21 Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Standar

Anda sedang menginginkan referensi contoh teks eksposisi yang baik, singkat dan standar? di Masuk universitas jawabannya. Yuk, cari tau selengkapnya dibawah ini. Teks eksposisi merupakan sebuah karangan atau paragraf yang mengandung serangkaian informasi di dalamnya. Serangkaian informasi tersebut memiliki tujuan untuk mengungkapkan atau memberikan pengertian dengan padat, singkat dan akurat.

Dari artikel yang sudah pernah ditulis sebelumnya, teks eksposisi memliki 3 struktur yaitu: 1. Tesisi (penguatan pendapat), 2. Argumentasi, dan 3. Penguatan pendapat (penegasan ulang). Nah, untuk membuat contoh teks eksposisi itulah hal yang perlu diperhatikan sebagai pedoman teman-teman. Untuk mengetahuinya, berikut ini informasi terbuka dalam menambahkan wawasan teman-teman.

Daftar Isi

21 contoh teks eksposisi singkat dan standar

Untuk lebih memahami tentang teks eksposisi ini, berikut uraian lengkap dibawah ini 21 contoh teks eksposisi singkat sampai yang lengkap. Mulai tentang pendidikan, kesehatan, berita, definisi, perbandingan, klasifikasi, identifikasi, lingkungan, hewan, analisis, laporan, pertentangan, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui selengkapnya, silakan simak dibawah dengan bagaimana cara membuatnya yang lebih bagus lagi.

1. Contoh teks eksposisi Tentang Pendidikan

Ini merupakan contoh teks eksposisi tentang pendidikan. Nah, untuk teks tentang pendidikan ini, judulnya pendidikan remaja.

Nah, untuk teman-teman yang memiliki tugas atau sekedar mengetahui contoh dari pendidikan ini, dibawah ini selengkapnya.

Teman-teman tidak perlu kuatir lagi membuat awalnya seperti apa. contoh teks eksposisi pendidikan

Judul: Pendidikan Remaja

Tesis:

Remaja merupakan masa indah yang dialami anak-anak saat memasuki bangku SMP. Masa ini dikenal sebagai masa transisi yang dimulai pada usia 10 sampai 21 tahun. Remaja sedang menggali identitas dirinya pada masa itu. Pada masa tersebut hendaknya remaja memperoleh pendidikan karakter sehingga mampu menjadi generasi yang peduli, jujur, santun, percaya diri dan kreatif.

Argumentasi:

Masa remaja sangat identik dengan masa yang cukup sulit karena memerlukan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan saat masa anak-anak. Lingkungan keluarga maupun sekolah hendaknya menjadi pendamping dan pembimbing yang baik agar perilaku remaja dapat terarah ke hal yang positif. Apabila masa remaja diisi dengan kegiatan ke arah yang positif maka prestasi dan kesuksesan akan mudah diraih. Pendidikan karakter mampu membentuk remaja hingga berprestasi.

Penegasan ulang:

Dalam pendidikan karakter, remaja dibimbing dengan nilai-nilai religious yang akan mengarahkan kepribadian remaja sehingga tumbuh menjadi manusia dengan karakter peka terhadap lingkungan sosial. Selain itu, mereka juga akan memperoleh ajaran tentang cinta damai dan nilai toleransi sehingga membentuk remaja yang memiliki sifat mengasihi sesama. Oleh karena itu, nilai-nilai positif yang diajarkan dalam pendidikan karakter mampu menghasilkan remaja yang unggul dan mempunyai karakter kuat.

2. Contoh teks eksposisi singkat Tentang Kesehatan

Untuk Anda yang memerlukan bagaimana contoh untuk teks eksposisi yang ditujukan dunia kesehatan, maka dibawah ini juga sudah ada ya. Contoh yang ditulis dibawah ini adalah mencegah penyakit stroke dan jantung. contoh teks eksposisi kesehatan

Judul: Mencegah penyakit Stroke dan Jantung

Tesis:

Stroke dan jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Berdasarkan data WHO tahun 2017, penyakit-penyakit tersebut merupakan pembunuh manusia nomor satu dan dua di dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapapun tidak mengenal usia maupun jenis kelamin penderita. Jantung pernah menyerang seorang bayi yang baru dilahirkan sedangkan penyakit stroke pernah diidentifikasi pernah menyerang seorang anak kecil.

Argumentasi:

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit stroke dan jantung menyerang manusia diantaranya merokok, makan-makanan sembarangan dan minum minuman beralkohol. Perlu langkah tepat untuk mencegah penyakit-penyakit tersbut menyerang tubuh kita.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai langkah pencegahan terjangkitnya penyakit stroke dan jantung yaitu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman keras dan mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi.

Makanan berkolesterol tinggi menimbulkan penumpukan pembuluh darah hingga pembuluh darah koroner tersumbat. Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan jantung, kita juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan menjaga tekanan darah agar tetap normal. B

agi penderita hipertensi, langkah ini sangat penting dilakukan agar terhindar dari bahaya penahnya pembuluh darah di kepala yang akan mengakibatkan stroke.

Penegasan ulang:

Langkah terakhir adalah melakukan olahraga secara teratur. Tubuh sehat dan bugar dapat kita peroleh dengan rajin berolahraga. Dengan diimbangi pola makan yang sehat dan olahraga teratur, penyakit jantung dan stroke akan berhasil kita cegah.

3. Contoh teks eksposisi Tentang Sekolah

Tentu, masih berkaitan dengan pendidikan. Akan tetapi, yang diberikan informasi kali adalah teks eksposisi tentang sekolah. Nah, bila teman-teman belum mengetahui contohnya. Silakan simak dibawah ini. contoh teks eksposisi tentang sekolah

Judul: Kebersihan Sekolah

Tesis:

Salah satu faktor penting yang dapat membuat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di sekolah berjalan dengan nyaman adalah lingkungan sekolah yang bersih. Selain itu, kesehatan siswa juga akan tetap terjaga dengan lingkungan sekolah yang asri, bersih dan nyaman. Namun, pentingnya menjaga kebersihan sekolah belum sepenuhnya disadari oleh semua siswa. Masih banyak siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Bahkan, di laci meja setiap kelas sering ditemukan banyak sampah bekas minuman maupun makanan.

Argumentasi:

Rasa malas dan kurang menyadari pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan merupakan penyebab utama lingkungan sekolah masih kotor. Meskipun di setiap sudut lingkungan sekolah sudah diletakkan banyak tempat sampah, para siswa masih sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Banyak siswa yang berpikir bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab petugas kebersihan sekolah padahal kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah.

Penegasan ulang:

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan perlu digalakkan. Reboisasi dan rutin melakukan kerja bakti membersihkan kelas dan sekolah adalah cara tepat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sekolah. Siswa-siswi akan menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab dan peka terhadap kebersihan di lingkungan sekolahnya.

4. Contoh teks eksposisi Tentang Lingkungan

contoh teks eksposisi kebersihan lingkungan

Judul: Kebersihan Lingkungan Hidup

Tesis:

Kebersihan adalah faktor penting dalam hidup bermasyarakat. Hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pemerintah melalui lembaga-lembaga kesehatan sering menyelenggarakan berbagai kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan seperti wabah penyakit yang sangat berbahaya bagi kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

Argumentasi:

Salah satu alternatif cara menanggulangi timbulnya pencemaran lingkungan adalah dengan melakukan gotong royong menjaga dan membersihkan lingkungan secara rutin. Penjadwalan setiap kelompok disesuaikan dengan berapa jumlah kepala keluarga dalam satu RT. Kegiatan kerja bakti seluruh masyarakat dilaksanakan setiap hari Minggu. Terdapat banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Selain kesehatan dan kebersihan dapat tercipta, hubungan solidaritas antar warga msyarakat juga terjalin semakin kuat.

Penegasan ulang:

Kebersihan lingkungan hidup adalah faktor penting bagi kenyamanan dan kesehatan masyarakat sehingga tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut akan dicapai jika seluruh warga masyarakat bersedia gotong royong melakukan kerja bakti yang terorganisir dengan baik.

5. Contoh teks eksposisi Tentang Politik

contoh teks eksposisi minimalisir korupsi uang politik

Judul: Minimalisir tindakan korupsi dengan menetapkan standar caleg

Tesis:

Proses pemilihan umum hendaknya menetapkan standar yang ketat bagi setiap partai politik khususnya dalam proses perekrutan calon legislatif. Kriteria setiap calon wakil rakyat sebaiknya memiliki rekam jejak yang baik dan tidak pernah tersangkut masalah korupsi. Contohnya, para calon wakil rakyat yang pernah tersangkut kasus pelanggaran HAM maupun korupsi tidak diperbolehkan diterima menjadi calon anggota legislatif.

Argumentasi

Tentunya hal ini perlu dikaji dengan lebih mendalam sehingga secara tegas dapat dipastikan hanya mereka yang memiliki integritas tinggi dan rekam jejak baik yang dapat mewakili rakyat menjadi anggota legislatif. Menetapkan standar dalam pemilihan Caleg (Calon Anggota Legislatif) sangat penting digalakkan. Berdasarkan hasil survey, beberapa lembaga parlemen tercatat memiliki tingkat pelanggaran korupsi yang sangat tinggi.

Penegasan ulang:

Oleh karena itu, anti korupsi harus menjadi dasar dalam pencantuman kriteria pencalonan anggota legislatif. Setiap caleg dengan rekam jejak yang buruk seperti pelanggaran HAM dan korupsi tentunya tidak diperbolehkan menjadi calon anggota legislatif. Hal ini akan membawa dampak positif dalam upaya pemberantasan korupsi di tingkat legislatif.

6. Contoh teks eksposisi Singkat Tentang Politik

contoh teks eksposisi globalisasi pasar internasional

Judul: Manfaat dari adanya WTO

Tesis:

Globalisasi telah mempengaruh kondisi pasar internasional. Semua negara turut merasakan dampak perubahan pasar internasional yang tidak menentu. Diperlukan liberalisasi dalam perdangan untu mengatasi hal tersebut sehingga daya saing ekonomi dalam perdagangan internasional dapat meningkat.

Argumentasi:

Indonesia merupakan negara yang memiliki sistem perekonomian terbuka. Sistem perekonimian terbuka adalah sistem yang sulit untuk beralih dari dinamika perubahan ekonomi global internasional. Hal ini menyebabkan pasar domestik Indonesia tidak bisa lepas dari gejolak pasar dunia yang hingga kini semakin liberal. Oleh karena itu, Indonesia bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO).

Penegasan ulang:

Merupakan satu-satunya organisasi perdangan internasional, WTO mempunyai fungsi khusus untuk membantu memecahkan permasalahan perdagangan antar negara. WTO berperan dalam meminimalisir segala permasalahan berkaitan dengan perdagangan internasional.

7. Contoh teks eksposisi Perbandingan

Perbandingan Ilmu Alam dan Sosial

Judul: Perbandingan Ilmu Alam dan Sosial

Tesis

Ilmu merupakan keseluruhan usaha sadar untuk menggali dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi fakta dan kenyataan di alam manusia. Ilmu juga bisa diartikan sebagai suatu pemahaman yang didapatkan manusia lewt penelitian atau penemuan yang secara sisitematis tersusun sehingga dapat diuji dengan metode yang tepat. Manfaat ilmu yaitu mampu membedakan baik hal yang benar maupun salah. Ilmu dikategorikan dalam 2 kelompok yaitu ilmu sosial dan ilmu alam.

Argumentasi:

Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari objek-objek secara empiris di alam semesta. Ilmu alam menganggap objek-objek tertentu serupa satu sama lainnya, objek yang diperlajari tidak akan mengalami perubahan baik dari perspektif tempat, waktu.

Ilmu alam meyakini bahwa setiap gejala adalah suatu kejadian yang memiliki sifat kebetulan. Sedangkan Ilmu sosial merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan manusia meliputi, tingkah laku, ciri khasnya maupun bagaimaan hubungan dengan orang lain yang terjadi baik secara bersama maupun perseorangan baik dalam jumlah besar mapun kecil.

Berbeda dengan ilmu alam, ilmu sosial memiliki objek material berupa tingkah laku manusia yang tidak deterministik dan bebas. Objek penelaah ilmu sosial diantaranya yaitu objek penelaah yang berdasarkan pengamatan karena objek senantiasa berubah dan bersifat kompleks.

Penegasan ulang:

Perbedaan ilmu sosial dan ilmu alam sangat tampak pada bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu sosial terkait hasil akal manusia yang emotif dan subjektif. Sedangkan ilmu alam berhubungan dengan hal-hal yang bersifat objektif, dunia fisik dan tidak hidup sehingga terus-menerus mengalami perubahan pada jangka waktu tertentu. Namun, keduanya mempunyai manfaat yang sama yaitu berperan dalam keberlangsungan hidup manusia.

8. Contoh teks eksposisi Analisis

Penyebab tanah longsor

Judul: Penyebab tanah longsor

Tesis:

Tanah longsor merupakan proses terjadinya perpindahan meterial dalam pembentukan lereng yang berupa tanah, bahan rombakan, bahan batuan. Proses tersebut bergerak ke bawah maupun keluar lereng. Tanah longsor termasul salah satu bencana alam yang berdampak buruk bagi kehidupan di sekitarnya.

Argumentasi:

Beberapa faktor terjadinya tanah longsor disebabkan faktor manusia dan faktor alami. Perubahan musim dari kemarau ke musim hujan adalah salah satu faktor alami penyebab tanah longsor. Saat musim kemarau tiba tanah menjadi kering karena proses penguapan. Hal ini menyebabkan keluarnya pori-pori tanah. Lalu, saat hujan turun, air mulai masuk ke dalam retakan hingga terjadilah longsor. Terdapat pula beberapa faktor non alami karena perbuatan manusia. Misalnya, adanya beban tambahan di bagian lereng dan beban kendaraan yang membuat gaya dorong semakin besar. Tanah lorong sering kita jumpai di daerah gundul karena fungsi penyerapan air yang mengalami kerusakan.

Penegasan ulang:

Bencana tanah longsor merugikan mahluk hidup disekitarnya. Hal ini disebabkan faktor manusia dan faktor alami. Faktor alami diantaranya pergantian musim, lereng yang terjal dan batuan yang kurang kuat. Sedangkan faktor manusia disebabkan oleh ulah manusia yaitu pembungan sampah, beban tambahan tanah akibat kendaraan dan bangunan. Oleh karena itu, kita harus mencegah terjadinya bencana alam dengan mengurangi faktor yang disebabkan oleh ulah manusia.

9. Contoh teks eksposisi Klasifikasi

Contoh teks eksposisi ini berdasarkan klasifikasi. Yang dituliskan kali ini produk jurnalistik. Untuk mengetahui lebih lengkap? Simak selengkapnya. Produk Jurnalistik

Judul: Produk Jurnalistik

Tesis:

Jenis produk jurnalistik terdiri dari surat kabar, majalah, tabloid, bulletin, radio, media on line dan televisi. Majalah, tabloid dan surat kabar dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu opini, berita dan iklan. Namun, dari tiga kelompok besar tersebut hanya opini dan berita yang bisa disebut produk jurnalistik. Meskipun teknik yang digunakan sesuai dengan teknik jurnalistik, iklan bukan termasuk produk jurnalistik. Baca juga related informasi tentang contoh PENTING:

  1. Contoh kata pengantar
  2. Contoh surat lamaran kerja
  3. Contoh daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
  4. Contoh surat keterangan kerja
  5. Contoh pengunduran diri /resign
Argumentasi:

Berita dikategorikan dalam 6 kelompok meliputi berita menyeluruh, berita langsung, berita mendalam, berita penyelidikan, pelaporan mendalam, berita gambar dan berita khas bercerita. Untuk opini dikategorikan dalam 7 kelompok yaitu surat pembaca, esai, kolom, artikel, pojok, karikatur dan tajuk rencana.

Penegasan ulang:

Agar berita dan opini dapat terpisah maka dilakukan pemisahan secara tegas antara opini dan berita yang dilakukan berdasarkan etika dan konsekuensi dari norma luhur jurnalistika.

10. Contoh text eksposisi Lingkungan Alam

Hilangnya Hutan Lindung dan Pemanasan Global

Pemanasan global adalah kondisi di mana suhu bumi kian hari kian panas. Adanya pemanasan global menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti menipisnya lapisan ozon dan menyebabkan masuknya sinar ultraviolet ke bumi secara langsung. Keadaan ini menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang terus mencair.

Adanya pemanasan global sendiri terjadi karena banyak gas karbondioksida yang terdapat di atmosfer bumi dan menjadikan lapisan ozon semakin menipis. Kadar gas karbondioksida yang ada di bumi tidak sebanding dengan jumlah pohon yang ada di sekitarnya. Padahal keberadaan pohon-pohon inilah yang dapat menyerap karbondioksida.

Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan suhu di bumi tergolong parah.

Pemanasan global terjadi karena banyaknya jumlah karbondioksida yang ada pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida tersebut berasal dari asap pabrik atau kendaraan bermotor. Jika melihat sekeliling, tentu banyak pabrik yang beroperasi, sehingga karbondioksida semakin meningkat. Hal ini sebatas di Indonesia, belum lagi yang ada di negara-negara industri. Negara industri tentu mempunyai pabrik dalam jumlah besar. Bayangkan, seberapa banyak karbondioksida yang berasal dari aktivitas tersebut.

Negara industri tersebut sudah selayaknya mengatasi karbondioksida yang keluar dari aktivitas pabrik yang terjadi. Keadaan ini diperparah dengan hutan dunia yang semestinya dapat mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak lagi menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal ini karena banyaknya pohon yang ditebang, di samping banyaknya penebangan pohon yang dilakukan secara liar.

Pemanasan global yang tengah terjadi di bumi beberapa tahun terakhir semakin parah, karena semakin banyak pabrik yang beroperasi dan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat. Hal ini diperburuk dengan adanya hutan yang berfungsi mengurangi pemanasan global dengan mengurangi emisi, justru belakangan ditebang secara liar untuk mendapatkan lahan baru.

Disamping penebangan hutan, alih fungsi hutan juga dapat menjadi hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alih fungsi hutan lindung menjadi jenis hutan konservasi pun telah banyak dilakukan di negara ini, sebagai upaya pemulihan.

11. Contoh text eksposisi Berita

Maraknya Hoaks Menjadi Tantangan POLRI

Menjelang tahun politik, kini banyak bermunculan berita-berita hoaks. Karenanya, Irjen Pol Gatot Pramono, Ketua Satgas Nusantara, mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam memanfaatkan sosial media.

Edi menyatakan dalam diskusi “Refleksi Akhir Tahun: Memperteguh Komitmen Kebangsaan dalam Tahun Politik”, media konvensional lebih terpercaya dibandingkan dengan media sosial.

Edi menyebutkan bahwa terdapat media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang memiliki tujuan tertentu, termasuk menyebarkan hoaks. Hal tersebut menjadi tantang tersendiri bagi POLRI guna mencegah beredarnya hoaks yang terdapat di media sosial.

Di sisi lain, Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), menyesalkan kalau belakangan tahun politik ini menjadi tempat memecah belah masyarakat.

Zanubi mengatakan, sebagian besar energi masyarakat Indonesia selama tahun 2018 terserap dalam atmosfer kampanye. Faktanya, kita hanya menyaksiskan narasi kampanye yang dipenuhi dengan hoaks, fitnah, kampanye hitam, perdebatan dan ujaran kebencian yang minim data dalam sepanjang tahun politik tersebut.

Zanubi mengakui bahwa fokus masyarakat saat ini adalah pilkada serentak dan persiapan Pilpres 2019. Jargon dan kampanye politik lebih menonjolkan politik identitas dan SARA. Zanubi berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah persatuan bangsa.

Rawan Banjir di Seluruh Jakarta

Puncak musim hujan umumnya di bulan Februari 2016. Namun ternyata kini, beberapa wilayah di Jakarta mulai tergenang banjir ketika hujan deras melanda. Karena itu, warga harus selalu bersiap akan kemungkinan genangan dan banjir yang terjadi.

Menurut data, terdapat 134 RW yang harus diwaspadai akan terkena banjir. Wilayan tersebut tersebar di 34 kelurahan di Jakarta, baik di daerah Timur hingga Selatan.

Kondisi ini direspon Muspikot Jakarta Timur. Sebagai langkah antisipasi datangnya musim penghujan, akan dilakukan apel siaga banjir. Serta mengerahkan 347 personel untuk menghadapi banjir.

Beberapa perlengkapan tambahan, berupa perahu karet, kano, perahu rakitan yang terbuat dari jerigen dan kayak telah dipersiapkan guna evakuasi para korban banjir.

12. Contoh text eksposisi Ekonomi

Kegiatan Rakyat Dalam Menjalankan Ekonomi

Rakyat Indonesia memiliki kegiatan ekonomi rakyat, yang dikenal dengan ekonomi rakyat. Bila dihubungkan dengan para pekerja tani, maka ekonomi ini berarti kegiatan para petani garam, petani sawah, peternak hingga nelayan kecil. Namun, kegiatan ini bukan untuk para petani dengan lahan besar, peternak atau perkebunan besar.

Ekonomi rakyat banyak dijuluki berdasarkan perspektif lain, yaitu ekonomi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jargon inilah yang memiliki makna dan arti tersendiri.

Dalam ungkapan dari rakyat berarti bahwa setiap kegiatan dilakukan dengan ekonomi tersebut berhubungan dengan sumber daya ekonomi dan aksesibilitas yang diberikan dari rakyat.

Rakyat memiliki hak serta menguasai sumber daya yang digunakan untuk mendukung seluruh kegiatan konsumsi dan produksi. Sementara jargon oleh rakyat, memiliki arti sebagai proses dari produksi dan konsumsi yang ditetapkan oleh rakyat sendiri.

Hal ini karena rakyat memiliki hak produktif dan konsumstif dari pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut. Berkaitan dengan pengelolaan sumber daya, sehingga rakyat bebas menentukan dan memilih sistem pemanfaatan. Contoh, bagaimana proses dari pemanfaat tersebut dapat menjaga kelestarian dari proses pemanfaatan selanjutnya.

Jargon untuk rakyat memiliki makna bahwa rakyat merupakan beneficiaries penting dalam kegiatan ekonomi konsumsi dan produksi. Sehingga, seluruh rakyat dapat menerima manfaat untuk kepentingan rakyat itu sendiri. Karenanya, rakyat dan pemerintah selalu berusaha untuk mempertahankan ekonomi kerakyatan yang telah dikenal sejak dulu.

Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa ekonomi rakyat, sangat berhubungan dengan siapapun yang terlibat dalam melakukan kegiatan transaksi dengan non ekonomi rakyat. Karenanya, tidak ada pembatasan mengenai jenis produk, modal, sifat usaha, besaran usaha dan yang lainnya.

Ekonomi rakyat, tidak memiliki sifat yang eksklusif namun terbuka. Namun terdapat sifat fundamental yang telah disebutkan di atas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang sesuai dengan adanya kesepakatan, norma, peraturan transaksi dan pelaku ekonomi. Hal tersebutlah yang mampu memfasilitasi kegiatan ekonomi rakyat untuk berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakat dalam hal ekonomi.

13. Contoh text eksposisi Pendek

Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Sejak dahulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Rupanya, manfaat tanaman ini sangat beragam, tidak terbatas pada menyuburkan rambut, dengan memanfaatkan gel yang terdapat pada daunnya. Namun bagian-bagian lainnya dapat bermanfaat untuk bagian tubuh manusia yang lainnya. Walaupun sejak dulu diketahui memiliki banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang menguntungkan. Karena banyaknya manfaat yang akan didapat melalui pemanfaatan Lidah Buaya.

Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat yang terdapat pada tanaman lidah buaya. Beberapa manfaat yang dimaksud akan disampaikan dibawah ini.

– Lidah buaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan luka.

– Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, baik untuk luka karena terbakar ataupun karena cedera.

– Lidah buaya dikenal pula dengan anti-inflamasi, yang memperlambat peradangan. Karena lidah buaya memiliki asam lemak, caranya adalah mengoleskan gel lidah buaya secara berkala.

– Satu lagi manfaat dari lidah buaya adalah meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi. Di mana, lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi sembelit.

Sudah sangat jelas, bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Namun dapat dimanfaatkan pula sebagai makanan alami yang menyehatkan. Hal ini pun mengingatkan bahwa alam telah menyediakan segala sesuatunya untuk kita.

14. Contoh text eksposisi Ilustrasi

Pandai Menggunakan Smartphone dalam Aktivitas Harian!

Smartphone atau ponsel pintar merupakan benda yang memberikan berbagai manfaat untuk manusia. Smartphone bahkan telah dikenal sebagai kebutuhan bagi manusia dibandingkan sebagai pelengkap. Smartphone digunakan dalam setiap harinya, untuk membunuh kebosanan atau menjalankan berbagai kegiatan harian. Keberadaan ponsel pintar, membuat manusia lebih mudah dalam melakukan segala hal.

Smartphone memiliki kelebihan untuk hal-hal positif bagi manusia. Adanya kecanggihan pada ponsel pintar, melalui aplikasi membuat kemudahan manusia dalam melakukan aktivitas. Aplikasi dalam handphone pintar jenisnya beragam. Aplikasi dapat berupa games, media sosial, office yang mampu mempermudah pekerjaan kantor atau aplikasi lainnya.

Pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu singkat, sehingga pekerjaan dapat terasa ringan. Walaupun demikian, penggunaan smartphone seharusnya digunakan dengan bijak. Karena penggunaan smartphone secara berlebihan dapat sebabkan masalah pada tubuh. Sayangnya, hal ini tidak banyak disadari oleh pengguna, sehingga penggunaan tetap dilakukan secara sembarangan.

Smartphone tersebut menggambarkan bagaimana kita harus mampu mengoptimalkan seluruh prioritas, untuk pekerjaan. Sebagai pengguna smartphone kita juga harus memperhatikan dan kemampuan kita dengan baik. Agar tubuh selalu stabil dan tidak mudah untuk terjangkit penyakit. Kebanyakan memainkan handphone dapat menyebabkan kendala pada tubuh.

Sebut saja penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Terlebih jika penggunaan handphone dilakukan selama berjam-jam tanpa berhenti. Lebih dari kerusakan mata, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kendala pada jari jemari. Karena kram atau karena mengalami kendala lainnya.

Hal lain yang dapat terjadi dalam penggunaan smartphone berlebihan adalah handphone kehilangan fungsinya. Bila ponsel telah kehilangan fungsi utamanya, maka seluruh layanan yang ada didalamnya, tidak lagi dapat dimanfaatkan. Satu-satunya cara untuk menyelesaikannya adalah mencari ponsel baru atau memperbaiki kerusakan yang ada, yang tentu biayanya akan cukup besar.

Maka dari itu, mengatur stamina tubuh akibat aktivitas harian dan pekerjaan adalah hal penting. Hal ini berkaitan dengan mengatur kesehatan kita pribadi. Untuk itu, selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh dengan cara memaksimalkan kinerja gerak otot dan otak. Serta, menjaga stamina dengan minimal melakukan olahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu.

15. Contoh text eksposisi Pertentangan

Orang Gemar dan Tidak Gemar Bersepeda

Belakangan ini banyak orang yang memilih berolahraga dengan mengendarai sepeda. Alasannya karena olahraga ini tidak akan bersentuhan dengan orang lain sesuai anjuran pemerintah. Sekaligus dapat refreshing atau sekedar melepaskan penat karena kesibukan harian. Orang gemar bersepeda, umumnya adalah orang yang memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungan dan alam sekitar.

Ciri-ciri umum karakteristik ini didukung pula dengan sifat bersih, tidak suka membuang sampah sembarangan dan mencintai tanaman. Tidak jarang, orang-orang ini memiliki kegiatan aktif dalam pelestarian lingkungan. Sehingga memiliki concern tersendiri pada isu-isu alam dan tidak heboh jika terjadi isu-isu penyalahgunaan yang terjadi pada alam.

Hal ini berlaku sebaliknya, di mana terdapat orang yang tidak pernah bersepeda. Kebanyakan orang di kota lebih nyaman dengan berkendara atau diantar dengan mobil di jalan raya yang halus. Saat panas terik tidak menjadi masalah karena berada di mobil yang memiliki pendingin ruangan.

Saat orang-orang ini bertemu dengan jalan yang sempit dan kasar, seperti di pedesaan, akan muncul komplain. Karena merasa kurang nyaman seperti yang dirasakan di kota. Terbiasa dengan fasilitas yang nyaman, membuat mereka terlena. Hingga tidak ingin untuk keluar dari zona nyaman dan lebih memilih acuh dengan orang lain.

Berbeda dengan orang yang hobi bersepeda, orang yang tidak gemar bersepeda lebih senang menyendiri. Orang-orang ini lebih senang untuk tidak keluar dari ruangan yang telah dipenuhi fasilitas. Karenanya, orang-orang ini lebih acuh terhadap lingkungan dan tidak perduli dengan keberadaan orang sekitar. Namun secara bersamaan, orang-orang inilah yang akan ramai saat membahas isu-isu terkait dengan lingkungan sekitar.

Perbedaan orang yang gemar bersepeda dan orang yang tidak suka bersepeda, nampak jelas bagai neraka dan surga. Oleh karena itu, marilah kita menjadi orang yang gemar untuk bersepeda. Sembari turut peduli terhadap lingkungan saat kita melewatinya. Karena melalui bersepeda, kita dapat melihat keadaan sekitar, sekaligus meningkatkan kepekaan atas perubahan-perubahan yang terjadi pada alam sekitar.

16. Contoh text eksposisi Hewan

Lingkungan Sekolah

Lebah adalah hewan yang menghasilkan Madu. Hewan ini termasuk dalam familia Apidae dan termasuk sebagai kelompok serangga. Namun anda tidak boleh memandangnya sembarangan karena badannya yang mungil. Karena Lebah inilah yang memiliki banyak manfaat dari sarangnya, yaitu cairan yang dihasilkan (madu). Semuanya memiliki manfaat tinggi dengan nilai ekonomis yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Lebah memiliki beragam manfaat untuk manusia. Salah satunya yang berasal dari cairan madu. Madu yang dihasilkan oleh Lebah memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Karena Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin yang beragam. Lebih dari itu, madu memiliki kandungan enzim yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Selain madu, Lebah memiliki bee pollen yang bermanfaat untuk tubuh. Sebut saja bee pollen dapat mengobati varises, radang sensi dan masalah kesehatan lainnya. Karena manfaatnya cukup beragam, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Walaupun di pasar, harga bee pollen tidaklah murah.

Lebah juga memiliki royal jelly yang merupakan makanan dari ratu lebah. Royal jelly memiliki manfaat untuk menjaga stamina dan melengkapi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh. Karenanya, cocok untuk anda yang memiliki aktivitas dan pekerjaan yang padat. Karena beragam manfaatnya, kini masyarakat lebih memilih madu dengan royal jelly untuk dikonsumsi.

Produk lain yang dihasilkan oleh Lebah adalah propolis. Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan, seperti tunas pohon. Propolis mengadung bioflanoid dan vitamin, mineral, lainnya. Di mana, seluruh vitamin dan mineral ini berguna untuk metabolisme tubuh yang dapat menjadi antibiotik serta menjadi anti peradangan yang alami.

Beragam kandungan vitamin, enzim dan mineral dalam dalam produk yang dihasilkan oleh Lebah, akan memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini dapat dirasakan dalam beberapa produk yang dihasilkan Lebah, seperti royal jelly, bee pollen, propolis dan madu. Karenanya, Lebah tidak lagi menjadi musuh bagi manusia namun menjadi teman dan memberikan banyak manfaat.

17. Contoh text eksposisi Singkat Tentang Lingkungan

Lingkungan Sekolah

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengutamakan kemampuan siswa dengan memadukan kemampuan personal. Dengan kata lain, pendidikan yang mencoba untuk memperdalam potensi diri individu setiap siswa. Pendidikan karakter sangat penting untuk memperdalam bakat tersembunyi yang ada dalam diri siswa. Karena tidak semua siswa memiliki bakat di bidang yang sama antara satu dengan yang lainnya.

Siswa yang tidak pandai dalam kemampuan akademik, bentuk tentu bodoh. Tetapi siswa tersebut dapat saja mempunyai kemampuan di bidang lainnya. Melalui pendidikan karakter, seseorang tidak dilihat dari kepintarannya, dalam kemampuan akademik. Guru tidak diperkenankan untuk menjustifikasi bahwa seorang siswa dianggap bodoh, bila tidak pandai dalam kemampuan akademik.

Tidak hanya guru, bahkan orang tua menganggap anaknya kurang pandai jika tidak memiliki nilai yang baik. Orang tua bahkan memberikan kesempatan bagi anak untuk memperbaiki nilai dengan memasukan anak pada pelajaran-pelajaran tambahan. Tanpa memperhatikan bagaimana anak dapat bersosialisasi dengan manusia lainnya.

Kurikulum 2013 adalah sebuah usaha pemerintah dalam mewujudkan pendidikan karakter. Melalui kurikulum ini, pemerintah berusaha memperdalam kemampuan katakter siswa. Sebut saja, karakter untuk dapat bertoleransi kepada suku, kebudayaan, agama dan yang lainnya. Mengingat, Indonesia adalah negara yang beragam. Didalamnya, terdapat berbagai budaya, kepercayaan, agama dan bahasa, sehingga sikap toleransi harus diperkenalkan sejak dini oleh anak.

18. Contoh text eksposisi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan Hidup

Pada zaman milenial seperti sekarang ini, membuang sampah sembarangan ke sungai, nampaknya telah menjadi hal yang lumrah. Banyak orang-orang di kota membuang sampah kemanapun mereka suka. Ini terbukti dari banyaknya jumlah saluran sungai yang terhalang oleh banyaknya sampah. Hampir setiap saat, keadaan ini dapat menjadi penyebab terjadinya banjir.

Sebagian pengamat lingkungan menyimpulkan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah sembarangan di sungai terus bertambah. Manusia kurang menyadari bahwa bencana banjir yang menimpa dikarenakan oleh tingkah laku sendiri, bukan semata-mata karena curah hujan yang meningkat. Sebut saja salah satu penyebabnya adalah karena manusia membuang sampah secara sembarangan. Tempatnya sembarangan, baik di bantaran kali ataupun tempat-tempat lainnya.

Kebanyakan masyarakat hanya menyalahkan orang lain, ketika bencana terjadi dan menimpanya. Padahal, kesalahan utama yang terjadi ada pada diri sendiri. Ada pula yang menyalahkan pemerintah dan meminta pertanggung jawabannya untuk menanggulangi banjir dengan sesegera mungkin.

Tidak jarang, bencana banjir menelan korban, baik korban yang mengalami luka-luka, namun juga korban meninggal dunia. Banjir pun terkadang menimbulkan korban dan kerugian berupa harta benda. Namun hal ini tidak serta merta membuat masyarakat kota tersadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Serta terus menerus melakukan kebiasaan untuk melakukan buang sampah sembarangan.

Berkaca akan hal ini, manusia setidaknya harus sadar bahwa bencana banjir terjadi karena ulah diri sendiri. Manusia harus sadar untuk menjaga kedisplinan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hilangkan kebiasaan untuk membuang sampah ke sungai, agar tidak merugikan orang lain, diri sendiri dan lingkungan.  Hal ini akan membuat saluran air sungai dan parit berjalan lancar serta tidak menimbulkan banjir yang membahayakan.

Tambahkan pula kebiasaan untuk menanam pohon, agar air yang meluap dapat segera terserap ke tanah. Tidak perlu terlalu banyak, karena sedikit tanaman dapat bermanfaat besar. Tidak hanya untuk banjir, namun tetap menjadi kualitas udara di sekitar rumah. Serta menambah keindahan lingkungan di sekitar rumah.

19. Contoh text eksposisi Definisi

Pisang

Pisang merupakan sebuah tumbuhan yang biasa ditemukan tumbuh di sekitar rumah warga. Tanaman ini biasanya diambil buahnya, untuk dimakan secara langsung ataupun diolah sebelumnya. Buah pisang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, karena memiliki kandungan vitamin yang lengkap. Selain itu, terdapat kandungan mineral dan karbohidrat. Sedangkan bagian tumbuhan lainnya, seperti daun, hati, kulit hingga bonggolnya memiliki manfaat masing-masing untuk kesehatan.

Daun pisang biasa dimanfaatkan masyarakat untuk membungkus makanan ataupun membungkus tempe. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan dan nyatanya memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun pisang memiliki zat polifenol yang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Karenanya saat membungkus makanan dengan daun pisang, maka makanan yang dibungkus dapat menyerap kandungan antioksidan tersebut.

Masyarakat pedesaan akan memanfaatkan jantung pisang yang telah dipotong dari dahannya untuk dimasak. Kebiasaan ini telah menjadi turun menurun, jatung pisang mengandung flavonoid dapat menangkal radikal bebas dan pemicu kanker. Jantung pisang pun memiliki kandungan mineral, serat, fosfor, vitamin C, zat besi dan protein. Hal ini memberikan beberapa manfaat, seperti mencegah stroke dan menurunkan kolesterol.

Hati pisang, bonggol pisang dan gedebok pisang muda yang umumnya dibuang, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat tanin dapat digunakan sebagai antiseptik, kalium yang dapat melancarkan buang air kecil. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A, C, B, zat gula, air dan zat tepung. Biasanya bagian ini dibuat sebagai keripik ataupun sayur.

Kulit pisang umumnya dibuang oleh manusia. Namun rupanya, ekstrak kulit pisang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Namun, kulit pisang pun dapat dimanfaatkan untuk menjaga mood.

Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, baik dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya terlebih dahulu. semestinya, saat memanen buah pisang, bagian pisang yang lainnya pun dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Melalui pengetahuan manfaat dan cara pengolahannya, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk lahan usaha ataupun keperluan pribadi.

20. Contoh text eksposisi Identifikasi

Penyelewengan

Pergolakan politik di Indonesia, semakin hari membuat masyarakat semakin resah. Padahal, seharusnya aktivitas politik ini ditujukan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik. hal ini bukan berarti tidak ada aktivitas politik yang bernuansa politik. Namun kini, aktivitas politik dominan diwarnai dengan nuansa negatif yang dapat memecah belah persatuan NKRI. Utamanya jika RAS dan agama dijadikan sebagai kendaaraan politik.

Saat ini, perang politik dengan kendaraan agama justru tidak pernah padam. Ditambah pasca vonis penjara yang dijatuhkan kepada Ahok. Media massa yang terus meliput peristiwa ini justru membuat masyarakat semakin jengah dan panas melaihat aksi saling hujat antar pihak yang dimulai oleh ormas anti Ahok dan dilanjutkan oleh masyarakat luas.

Senteral apapun usaha pemerintah dalam menegakkan hukum dan demokrasi, atas permintaan rakyat justru menjadi bumerang. Karena masih ada banyak pihak yang menuduh bahwa Jokowi ingin balas dendam atas vonis yang menimpa Ahok (Basuki Tjahaja Purnama).

Tidak hanya itu, pertikaian politik antar partai politik di kursi DPRD hingga DPR, yang mengatasnamakan rakyat. Namun hanya berujung pada kepentingan ekonomi kelompok tertentu (korupsi) juga turut mewarnai keruhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Sekali lagi masyarakat ditempatkan pada sebuah harapan kelabu. Untuk memiliki pemerintah yang solid dan kompak untuk bekerja seluruhnya demi kesejahteraan rakyat.

Namun yang sebenarnya berbahaya namun sulit disadari adalah situasi politik saat ini mirip dengan apa yang terjadi di zaman kolonial. Di mana, terdapat politik adu domba ala VOC dengan perbedaan pada bentuk ataupun kasusnya. Tentu, hal ini merupakan ancaman bagi keutuhan NKRI dan ancaman bagi keberadaan kaum minoritas.

Sebelum hal-hal buruk akan terjadi dengan situasi politik yang mengarah ke perpecahan. Masing-masing individu tidak boleh ego dan memikirkan kepentingan hari ini semata. Namun memikirkan kehidupan di masa depan yang jauh lebih indah dengan adanya rasa cinta kasih, persatuan dan kesatuan. Hilangkan semua amarah, keserakahan dan imaji-imaji palsu akan kebenaran tunggal.

21. Contoh text eksposisi Laporan

Tingginya Minat Mendaftar di Sekolah Menengah Kejuruan

Sekolah di SMA kini tidak menjadi satu-satunya pilihan setelah lulus dari tingkat SMP. Kini telah hadir SMK yang menjadi pilihan para orang tua dan siswa/I. Minat mendaftar untuk bersekolah di SMK kini bahkan memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan sekolah di SMA. Tidak heran, karena banyak jurusan yang dapat menjadi pilihan, dibandingkan bersekolah di SMA. Karenanya, kini telah bermunculan sekolah-sekolah SMK swasta, untuk menampung seluruh minat siswa/i.

Perkembangan pemikiran rasional siswa SMK, cukup menarik perhatian. Pasalnya, para siswa dituntut untuk memikirkan apa kelanjutannya setelah usai bersekolah. Dari berbagai macam jenis jurusan yang ada di SMK, siswa diberikan kebebasan untuk dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya. Jumlah sekolah berbasis kejuruan dan jurusan-jurusan baru pun terus bertambah dalam setiap tahunnya.

Murid-murid kelas 12 SMK yang akan lulus sekolah, rata-rata memiliki usia 18-20 tahun. Usia ini dinilai wajar, untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini didukung dengan adanya SMK yang membuka jurusan yang lebih lengkap dari sebelumnya. Berbagai jenis profesi dihasilkan dari lulusan SMK, karena lulusan inilah yang mampu memanfaatkan dan membaca berbagai peluang yang terdapat di masyarakat.

Sebut saja diantaranya jurusan Teknik Komputer Jaringan, yang memiliki prospek untuk menjadi bagian dari teknisi lapangan. Jurusan lain seperti akuntasi dapat menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan sebagai staff akuntasi. Serta, bukan tidak mungkin, nantinya siswa/I SMK yang telah lulus, memiliki kesempatan untuk dapat melanjutkan perkuliahan setelah atau sembari bekerja.

Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa setiap tahunnya peminat SMK selalu mengalami peningkatan, dibandingkan minat untuk bersekolah di SMA. Tidak hanya itu, biaya bulanan di SMK lebih rendah dibandingkan biaya bulanan di SMA. Ilmu yang didapat di SMK pun, dapat diterapkan secara langsung di masyarakat. Di mana, siswa/I tidak perlu melewati fase kuliah yang panjang, seperti yang harus dilalui oleh setiap siswa/I SMA.

Nah, demikian ulasan tentang 21 contoh teks eksposisi tentang pendidikan, kesehatan, sekolah, lingkungan, politik, singkat, perbandingan, analisis, klasifikasi, lingkungan alam, ilustrasi, hewan, berita, pendek, laporan, ekonomi, defenisi, pertentangan dan identifikasi. Semoga kumpulan contoh-contoh di atas bermanfaat untuk Anda. Semangat mengerjakan tugasnya.

error: Content is protected !!