Teks Diskusi: Pengertian, Ciri, Struktur, & Contoh Teks Diskusi

Sebelum membahas mengenai teks diskusi, ada baiknya anda memahami apakah diskusi itu. Diskusi merupakan sebuah bentuk interaksi komunikasi yang terjalin antar dua individu atau antar kelompok berupa pembahasan mengenai suatu pengetahuan yang pada akhirnya menghasilkan pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa terjadi dalam bentuk apapun asalkan terdapat sebuah topik bahasan.

Teks Diskusi

Berdiskusi pada dasarnya adalah saling bertukar gagasan, ide, dan pendapat mengenai sebuah topik. Dengan berdiskusi, anda bisa mendapatkan manfaat berupa penambahan pengetahuan, dan dapat memahami bagaimana orang memandang suatu topik dari sudut pandang yang berbeda.

Baca juga kumpulan teks dibawah ini:

  1. Pengertian, struktur dan contoh teks tantangan
  2. Contoh surat somain baik dan benar
  3. Contoh surat pembaca
  4. Contoh surat izin tidak masuk sekolah
  5. Contoh surat sakit sekolah

Diskusi dapat terjadi secara spontan, maupun karena adanya stimulus. Salah satu contoh diskusi yang menggunakan stimulus adalah dengan adanya teks diskusi. Secara singkat, teks diskusi adalah sebuah tulisan yang membahas suatu masalah dan tertulis dua sudut pandang pada teks tersebut, yakni pendapat pro dan kontra. Perbedaan pendapat inilah yang akan didiskusikan lebih lanjut dalam sebuah forum. Teks ini pula biasanya ditemukan pada materi simposium, lokakarya, muktamar seminar, diskusi panel dan sarasehan. Untuk lebih memahami tentang diskusi dalam teks, anda bisa menyimak tulisan di bawah ini.

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi merupakan sebuah wacana berupa tulisan yang membeberkan dua pendapat berbeda, satu di sisi pendukung, dan satu di sisi kontra. Perbedaan pendapat yang diusung akan mengakibatkan kedua pihak saling bertukar pikiran mengenai suatu topik yang menjadi bahan perbincangan dengan cara berdiskusi.

Ciri-ciri Teks Diskusi

Untuk lebih mudah membedakan antara teks ini dengan teks yang lainnya, anda dapat mencermati karakteristik teks diskusi berikut ini.

Pertama, teks ini terdiri atas isu, argumen pendukung (pro), argumen penentang (kontra), dan kesimpulan.

Kedua, teks ini juga berisi informasi yang cenderung bersifat informatif-argumentatif.

Unsur Kebahasaan

Teks diskusi menerapkan unsur-unsur kebahasaan seperti halnya jenis teks lainnya, berikut ini adalah unsur kebahasaan didalamnya:

Pertama, Penggunaan kata hubung perlawanan seperti ‘tetapi’, ‘namun’, ‘sedangkan’, dan lain sebagainya.

Kedua, Pengaplikasian Modalitas. Modalitas adalah istilah yang merujuk pada kata yang bermakna kemungkinan, dan fakta yang dituliskan pada kalimat.

Ketiga, Penerapan kohesi leksikal dan gramatikal. Kohesi leksikal merupakan kemampuan mencapai kalimat padu dalam memilih kata. Sedang kohesi gramatikal ialah mencapai kepaduan kalimat dengan menggunakan aturan tata bahasa.

Struktur teks diskusi

Sebuah teks dikatakan sebagai teks diskusi jika telah memenuhi struktur teks berikut ini.

1. Isu

Pada bagian isu, anda harus menuliskan suatu topik atau masalah yang ingin anda bahas lebih lanjut pada sebuah diskusi.

2. Argumen Pendukung (Pro)

Bagian argumen pendukung, merupakan tulisan yang pembahasannya searah, setuju, dan bersifat mendukung topik yang menjadi bahasan pada diskusi yang ada dalam teks.

3. Argumen Penentang (Kontra)

Bagian argumen penentang merupakan kebalikan dari argumen pendukung. Bagian ini berisi tentang pembahasan yang bertolak belakang, dan menentang topik yang menjadi bahan perbincangan pada teks.

4. Kesimpulan

Bagian kesimpulan berisi mengenai kesimpulan dan saran mengenai topik yang tengah dibahas dalam diskusi. Pernyataan yang tidak memiliki tendensi kepada suatu pihak dan merupakan jalan tengah dari isu yang didiskusikan.

Tujuan Teks Diskusi

Teks ini bertujuan untuk mencari titik temu yang telah mencapai kesepakatan, mufakat antara dua belah pihak atas topik yang menjadi pokok bahasan mereka dengan cara berdiskusi.

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki bermacam-macam jenis, berikut adalah beberapa jenis-jenis teks tersebut adalah berikut dibawah ini:

  1. Teks diskusi seminar
  2. Teks diskusi simposium
  3. Teks diskusi diskusi panel
  4. Teks diskusi kongres
  5. Teks diskusi sarasehan
  6. Teks diskusi lokakarya
  7. Teks diskusi muktamar

Contoh Teks Diskusi

Bila kita membuat hal teks seperti ini, berikut dibawah ini sudah kami berikan contohnya. Contoh dibawah ini bisa Anda perhatikan dan menjadi referensi dalam penulisan.

Judul Diskusi

Dampak Kehadiran Ojek Online Terhadap Ojek Konvensional

Isu

Akhir-akhir ini marak bermunculan di kota-kota besar jasa layanan ojek secara online yang dapat dipesan melalui smartphone. Hanya bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan gps layanan ojek online ini siap menjemput dan mengantarkan pemesannya ke tempat tujuan.

Karena kemunculannya yang terbilang baru, ojek online menuai pro dan kontra karena beberapa orang menganggap kehadirannya mengganggu penghasilan tukang ojek konvensional. Namun, beberapa orang lain menyatakan sangat terbantu oleh kehadiran ojek online yang praktis dan bisa dipesan kapan saja, dan dari mana saja.

Argumen Pendukung

Pada satu sisi, Ojek online di kota-kota besar didukung oleh beberapa kalangan. Mereka beranggapan bahwa kemudahan dalam memesan, dan tersedianya fasilitas pendukung tambahan membuat mereka tidak ragu untuk memilih ojek online dibanding ojek konvensional. Selain itu, kemampuan memesan dari segala tempat adalah keunggulan utama dari ojek online.

Argumen Penentang

Akan tetapi, di sisi lainnya, ojek online dianggap merebut konsumen dari ojek konvensional secara sepihak. Bahkan beberapa langganan ojek konvensional mulai beralih menggunakan jasa ojek online. Bahkan sempat terjadi perseteruan antara pengojek online dan konvensional mengenai perebutan konsumen yang mengakibatkan menurunnya penghasilan pengojek konvensional secara drastis.

Kesimpulan

Keunggulan dan Kelemahan dari suatu gagasan pasti ada. Menghapus ojek online secara serta-merta bukan keputusan yang bijak karena pasti ada pihak yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, sebaiknya para ojek online dan ojek konvensional melakukan permusyawaratan guna mencari kesepakatan mengenai pengambilan calon konsumen.

Alternatif lainnya adalah pihak pemilik ojek online bisa memperlebar sayap dan mencoba merekrut para pengojek konvensional untuk dijadikan anggota pengojek online dengan dukungan pemberian perangkat-perangkat yang dibutuhkan, dan pelatihan penggunaan layanan sehingga para pengojek konvensional tetap mendapatkan pendapatan yang setara dengan pengojek lainnya.

 

Sumber:
belajarmateri.com/2016/12/pengertian-teks-diskusi-dan-contoh.html
materikelas.com/2016/08/teks-diskusi-pengertian-struktur-tujuan.html
adykenzie.blogspot.co.id/2016/08/teks-diskusi-pengertian-contohnya.html
yuksinau.com/2016/11/pengertian-struktur-kaidah-jenis-teks-diskusi.html

Add a Comment