendaftaran. Anda juga dapat mengikuti program Bidik Misi SNMPTN jika anda merupakan golongan kurang mampu.

B. Jalur SBMPTN

Tahun lalu, Universitas Islam Negeri Bandung tidak membuka penerimaan melalui jalur ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa tahun depan SBMPTN diadakan juga di UIN-SGD. Jadi tidak ada salahnya anda menyiapkan diri untuk menghadapi ujian ini.

Anda bisa mendaftarkan diri pada halaman resmi SBMPTN di www.sbmptn.or.id. Tes ini memiliki dua tipe, PBT dan CBT. Anda dapat memilih salah satunya. Setelah melakukan pendaftaran dan mendapatkan nomor peserta, anda harus datang ke lokasi tes pada waktu yang telah ditentukan dengan membawa semua persyaratan seperti kartu peserta, kartu identitas, dan alat tulis.

C. SPAN PTKIN

Karena Universitas Islam Negeri Bandung merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri, maka di PTN ini dibuka juga pendaftaran jalur SPAN PTKIN. SPAN PTKIN sendiri merupakan seleksi nasional yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di SLTA atau sederajat. Jadi, seleksi ini mirip SNMPTN hanya saja untuk PTN Islam diseluruh Indonesia. Lebih jelasnya anda dapat mengakses web resmi SPAN-PTKIN di www.span-ptkin.ac.id

D. UM-PTKIN Universitas Islam Negeri Bandung (UIN-SGD)

UM PTKIN merupakan jalur masuk UIN se-Indonesia yang dilaksanakan secara bersamaan. UM PTKIN sendiri dilakukan dengan tes tertulis. Untuk mengikuti jalur ini, anda harus melakukan pendaftaran dulu pada web resmi UM PTKIN di www.um-ptkin.ac.id. Setelah itu anda harus melakukan pembayaran biaya tes ke bank untuk memperoleh password dan user ID yang digunakan untuk melengkapi data selanjutnya.

E. Bidikmisi Universitas Islam Negeri Bandung (UIN-SGD)

Universitas Islam Negeri Bandung juga membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari kalangan tidak mampu untuk berkuliah di UIN SGD dengan cara melamar beasiswa bidik misi. Siswa yang hendak melamar bidik misi ini harus memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah itu calon pelamar harus mengisi data di web bidikmisi.dikti.go.id

F. Ujian Mandiri Universitas Islam Negeri Bandung (UIN-SGD)

Bagi yang tidak lulus seleksi-seleksi sebelumnya, jangan berkecil hati, Universitas Islam Negeri Bandung masih memiliki satu lagi jalur seleksi yang diadakan secara lokal yaitu ujian mandiri. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di website www.unisgd.ac.id. Semua persyaratan dan jadwal dapat dilihat di website tersebut.

G. Pendaftaran Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati

Universitas Islam Negeri Bandung juga membuka kesempatan bagi anda yang berniat melanjutkan studi setelah S1. Anda dapat mendaftarkan diri anda di www.ppsuinsgdbdg.ac.id.

Biaya Kuliah Universitas Islam Negeri Bandung (UIN-SGD)Universitas Islam Negeri Bandung menerapkan UKT kelompok yang didasarkan pada penghasilan orang tua.

Cari tahu, disini: Biaya kuliah di Universitas Terbuka

Demikian informasi tentang Pendaftaran dan Biaya kuliah di Universitas Islam Negeri Bandung. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Biaya Kuliah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati – UIN SGD Bandung


http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-uinsgd.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/UIN_Sunan_Gunung_Djati?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9830458322

Add a Comment