Prospek Pekerjaan Teknik Sipil

Teknik sipil adalah jurusan kuliah yang didalamnya membahas tentang Teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan dan juga tentang renovasi bangunan dan fasilitas umum. Dalam berbagai aktivitas di teknik sipil, para  pelakunya juga wajib memperhatikan fungsi dan juga fasilitas yang dibangun untuk masyarakat.

Masih ada diantara banyak masyarakat tentang hal yang membedakan antara Arsitektur dan juga jurusan Teknik Sipil. Perbedaanya adalah jurusan kuliah di arsitektur  memfokuskan pada bagaimana cara merancang bentuk bangunan yang menawan dengan memperhatikan rfisien dan efektifitas penggunanya. Sedangkan jurusan kuliah Teknik sipil biasanya akan menjadi pelaksana dari rancangan yang telah dibuat seorang Arsitek.

Teknik sipil

Dalam mengambil eksekusi di lapangan tersebut, seorang ahli teknik sipil juga harus menguasai teknik manajemen kerja dan juga memastikan penggunaan sumber daya dalam proses perancangan pembangunan yang dilakukan secara efisien dan efektif. Ilmu dari teknik sipil sendiri juga membahas tentang perawatan dan maintanance yang menunjang daya tahan suatu bangunan.

Jurusan Kuliah teknik sipil di berbagai Universitas di Indonesia memiliki jenis mata kuliah yang beragam. Itu tergantung kebijakan dari pihak universitas masing – masing. Dalam teknik Sipil sendiri terdapat banyak sekali cabang ilmu diantaranya seperti ilmu struktur, teknik trasportasi, teknik hidrologi, geoteknik dan manajemen konstruksi.

  • Ilmu Infrastruktur

Ilmu ini membahas tentang cara membangun dengan aman dan sesuai kaidah dalam teknik sipil

  • Teknik Transportasi

Teknik Transportasi membahas tentang rekayasa transportasi perkotaan, bagian, bagian jalan dan juga proses pembuatan jalan.

  • Teknik Hidrologi

Ilmu ini membahas perilaku air, jaringan dan alur irigasi serta bangunan air seperti bendungan.

  • Geoteknik

Ilmu Geoteknik adalah ilmu yang membahas sifat – sifat tanah, jenis pondasi dan juga rekayasa pondasi.

  • Ilmu Manajemen Konstruksi

Membahas berbagai hal tentang pelaksanaan proyek, anggaran biaya dan juga waktu pelaksanaan proyek tersebut.

baca juga : Pendaftaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Trasportasi Darat Terbaru

Berikut ini adalah beberapa prospek lapangan kerja bagi jurusan teknik sipil :

Pegawai Negeri sipil

Institusi pemerintahan yang paling banyak membutuhkan Teknik Sipil adalah Kementerian Pekerjaan Umum yang tugasnya mengurusi berbagai hal yang terkait dengan pembangunan fasilitas dan infrastruktur negara.

Badan Usaha Milik Negara

Di perusahaan negara yang paling banyak menyerap teknik sipil seperti di Hutama Karya yang mengurusi jalan dan jembatan atau Waskita Karya dan Cipta Karya yang mengurusi perancangan serta pembangunan gedung.

Konsultan atau Kontraktor Bangunan

Pembangunan Konstruksi yang marak mengakibatkan lowongan kerja Konsultan atau kontraktor bangunan mempunyai banyak pilihan seperti drafter, Struktural Enginer, site enginer, Estimator dan lainnya.

Bidang Umum

Lulusan dari teknik sipil juga bisa di BUMN di bidang lain seperti Telkom, PLN. Jenis tugas yang dikerjakan semisal adalah perawatan atau pembangunan Prasarana tower telekomunikasi, bendungan untuk pembangkit listrik atau yang lain.

Selain itu juga bisa di sektor perbankan dengan tugas menganalisis visibilitas proyek yang akan dikerjakan dengan peminjaman uang. Demikianlah sedikit gambaran mengenai prospek kerja Jurusan Teknik sipil. Semoga bisa membantu anda dalam mencari referensi dan juga pengetahuan tentang teknik sipil.

Add a Comment