Pengertian dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja biasanya familiar bagi para fresh graduate yang sedang mencari-cari pekerjaan, karena bagaimanapun untuk bisa mendapatkan pekerjaan seseorang tentu harus melayangkan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Dan meskipun pembahasan mengenai surat lamaran kerja sudah diterangkan di bangku sekolah, tidak jarang orang-orang masih mencari referensi mengenai apa itu surat lamaran untuk kerja serta bagaimana cara membuatnya di internet.

Untuk teman-teman sekalian yang masih bingung cara membuat dan contohnya, maka kali artikel iniĀ  sudah ada. Silakan baca dan simak dibawah ini.

Nah, tulisan ini secara khusus akan membahas tentang kedua hal tersebut, yakni pengertian surat lamaran untuk kerja dan cara membuat surat lamaran kerja.

A. Pengertiannya

Sesuai dengan cara penyebutannya, surat lamaran kerja ialah surat dari individu atau seseorang yang dibuat dengan tujuan untuk melamar pekerjaan, karena individu atau orang tersebut membutuhkan pekerjaan. Jika ditinjau dari cara pembuatannya, surat lamaran kerja ini dibagi menjadi 2, yakni:

1. Model gabungan

Surat lamaran untuk bekerja ini digabung sekalian dengan daftar riwayat hidup. Sehingga sering juga disebut dengan model gabungan. [baca juga disini: contoh daftar riwayat hidup].

2. Model tidak di gabung / terpisah

Surat lamaran untuk bekerja yang tidak digabung dengan daftar riwayat hidup. Sehingga antara surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup ditulis dalam lembar yang berbeda.

Surat lamaran untuk kerja termasuk surat resmi atau surat dinas, sehingga dalam proses pembuatannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ada kaidah-kaidah yang harus diikuti. Agar Anda bisa lebih paham, Anda bisa melanjutkan membaca cara membuat surat lamaran kerja yang kami cantumkan di poin kedua di bawah ini:

B. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sedikit banyak surat lamaran bekerja juga menjadi bahan pertimbangan diterima tidaknya seorang pelamar kerja. Sehingga setiap pelamar kerja harus mengusahakan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Perhatikan detail kecil surat lamaran kerja, termasuk di dalamnya adalah penggunaan bahasa yang baik dan baku, penggunaan huruf serta struktur surat lamaran kerja.

Jika beberapa waktu yang lalu surat lamaran kerja lebih umum jika menggunakan tulisan tangan, berbeda halnya dengan masa sekarang dimana banyak perusahaan yang mensyaratkan surat lamaran kerja diketik menggunakan komputer.

Nah, bila perusahaan yang Anda maksud mensyaratkan agar surat lamaran kerja harus ditulis dengan tangan, maka Anda harus memastikan bahwa kertas yang Anda gunakan benar-benar bersih, tulisannya jelas serta tidak ada coretan. Namun, jika perusahaan yang hendak Anda tuju mensyaratkan surat lamaran kerja yang diketik, Anda bisa mengikuti 3 tips yang kami bagikan di bawah ini:

1. Gunakan font Times New Roman, font sizenya adalah 12pt
2. Gunakan kertas ukuran A4

Sebenarnya untuk tips yang kami sebutkan di atas, Anda bisa menyesuaikannya dengan permintaan perusahaan yang Anda maksud. Dan jika Anda sudah melakukannya, Anda bisa langsung mulai menulis surat lamaran kerja dengan cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Tuliskan pendahuluan surat resmi seperti biasanya yang meliputi tempat, tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat, lampiran, perihal, alamat yang dituju serta salam pembuka (dalam hal ini biasanya menggunakan kalimat: dengan hormat).

2. Tujuan surat

Untuk tujuan surat, Anda bisa langsung menyebut nama pimpinan perusahaan atau instansi jika memang Anda sudah mengetahui nama pemimpinnya, namun jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa menggunakan jabatannya.

3. Sumber lowongan

Tulis paragraf pertama yang isinya mencakup tentang sumber informasi lowongan kerja yang Anda dapat, posisi atau jabatan yang Anda inginkan serta alasan Anda menginginkan posisi tersebut.

4. Kata dan kalimat yang tepat

Sebaiknya Anda menggunakan kata saya dibandingkan kata aku atau kami.

5. Data pribadi

Tulis paragraf kedua yang sekaligus mencantumkan data pribadi Anda yang meliputi:
– Nama lengkap Anda
– Tempat serta tanggal lahir Anda
– Alamat Anda
– Nomor kontak Anda yang bisa dihubungi supaya perusahaan bisa lebih mudah menghubungi Anda jika ada sesuatu pemberitahuan penting berkenaan dengan surat lamaran kerja yang Anda berikan
– Alamat email jika memang ada
– Status perkawinan

6. Riwayat pendidikan

Sebutkan pula riwayat pendidikan Anda, baik itu pendidikan formal ataupun pendidikan informal untuk mendukung keahlian yang sudah Anda sebutkan di paragraf pertama.

7. Pengalaman, bila sudah pernah bekerja

Jika Anda sudah pernah bekerja di tempat yang lain sebelumnya, Anda juga bisa mencantumkannya sebagai pengalaman kerja Anda. Sebutkan dengan jelas lama Anda bekerja di tempat tersebut serta posisi yang sudah pernah Anda tempati. Ini bisa menjadi poin tambahan untuk Anda. Namun bagian ini bisa Anda lewati jika Anda belum pernah bekerja sebelumnya. [baca juga artikel lain: contoh surat keterangan kerja].

8. Lampirkan dokumen yang mendukung

Sertakan pula lampiran-lampiran yang mendukung pernyataan surat lamaran kerja Anda, yang bisa Anda sesuaikan dengan persyaratan yang sudah diberikan oleh perusahaan. Biasanya, lampiran-lampiran ini meliputi:
– Riwayat hidup
– Foto copy ijazah Anda yang terakhir
– Foto copy sertifikat yang Anda miliki dari kursus atau pelatihan jika ada
– Pas foto yang terbaru
– SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian

9. Penutup

Jika keenam poin tersebut sudah dilakukan, saatnya Anda menuliskan paragraf penutup. Dalam paragraf penutup ini, Anda bisa menyampaikan perasaan Anda bila akhirnya Anda diundang wawancara atau langsung diterima. Anda juga bisa menuliskan harapan Anda agar pihak perusahaan menerima Anda dalam paragraf penutup ini.

10. Berikan tanda tangan

Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan Anda serta nama terang Anda sebagai pelamar kerja di bawahnya.

Disini >> Contoh surat lamaran bekerja

Nah, itulah pengertian serta cara membuat surat lamaran untuk bekerja. Sekali lagi, pastikan Anda mencantumkan nomor kontak yang jelas dan mudah untuk dihubungi. Demikian ulasan tentang pengertian dan cara membuat surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

 

Sumber:
sarungpreneur.com/contoh-surat-lamaran-kerja/
dd-kalapanunggal.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-jenis-dan-unsur-unsur.html
contoh-surat-lamaran-kerjaku.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-dan-bagian-surat.html
suratlamaranbekerja.blogspot.co.id/2012/04/tentang-surat-lamaran-kerja.html

Add a Comment