Bidikmisi PMDK PN: Jadwal Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN 2017

Bidikmisi PMDK PN: jadwal pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN 2017. PMDK PN atau kepanjangannya Penulusan Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri. Kali ini bidikmisi ini berbeda dengan yang lainnya. Ini dikhususkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Politekni Negeri yang ada di Indonesia.

Detik-detik menjelang ujian nasional sudah sangat terasa. Semakin dekat Anda dengan ujian nasional, maka semakin dekat pula Anda dengan dunia perkuliahan. Tapi tentunya sebelum itu Anda perlu memutuskan dulu untuk kuliah di mana, dan berjuang dulu agar bisa masuk perguruan tinggi yang diinginkan, baik itu PTN maupun PTS.

Bagi Anda yang ingin sekali masuk PTN, maka banyak jalur yang bisa Anda tempuh, salah satunya adalah jalur PMDK PN. Dan apabila Anda lulus melalui jalur ini namun Anda tidak memiliki biaya untuk perkuliahan, maka Anda bisa mengajukan diri ke program Bidikmisi agar bisa mendapatkan dana bantuan selama proses perkuliahan.

Apa itu PMDK PN?

PMDK PN merupakan kependekan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri. PMDK PN ini adalah salah satu jalur seleksi undangan yang dilakukan oleh politeknik negeri se-Indonesia. Perlu diketahui bahwa tidak semua siswa yang akan lulus SMA bisa mengikuti PMDK PN. Kenapa? Karena PMDK PN hanya ditujukan bagi siswa-siswa berprestasi di masing-masing sekolah.

Siswa-siswa berprestasi ini harus memiliki prestasi yang stabil setiap semesternya, karena prestasi yang akan dilihat oleh panitia PMDK PN masing-masing politeknik negeri ini meliputi nilai raport dari kelas X sampai dengan kelas XII, serta prestasi non akademik lainnya.

Peserta PMDK PN merupakan siswa-siswa dari berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya dari golongan ekonomi mampu, namun yang tidak mampu pun memiliki kesempatan yang sangat lebar untuk bisa lolos PMDK PN dan mendapatkan undangan untuk bisa kuliah di politeknik negeri.

Nah, jika Anda berasal dari golongan ekonomi tidak mampu, maka Anda tidak perlu berkecil hati, karena akan banyak dana bantuan serta beasiswa setelah Anda jadi mahasiswa, salah satunya adalah program Bidikmisi. Yang terpenting Anda aktif mencari informasi dan bergaul dengan banyak orang. Sehingga informasi-informasinya sampai kepada Anda.

Lalu, sebenarnya apa itu Bidikmisi? Jadi begini, Bidikmisi merupakan program yang digulirkan oleh Dikti guna membantu para siswa dari golongan keluarga tidak mampu untuk bisa kuliah di perguruan tinggi, baik itu PTN maupun PTS. Ini dilakukan agar keluarga tidak mampu bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan memiliki pendidikian yang tinggi.

Dana bantuan Bidikmisi ini tentunya tidak diberikan kepada sembarang orang, hanya mereka dari keluarga tidak mampu dan memiliki prestasi sajalah yang akan diberi kesempatan. Dengan memiliki prestasi dan potensi akademik ini, diharapkan mereka bisa mengikuti perkuliahan dengan sebaik-baiknya dan bisa lulus tepat waktu tanpa ada kendala yang berarti.

Nah, penyaluran dana bantuan Bidikmisi ini nantinya akan disalurkan melalui banyak jalur penerimaan mahasiswa baru, yang meliputi SNMPTN, SBMPTN, UMPN, SM PTS, maupun PMDK PN. Kira-kira apa saja persyaratannya ya? Kita lihat saja yuk persyaratannya!

Apa saja syarat-syarat Pendaftaran Bidikmisi ini?

Untuk bisa mendaftar di program bantuan pendidikan Bidikmisi, maka Anda perlu memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak penyelenggara, dan di antara syarat-syarat itu adalah sebagai berikut!

1. Usia

Saat mendaftar, usia yang memenuhi syarat tidak lebih dari 21 tahun, karena di bawah usia inilah normalnya seseorang baru lulus SMA dan akan masuk kuliah.

2. Lulusan

Hanya siswa yang akan lulus di tahun 2017 atau tahun 2016 yang sesuai dengan kriteria perguruan tinggi sajalah yang bisa mendaftar Bidikmisi.

3. Memiliki prestasi akademik

Siswa harus memiliki prestasi akademik yang baik agar bisa dipastikan mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu. Namun sebelumnya perlu mendapatkan surat rekomendasi dari kepala sekolah sebagai buktinya.

4. Jenjang pendidikan orang tua

Tidak hanya siswa yang manjadi kriteria, pendidikan orang tua pun menjadi salah satu kriterianya, yaitu tidak lebih dari S1 atau D4.

5. Keluarga tidak mampu

Siswa yang boleh mendaftar adalah mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu. Cirinya penghasilan orang tua gabungan tidak lebih dari 3 juta rupiah atau jika dibagi untuk seluruh anggota keluarga tidak lebih dari 750 ribu rupiah.

6. Memilih PTN atau PTS

Jika Anda mendaftar program Bidikmisi, maka Anda akan diminta untuk memilih salah satu PTN atau PTS.

Poin-poin di atas merupakan persyaratan Bidikmisinya, sedangkan persyaratan untuk PMDK PN nya meliputi; Sekolah di SMA/SMK/MA/MAK kelas XII yang akan ikut UN, memiliki NISN, mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah, serta memiliki prestasi akademik yang stabil dari kelas X sampai kelas XII.

Bagaimanakah alur pendaftaran bidikmisi PMDK PN?

Lalu, bagaimana cara mendaftar di Bidikmisi jalur PMDK PN ini? Untuk lebih jelasnya kita lihat prosedur pendaftarannya berikut ini yuk!

1. Siswa yang akan mendaftar mendapat rekomendasi dari kepala sekolah

2. Jika telah memiliki surat rekomendasi, maka siswa tersebut akan mendapatkan kode untuk mengakses pendaftaran Bidikmisi.

3. Bila Anda sudah memiliki kode pendaftaran, maka Anda bisa langsung login ke website resmi bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

4. Setelah login, maka Anda bisa melanjutkan ke proses berikutnya, yaitu pengisian data serta pencetakan kartu tanda peserta.

5. Jika prosesnya sudah Anda lalui, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran PMDK PN ke laman pmdk.politeknik.or.id.

6. Untuk mendaftarkan diri di PMDK PN ini, maka Anda pun perlu mendapatkan rekomendasi kembali dari kepala sekolah.

7. Apabila rekomendasi baru sudah didapatkan, maka Anda akan mendapatkan password dan username untuk login dan mendaftarkan diri di PMDK PN.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran Bidikmisi PMDK PN 2017. Untuk jadwal pendaftarannya sendiri bisa Anda lihat di website resminya ya. Selamat mencoba ya, dan bisa lolos pendaftran bidikmisi PMDK 2017-2018.

Add a Comment