Cara Belajar Yang Menyenangkan & Efektif

Cara belajar yang menyenamgkan dan efektif. Belajar adalah suatu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh semua orang. Dan dalam proses belajar di perlukan strategi yang efektif agar setiap pelajaran yang baru di peroleh bisa cepat di mengerti dan di ingat.

Jadi, cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif idealnya selalu di terapkan, agar anak didik bisa menyerap bahan ajaran yang ada secara maksimal. Terlebih untuk kalangan para pelajar, mahasiswa, dan anak didik lainnya yang di tuntun memahami suatu materi atau kirukulum dengan target jangka yang telah di tentukan.

Jadi, mulai sekarang, Anda harus mulai menerapkan cara-cara yang tepat saat belajar. Karena dengan selalu menerapkan cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif dapat menghilangkan rasa bosan, lelah, serta membuat Anda lebih cepat memahami materi yang sedang dipelajari.

Cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif

1.    Belajar Bersama Teman (Diskusi)

Cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif yang pertama adalah dengan melakukannya bersama teman. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi yang sangat tepat apabila Anda mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran sendiri.

Baca artikel lain yang masih berhubungan BELAJAR:

  1. Tips belajar yang baik dan efektif
  2. Cara menghilangkan malas belajar
  3. Cara meningkat motivasi belajar

Belajar bersama teman dengan cara diskusi lebih menerapkan sistem tutor sebaya. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari pada mengunakan metode belajar diskusi, begitu pendapat sebagian besar orang yang telah menerapkannya.

Sebab, Anda bisa saling membantu apabila ada teman yang mengalami kesulitan sekaligus melakukan tukar pikiran sehingga wawasan tentang materi pembelajaran juga semakin luas.

2.    Pemilihan Waktu yang Tepat

Mulai saat ini Anda harus bisa membagi jadwal keseharian, terutama menentukan waktu paling tepat untuk melaksanakan kegiatan belajar. Sebab, belajar di sela-sela waktu yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi tingkat pemahaman terhadap materi.

Misalnya, Anda belajar saat sedang mengantuk. Tentu hasil tersebut akan sangat mengganggu konsentrasi Anda. Oleh sebab itu, cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif memang lebih baik dilakukan saat pikiran dan badan dalam kondisi fresh.

Belajar pada pagi hari adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk digunakan. Karena pada saat pagi hari kondisi otak masih dalam keadaan segar dan tenang.

Selain itu, Anda juga bisa memilih waku belajar yang tidak mengganggu jam istirahat. Sehingga, pola aktivitas sehari-hari Anda masih berjalan dengan seimbang.

Belajar tidak hanya penting dilakukan dalam hal waktu untuk memulainya, melainkan durasi waktu juga sangat penting untuk pemahaman terhadap materi yang dipelajari.

Lakukan kegiatan belajar secara rutin dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama. Belajar dnegan durasi panjang justru akan membuat otak cepat lelah dan tidak dapat bekerja optimal dalam menerima materi. Jadi, Anda bisa menyelingi waktu belajar dengan beristirahat sejenak.

3.    Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Belajar tidak perlu dilakukan dengan suasana yang tegang. Selain menentukan waktu yang tepat, cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif juga dapat dilakukan di tengah-tengah suasana yang mendukung.

Misalnya, Anda lebih nyaman jika belajar sambil mendengarkan musik. Maka, sebisa mungkin Anda bisa menjalani aktivitas belajar dengan cara tersebut.

4.    Hindari Penggunaan SKS atau Sistem Kebut Semalam

Salah satu kegiatan belajar yang seringkali digunakan oleh pelajar adalah sistem kebut semalam. Dalam hal ini berarti mereka hanya belajar pada malam sebelum dilaksanakannya ujian.

Hal tersebut tentu sangat terasa berat karena Anda harus mempelajari materi dalam jumlah banyak hanya dengan waktu satu malam. Jumlah materi yang banyak dan harus dipahami dalam waktu singkat tersebut justru dapat membuat otak lelah serta sulit untuk menerima.

Tidak mendapatkan hasil yang baik, sistem yang tidak tepat tersebut justru hanya akan membuat Anda kelelahan, cemas, serta gelisah. Tentunya, dengan sistem kebut semalam, Anda juga tidak dapat terlalu menguasai materi dan membuat rasa kantuk muncul saat beraktivitas esok harinya.

5.    Merangkum Materi Pelajaran

Terkadang jumlah materi yang terlalu banyak juga dapat membuat Anda merasa kesulitan untuk memahaminya. Selain itu, tata bahasa yang terlalu meluas juga membuat Anda sulit mempelajari fokus materi.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan salah satu cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif dengan merangkum materi yang dirasa penting.

Metode belajar yang satu ini terbukti memberikan beberapa keuntungan bagi Anda. Secara tidak langsung, dengan merangkum materi pembelajaran, juga dapat dikatakan bahwa Anda sudah membaca buku pelajaran. Otomatis, Anda juga lebih paham dengan materi yang sedang dipelajari.

Keuntungan kedua, merangkum materi pembelajaran juga dapat memantapkan pemahaman Anda terhadap materi yaitu dengan cara membaca ulang hasil rangkuma yang telah dibuat tadi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membaca buku tebal yang justru hanya membuat Anda merasa bosan serta sulit untuk menguasai materinya.

6.    Belajar Sambil Praktik

Cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif berikutnya juga dapat dilakukan sekaligus dengan praktik. Misalnya, materi pelajaran IPA. Anda bisa mempelajari materi yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan, dan lain-lain sambil praktik langsung.

Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami materi yang sedang dipelajari serta tidak membuat suasana cepat terasa membosankan. Penelitian untuk membuktikan teori juga dapat membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan.

7.    Pelajari Ulang Materi yang Dipelajari

Setelah mempelajari materi pembelajaran, langkah selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah dengan melakukan pengulangan. Ada yang memahami materi pelajaran dengan cara menghafal, menerapkan, memahami, dan sebagainya.

Semua cara tersebut sebenarnya tergantung dari jenis materi itu sendiri. Ada materi yang sifatnya ingatan, sehingga untuk memahaminya, Anda harus membaca terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menghafal.

Menghafal suatu materi pembelajaran dapat dilakukan sesuka hati, baik dengan cara bertahap atau sekaligus. Asalkan tidak mengorbankan waktu Anda untuk beristirahat.

Selain itu, pengulangan juga dapat dilakukan apabila materi pembelajaran belum disampaikan oleh pengajar. Sebelum memasuki topik baru, Anda bisa memahaminya terlebih dahulu. Sehingga ketika guru mulai menjelaskan tentang materi tersebut, Anda hanya memasuki tahap pengulangan.

Dengan metode yang satu ini juga dapat membuat Anda lebih cepat memahami materi pembelajaran.

8.    Jangan Lupa Berdo’a

Selain melakukan berbagai metode di atas, cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif juga tidak lepas dari do’a. Jangan pernah lupa untuk mengucap kata do’a sebelum memulai segala aktivitas.

Do’a adalah kekuatan yang paling ampuh dan kuat untuk membuat Anda sukses dalam segala hal, termasuk belajar. Dengan cara berdo’a sebelum belajar, maka pikiran juga menjadi lebih tenang. Tindakan tersebut juga menjadi bukti rasa syukur kita terhadap Yang Maha Kuasa.

Demikian beberapa cara belajar yang menyenangkan & cara belajar efektif yang dapat kami bagikan. Semoga bisa menjadi pembahasan yang bermanfaat bagi Anda semua.

Add a Comment