9 Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Standar

Anda sedang menginginkan referensi contoh teks eksposisi yang baik, singkat dan standar? di Masuk universitas jawabannya. Teks eksposisi merupakan sebuah karangan atau paragraf yang mengandung serangkaian informasi di dalamnya. Serangkaian informasi tersebut memiliki tujuan untuk mengungkapkan atau memberikan pengertian dengan padat, singkat dan akurat.

9 contoh teks eksposisi singkat dan standar

Untuk lebih memahami tentang teks eksposisi, berikut dibawah ini telah di uraikan beberapa jenis dan contoh teks eksposisi yang singkat dan standar. Silakan di simak dan membuatnya yang lebih bagus lagi.

1. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Nah, untuk teks tentang pendidikan, dibawah ini juga sudah ada. Jadi, tidak perlu kuatir lagi. Yang diambilkan kali ini adalah pendidikan remaja. Bagaimana informasi selanjutnya. Silakan Anda simak dibawah yah.

Pendidikan Remaja

Remaja merupakan masa indah yang dialami anak-anak saat memasuki bangku SMP. Masa ini dikenal sebagai masa transisi yang dimulai pada usia 10 sampai 21 tahun. Remaja sedang menggali identitas dirinya pada masa itu. Pada masa tersebut hendaknya remaja memperoleh pendidikan karakter sehingga mampu menjadi generasi yang peduli, jujur, santun, percaya diri dan kreatif.

Masa remaja sangat identik dengan masa yang cukup sulit karena memerlukan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan saat masa anak-anak. Lingkungan keluarga maupun sekolah hendaknya menjadi pendamping dan pembimbing yang baik agar perilaku remaja dapat terarah ke hal yang positif. Apabila masa remaja diisi dengan kegiatan ke arah yang positif maka prestasi dan kesuksesan akan mudah diraih. Pendidikan karakter mampu membentuk remaja hingga berprestasi.

Dalam pendidikan karakter, remaja dibimbing dengan nilai-nilai religious yang akan mengarahkan kepribadian remaja sehingga tumbuh menjadi manusia dengan karakter peka terhadap lingkungan sosial. Selain itu, mereka juga akan memperoleh ajaran tentang cinta damai dan nilai toleransi sehingga membentuk remaja yang memiliki sifat mengasihi sesama. Oleh karena itu, nilai-nilai positif yang diajarkan dalam pendidikan karakter mampu menghasilkan remaja yang unggul dan mempunyai karakter kuat.

2. Contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan

Untuk yang memerlukan bagaimana contoh untuk teks eksposisi yang ditujukan dunia kesehatan, maka dibawah ini juga sudah ada. Contoh yang ditulis dibawah ini adalah mencegah penyakit stroke dan jantung.

Mencegah penyakit Stroke dan Jantung

Stroke dan jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Berdasarkan data WHO tahun 2017, penyakit-penyakit tersebut merupakan pembunuh manusia nomor satu dan dua di dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapapun tidak mengenal usia maupun jenis kelamin penderita. Jantung pernah menyerang seorang bayi yang baru dilahirkan sedangkan penyakit stroke pernah diidentifikasi pernah menyerang seorang anak kecil.

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit stroke dan jantung menyerang manusia diantaranya merokok, makan-makanan sembarangan dan minum minuman beralkohol. Perlu langkah tepat untuk mencegah penyakit-penyakit tersbut menyerang tubuh kita.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai langkah pencegahan terjangkitnya penyakit stroke dan jantung yaitu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman keras dan mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Makanan berkolesterol tinggi menimbulkan penumpukan pembuluh darah hingga pembuluh darah koroner tersumbat.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan jantung, kita juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Bagi penderita hipertensi, langkah ini sangat penting dilakukan agar terhindar dari bahaya penahnya pembuluh darah di kepala yang akan mengakibatkan stroke.

Langkah terakhir adalah melakukan olahraga secara teratur. Tubuh sehat dan bugar dapat kita peroleh dengan rajin berolahraga. Dengan diimbangi pola makan yang sehat dan olahraga teratur, penyakit jantung dan stroke akan berhasil kita cegah.

3. Contoh teks eksposisi tentang sekolah

Tentu, masih berkaitan dengan pendidikan. Akan tetapi, yang diberikan informasi kali adalah teks eksposisi tentang sekolah. Nah, bila teman-teman belum mengetahui contohnya. Silakan simak dibawah ini.

Kebersihan Sekolah

Salah satu faktor penting yang dapat membuat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah berjalan dengan nyaman adalah lingkungan sekolah yang bersih. Selain itu, kesehatan siswa juga akan tetap terjaga dengan lingkungan sekolah yang asri, bersih dan nyaman. Namun, pentingnya menjaga kebersihan sekolah belum sepenuhnya disadari oleh semua siswa. Masih banyak siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Bahkan, di laci meja setiap kelas sering ditemukan banyak sampah bekas minuman maupun makanan.

Rasa malas dan kurang menyadari pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan merupakan penyebab utama lingkungan sekolah masih kotor. Meskipun di setiap sudut lingkungan sekolah sudah diletakkan banyak tempat sampah, para siswa masih sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Banyak siswa yang berpikir bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab petugas kebersihan sekolah padahal kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan perlu digalakkan. Reboisasi dan rutin melakukan kerja bakti membersihkan kelas dan sekolah adalah cara tepat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sekolah. Siswa-siswi akan menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab dan peka terhadap kebersihan di lingkungan sekolahnya.

4. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Kebersihan Lingkungan Hidup

Kebersihan adalah faktor penting dalam hidup bermasyarakat. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pemerintah melalui lembaga-lembaga kesehatan sering menyelenggarakan berbagai kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan seperti wabah penyakit yang sangat berbahaya bagi kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

Salah satu alternatif cara menanggulangi timbulnya pencemaran lingkungan adalah dengan melakukan gotong royong menjaga dan membersihkan lingkungan secara rutin. Penjadwalan setiap kelompok disesuaikan dengan berapa jumlah kepala keluarga dalam satu RT. Kegiatan kerja bakti seluruh masyarakat dilaksanakan setiap hari Minggu. Terdapat banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Selain kesehatan dan kebersihan dapat tercipta, hubungan solidaritas antar warga msyarakat juga terjalin semakin kuat.

Kebersihan lingkungan hidup adalah faktor penting bagi kenyamanan dan kesehatan masyarakat sehingga tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut akan dicapai jika seluruh warga masyarakat bersedia gotong royong melakukan kerja bakti yang terorganisir dengan baik.

5. Contoh teks eksposisi tentang politik

Minimalisir tindakan korupsi dengan menetapkan standar caleg

Proses pemilihan umum hendaknya menetapkan standar yang ketat bagi setiap partai politik khususnya dalam proses perekrutan calon legislatif. Kriteria setiap calon wakil rakyat sebaiknya memiliki rekam jejak yang baik dan tidak pernah tersangkut masalah korupsi. Contohnya, para calon wakil rakyat yang pernah tersangkut kasus pelanggaran HAM maupun korupsi tidak diperbolehkan diterima menjadi calon anggota legislatif.

Tentunya hal ini perlu dikaji dengan lebih mendalam sehingga secara tegas dapat dipastikan hanya mereka yang memiliki integritas tinggi dan rekam jejak baik yang dapat mewakili rakyat menjadi anggota legislatif. Menetapkan standar dalam pemilihan Caleg (Calon Anggota Legislatif) sangat penting digalakkan. Berdasarkan hasil survey, beberapa lembaga parlemen tercatat memiliki tingkat pelanggaran korupsi yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, anti korupsi harus menjadi dasar dalam pencantuman kriteria pencalonan anggota legislatif. Setiap caleg dengan rekam jejak yang buruk seperti pelanggaran HAM dan korupsi tentunya tidak diperbolehkan menjadi calon anggota legislatif. Hal ini akan membawa dampak positif dalam upaya pemberantasan korupsi di tingkat legislatif.

6. Contoh teks eksposisi singkat tentang politik

Manfaat dari adanya WTO

Globalisasi telah mempengaruh kondisi pasar internasional. Semua negara turut merasakan dampak perubahan pasar internasional yang tidak menentu. Diperlukan liberalisasi dalam perdangan untu mengatasi hal tersebut sehingga daya saing ekonomi dalam perdagangan internasional dapat meningkat.

Indonesia merupakan negara yang memiliki sistem perekonomian terbuka. Sistem perekonimian terbuka adalah sistem yang sulit untuk beralih dari dinamika perubahan ekonomi global internasional. Hal ini menyebabkan pasar domestik Indonesia tidak bisa lepas dari gejolak pasar dunia yang hingga kini semakin liberal. Oleh karena itu, Indonesia bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO).

Merupakan satu-satunya organisasi perdangan internasional, WTO mempunyai fungsi khusus untuk membantu memecahkan permasalahan perdagangan antar negara. WTO berperan dalam meminimalisir segala permasalahan berkaitan dengan perdagangan internasional.

7. Contoh teks eksposisi perbandingan

Perbandingan Ilmu Alam dan Sosial

Ilmu merupakan keseluruhan usaha sadar untuk menggali dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi fakta dan kenyataan di alam manusia. Ilmu juga bisa diartikan sebagai suatu pemahaman yang didapatkan manusia lewt penelitian atau penemuan yang secara sisitematis tersusun sehingga dapat diuji dengan metode yang tepat. Manfaat ilmu yaitu mampu membedakan baik hal yang benar maupun salah. Ilmu dikategorikan dalam 2 kelompok yaitu ilmu sosial dan ilmu alam.

Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari objek-objek secara empiris di alam semesta. Ilmu alam menganggap objek-objek tertentu serupa satu sama lainnya, objek yang diperlajari tidak akan mengalami perubahan baik dari perspektif tempat, waktu. Ilmu alam meyakini bahwa setiap gejala adalah suatu kejadian yang memiliki sifat kebetulan.

Sedangkan Ilmu sosial merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan manusia meliputi , tingkah laku, ciri khasnya maupun bagaimaan hubungan dengan orang lain yang terjadi baik secara bersama maupun perseorangan baik dalam jumlah besar mapun kecil.

Berbeda dengan ilmu alam, ilmu sosial memiliki objek material berupa tingkah laku manusia yang tidak deterministik dan bebas. Objek penelaah ilmu sosial diantaranya yaitu objek penelaah yang berdasarkan pengamatan karena objek senantiasa berubah dan bersifat kompleks.

Perbedaan ilmu sosial dan ilmu alam sangat tampak pada bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu sosial terkait hasil akal manusia yang emotif dan subjektif. Sedangkan ilmu alam berhubungan dengan hal-hal yang bersifat objektif, dunia fisik dan tidak hidup sehingga terus-menerus mengalami perubahan pada jangka waktu tertentu. Namun, keduanya mempunyai manfaat yang sama yaitu berperan dalam keberlangsungan hidup manusia.

8. Contoh teks eksposisi analisis

Penyebab tanah longsor

Tanah longsor merupakan proses terjadinya perpindahan meterial dalam pembentukan lereng yang berupa tanah, bahan rombakan, bahan batuan. Proses tersebut bergerak ke bawah maupun keluar lereng. Tanah longsor termasul salah satu bencana alam yang berdampak buruk bagi kehidupan di sekitarnya.

Beberapa faktor terjadinya tanah longsor disebabkan faktor manusia dan faktor alami. Perubahan musim dari kemarau ke musim hujan adalah salah satu faktor alami penyebab tanah longsor. Saat musim kemarau tiba tanah menjadi kering karena proses penguapan. Hal ini menyebabkan keluarnya pori-pori tanah. Lalu, saat hujan turun, air mulai masuk ke dalam retakan hingga terjadilah longsor.

Terdapat pula beberapa faktor non alami karena perbuatan manusia. Misalnya, adanya beban tambahan di bagian lereng dan beban kendaraan yang membuat gaya dorong semakin besar. Tanah lorong sering kita jumpai di daerah gundul karena fungsi penyerapan air yang mengalami kerusakan.

Bencana tanah longsor merugikan mahluk hidup disekitarnya. Hal ini disebabkan faktor manusia dan faktor alami. Faktor alami diantaranya pergantian musim, lereng yang terjal dan batuan yang kurang kuat.

Sedangkan faktor manusia disebabkan oleh ulah manusia yaitu pembungan sampah, beban tambahan tanah akibat kendaraan dan bangunan. Oleh karena itu, kita harus mencegah terjadinya bencana alam dengan mengurangi faktor yang disebabkan oleh ulah manusia.

9. Contoh teks eksposisi klasifikasi

Nah yang terakhir ini adalah contoh teks eksposisi berdasarkan klasifikasi. Yang dituliskan kali ini produk jurnalistik. Untuk mengetahui lebih lengkap? Simak selengkapnya.

Produk Jurnalistik

Jenis produk jurnalistik terdiri dari surat kabar, majalah, tabloid, bulletin, radio, media on line dan televisi. Majalah, tabloid dan surat kabar dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu opini, berita dan iklan. Namun, dari tiga kelompok besar tersebut hanya opini dan berita yang bisa disebut produk jurnalistik. Meskipun teknik yang digunakan sesuai dengan teknik jurnalistik, iklan bukan termasuk produk jurnalistik.

Baca juga related informasi tentang contoh PENTING:

  1. Contoh kata pengantar
  2. Contoh surat lamaran kerja
  3. Contoh daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
  4. Contoh surat keterangan kerja
  5. Contoh pengunduran diri /resign

Berita dikategorikan dalam 6 kelompok meliputi berita menyeluruh, berita langsung, berita mendalam, berita penyelidikan, pelaporan mendalam, berita gambar dan berita khas bercerita. Untuk opini dikategorikan dalam 7 kelompok yaitu surat pembaca, esai, kolom, artikel, pojok, karikatur dan tajuk rencana.

Agar berita dan opini dapat terpisah maka dilakukan pemisahan secara tegas antara opini dan berita yang dilakukan berdasarkan etika dan konsekuensi dari norma luhur jurnalistika.

Nah, demikianlah ulasan tentang 9 contoh teks eksposisi singkat dan standar. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber:
feedsia.com/2016/06/teks-eksposisi.html#
ruangseni.com/pengertian-dan-2-contoh-teks-eksposisi-perbandingan/
ruangseni.com/pengertian-dan-contoh-teks-eksposisi-analisis-proses-sebab-akibat/

Add a Comment