Universitas Terbuka, Yuk Mari Mengenal Universitas Ini

Universitas Terbuka (UT) menjadi sebagian orang berhendak memilih untuk menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri.

Ya, mungkin kita sudah sering mendengar tentang Universitas Terbuka. Tentang sistem pendidikannya, lulusannya dan murahnya biaya yang dibebankan. Namun untuk mengetahui lebih lanjut untuk lebih mencitai, berikut ini akan disajikan beberapa hal mengenai Universitas ini agar semakin banyak masyarakat yang mengenalnya.

Mengenal Lebih Dekat Universitas Terbuka

Universitas Terbuka sendiri sebenarnya adalah Perguruan Tinggi Negri ke 45 yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, jadi sudah terhitung 32 tahun hingga kini. Universitas ini diresmikan berdasarkan Keppres No 41 tahun 1984. Dalam menjalankan pelayanannya di bidang pendidikan UT menawakan 4 fakultas yang dapat dipilih oleh calon mahasiswannya.

Keempat Fakultas itu ialah Fakultas Ekonomi (FEKOM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 2015 yang lalu, UT menyelenggarakan 34 program studi yangterdiri dari 28 Program Sarjana Non Pendas (25 Program Sarjana dan 3 Program Diploma), 2 Program Sarjana Pendas dan 4 Program Magister.

Baca juga: Pendaftaran Universitas Terbuka (UT)

Ingin tahu apa saja visi, misi dan tujuan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Terbuka?

Inilah kami sampaikan untuk Anda, jika berminat apa saja yang dibawakan visi, misi dan tujuan dari Universitas Terbuka.

Visi dan Misi Universitas Terbuka

Mengetatui lebih lanjut tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini, maka ada baiknya kita menilik pulavisi dan misi dari Universitas ini. Visi yang dimiliki oleh Universitas Terbuka dan menjadi penyemangat dalam karya pendidikan adalah pada tahun 2021, Universitas ini mampu menjadi PTTJJ yang berkualitas dunia dan menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori da praktek PTTJJ. Demikianlah visi yang ingin dicapai oleh Universitas Terbuka dalam bidang yang digelutinnya. Sedangkan Misi Universitas Terbuka sendiri terbagi dalam 3 poin.

  • Menyediakan akses pendidikan yang tinggi dan berkualitas bagi masyarakat melalui berbagai program PTTJJ yang menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi
  • Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ
  • Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

Tujuan Universitas Terbuka

Setelah mengetahui Visi dan Misi dari Perguruan Tinggi Negeri ini, maka selanjutnya perlu kita ketahui pula tentang tujua sebenarnya pendirian UT oleh pemerintah melalui Keppres. Tujuan UT dirumuskan dalam 8 poin berikut ini.

  • Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi seluruh lapisan masyarakat dengan penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/ professional yang mampu bersaing secara global.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang pendidikan berkelanjutan guna menciptakan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge based society)
  • Menghasilkan produk produk akademik dalam bidang PJJ, khusunya PTTJJ dan bidang keilmuan lainnya.
  • Meningkatkan kualitas da kuantitas penelitian dan engembangan system PJJ, khususnya PTTJJ.
  • Memanfaatkan dan mendiseinasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
  • Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsamelalui pelayanan pendidikan tinggi secara luas dan merata.
  • Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerjasama melalui kemitraan pendidikan dalam tingkat lokal, nasional dan global.

Dengan mengenal lebih jauh Universitas Terbuka, maka kita akan semakin tahu dan memahami tentang niat pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia terutama pada jenjang lanjutnya.

Add a Comment