Pengumuman SBMPTN Terbaru 2016-2017, Terkini Hari Ini & Hasilnya

Hasil informasi pengumuman SBMPTN terbaru dan terkini 2017 ini adalah sesuatu hal yang ditunggu-tunggu oleh semua calon mahasiswa ataupun bagi mereka yang berkeinginan mencoba kembali untuk masuk ke universitas negeri.

SBMPTN atau singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi yang dibuat secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang diprediksikan bisa menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Metode Ujian SBMPTN 2017

Ujian SBMPTN serentak dilakukan dengan ujian secara tertulis dengan metode CBT dan PBT untuk calon mahasiswa dan juga ada ujian tambahan yang berupa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang mengambil jurusan Seni dan juga jurusan Keolahragaan.

Ketika mendengar berita tentang pengumuman  SBMPTN akan diumumkan, tentu para peserta akan merasa tegang dan khawatir jika tidak lolos. Hal ini juga ingin mengetahui informasi pengumuman tersebut secara kongret.

Rasa penasaran pun tidak hanya di rasakan oleh para peserta SBMPTN, namun hal ini juga dirasakan oleh orang tua peserta SBMPTN. Mereka sebagai orang tua tentunya mengharapkan dan menginginkan hasil yang tebaik untuk anaknya agar lolos tes SBMPTN.

Pengumuman SBMPTN

Kini kita hadapi adalah SBMPTN 2017. Untuk anda peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN, boleh lah anda merasa senang, namun juga sewajarnya saja karena perjuangan bukan hanya lolos seleksi saja. Perjuangan untuk mengarungi jurusan yang dipilih memang tujuan yang sebenarnya.

Akan tetapu, untuk para anda peserta SBMPTN yang  dinyatakan tidak lolos, hal ini jangan membuat putus asa yang berlebihan karena masih ada harapan. Untuk anda yang tidak lolos SBMPTN masih bisa mengikuti seleksi seperti SPMB atau jalur mandiri yang diselenggarakan oleh pihak universitas secara mandiri. Untuk informasi tersebut bisa di lakukan di web yang sudah di tentukan.

Tata cara mengecek hasil pengumuman sbmptn 2017

Disini masukuniversitas.com  akan memberikan sedikit panduan dan tata cara untuk mengakses atau melihat cara mengecek pengumuman SBMPTN 2017. Tata cara tentu sama dengan tahun 2016 lalu. Berikut caranya :

  • Pengumuman SBMPTN 2017 akan serentak  diumumkan kepada peserta pada 13 Juni mulai pukul 14.00 WIB.

  • Pengumuman dari SBMPTN 2017 bisa dilihat di website resmi SBMPTN yaitu “www.sbmptn.ac.id” atau di “www.sbmptn.or.id”.

  • Silahkan alamat dari link di atas tersebut di copy dan di paste pada browser anda. Perlu diperhatikan bahwa alamat halaman web tersebut lah yang resmi utama Pengumuman SBMPTN. Jika ada yang lain maka dipastika web tersebut adalah web tiruan dan tidak bisa di pertanggungjawabkan.

  • Selanjutnya anda akan masuk ke website resmi Pengumuman SBMPTN 22017.

  • Ketika akan melakukan Login, anda akan diminta untuk mengisikan kolo yang berupa nomor peserta dan juga tanggal lahir, dan juga melakukan pengisian kode yang diminta.

  • Setelah selesai mengisi, kemudian klik cari. Dan harus dipastikan agar tidak terjadi eror. Ini terjadi biasanya ketika pengumuman tiba. Ini dikarenakan semua peserta akan mengakses situs ini sehingga situs ini bisa eror. Namun jika terjadi eror, maka anda dianjurkan menunggu sejenak agar kembali normal.

  • Setelah login, jika nada menemukan data diri dengan lengkap  serta keterangan bahwa anda dinyatakan lulus, berarti anda telah lulus SBMPTN. Setelah itu anda bisa melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang sudah ditentukan

  • Akan tetapi jika anda sudah login dan di nyatakan tidak lulus, anda jangan berkecil hati karena masih bisa melalui jalur lain yang diadakan perguruan tinggi penyelenggara seperti jalur mandiri dan jalur SPMB.

Bagi para peserta SBMPTN yang telah dinyatakan lulus seleksi. Maka akan langsung dihadapkan dengan jadwal pendaftaran ulang dari peserta tersebut dengan waktu yang sudah dijadwalkan. Apabila peserta yang lolos tes tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka peserta tesebut dianggap sudah mengundurkan diri. Perlu diperhatikan juga bagi yang nantinya sudah dinyatakan lulus, segeralah untuk daftar ulang pada waktu yang sudah ditentukan oleh pihak masing – masing Universitas yang anda pilih.

Baca juga : Panduan Pendaftaran  SBMPTN

Setiap pendaftaran ulang SBMPTN tersebut tidak sama untuk setiap universitas. Karena itu, peserta yang sudah dinyatakan lolos harus membuka website resmi universitas tujuan. Ini karena pengumuman akan di publis di website masing – masing universitas dan akan keluar persyaratan pendaftaran ulang serta mekanisme pendaftaran ulang tersebut.

Disini masukuniversitas.com akan memberikan sedikit wawasan atau panduan pendaftaran ulang SBMPTN 2016 / 2017 seraca umum. Pendaftaran ulang dimulai ketika anda mengisi biodata pendaftaran ulang, pembayaran biaya UKT, tes kesehatan / narkoba dan juga penyerahan berkas pendaftaran berkas ulang. Setelah itu mengikuti opdik dan perkuliahan.

Sebelum melihatnya, apakah sebelum sudah pernah melakukan langkah secara umum pendaftaran ulang SBMPTN dibawah?

Apa saja yang perlu diperhatikan?

Mengisi Biodata Pendaftaran Ulang

Untuk mengisi biodata pendaftaran ulang, maka dianjurkan untuk membuka website resmi universitas tujuan anda. Kemudian mengisi semua data pendaftaran ulang. Jika telah selesai, maka anda dianjurkan untuk mencetak formulir pendaftaran ulang dan menyerahkan kepada panitian pada saat waktu penyerahan berkas Registrasi ulang. Jika belum jelas maka anda baca dan ikuti alur pendaftaran ulang yang telah ditentukan.

Pembayaran Biaya UKT                                      

Mahasiswa baru yang telah lulus SBMPTN akan dikenakan biaya untuk membayar Uang Kuliah Tunggal atau UKT untuk yang non bidikmisi. Sedangkan yang lulus dengan jalur bidikmisi SBMPTN tidak perlu membayar uang UKT tersebut.

Pembayaran dilakukan melalui Bank yang telah ditentukan dan bekerjasama dengan universitas tujuan anda. Besarnya biaya UKT harus dibayar bisa dilihat pada website resmi universitas tujuan. Jika telat membayar biaya UKT, maka juga akan otomatis akan dianggap mengundurkan diri dan akan merugikan diri sendiri.

Tes Kesehatan  / Narkoba

Tes kesehatan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah mahasiswa baru tersebut memang benar – benar sehat dan juga terbebas dari obat obatan terlarang. Setiap mahasiswa baru memang diwajibkan untuk tes kesehatan / narkoba di universitas masing – masing sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tes kesehatan ini juga tergantung dari universitas tujuan anda. Namun biasanya ada yang berupa tes kesehatan mata dan tes urine.

Apabila universitas tujuan anda tidak melakukan tes kesehatan, maka perlu membuat surat keterangan sehat dari dokter dengan datang langsung ke Puskesmas / rumah sakit terdekat.

Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang

Berkas pendaftaran ulang diserahkan kepada panitia penyelenggara SBMPTN di Universitas tujuan anda. Berkas ypendaftaran ulang yang harus dibawa berupa :

  • Kartu tanda peserta dari seleksi SBMPTN

  • Membawa hasil print out  formulir registrasi ulang

  • Membawa ijazah beserta fotocopy atau surat keterangan lulus dari Sekolah anda sebelumnya

  • Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional

  • Pas foto ukuran 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6

  • Materai dengan nilai Rp. 6000

  • Surat keterangan telah mengikuti Tes Kesehatan/Narkoba atau Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah

  • Bukti telah membayar UKT semester 1

  • Membawa Kartu Keluarga asli dan foto copy

  • Slip gaji orangtua atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah/kelurahan setempat

  • Bukti pembayaran Pajak bumi dan bangunan terakhir

  • Rekening Listrik

  • Jika anda lulusan Paket C, maka persyaratannya harus melampirkan Foto Copy Raport tiga tahun terakhir.

Mengikuti Opdik dan Perkuliahan

Opdik merupakan suatu tahapan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru mengetahui bagaimana sistem perkuliahan di Universitas tujuannya tersebut. Dan pada tahap inilah, mahasiswa baru menyesuaikan diri dengan kehidupan dan alur di kampus.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Info Pengumuman SBMPTN Terbaru dan Terkini Hari Ini. Semoga bisa membantu anda dalam mengetahui SBMPTN maupun nanti jika dikatakan sudah lulus dari tes tersebut.

Berikut dibawah ini adalah jawaban untuk mengetahui informasi pengumuman SBMPTN 2017 terbaru:

Untuk melihat lebih lengkapnya, silakan buka halaman website resmi SBMPTN 2017/2018 >> https://pengumuman.sbmptn.ac.id

Add a Comment