Pendaftaran SBMPTN 2019: Panduan, Biaya, Login Secara Online

Pendaftaran SBMPTN secara online dapat diketahui di masukuniversitas.com. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apa saja perlu dilakukan pada SBMPTN 2019. Panduan, biaya, dan cara login sebelum mendaftar SBMPTN tentu harus teman-teman ketahui sebelum mengikuti ujian langsung. Oleh sebab itu, bagi teman-teman yang masih belum pernah mengikuti informasi SBMPTN, inilah info yang kami berikan untuk teman-teman pastinya.

Bagi anda yang masih bingung untuk mendaftar di SBMPTN bisa langsung menyimak panduan pendaftaran SBMPTN secara online. SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri yang dilakukan setiap satu tahun sekali.

Siapa saja yang bisa mendaftar SBMPTN?

Jika Anda termasuk lulusan SMA / MA / SMK / MAK ataupun Sederajat, maka lulusan dari 3 tahun terakhir bisa meneruskan ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Akan tetapi, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengikuti jalur SBMPTN untuk bisa masuk ke Universitas atau PTN yang sesuai diminati.

Untuk lolos SBMPTN inipun memang tidak mudah. Anda diharuskan mengikuti beberapa tahap test untuk melihat kemampuan anda. Untuk anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi bisa mempersiapkan semuanya agar saat test bisa mengerjakan semua soal dengan mudah.

Namun terkadang para peserta sudah merasa takut terlebih dahulu dengan soal yang menjadikan dirinya gagal diterima di PTN.

Kuota / daya tampung SBMPTN 2019

Memang untuk kuota yang diterima di PTN tidaklah banyak hanya beberapa orang saja. Jika dibuat berdasarkan persentasenya, sekitar 40% untuk SBMPTN. Sedangkan SNMPTN 20% dan Ujian Mandiri maksimumnya yaitu 30%.

PTN selalu banyak diminati oleh para calon peserta (berdasarkan pencariannya & trends di data Analytics MUDC). Tak jarang dari teman – teman lebih memilih PTN yang jauh, asalkan bisa diterima di PTN.

Untuk soal – soal SBMPTN pun ada dua kriteria, ada soal kemampuan dasar dan soal pengetahuan sesuai jurusan.

Bahkan ada yang test melewai jalur kesenian atau olahraga yang disebut test minat dan bakat.

Pendaftaran SBMPTN 2019: panduan, biaya dan cara login

pendaftaran-sbmptn

Untuk Anda yang mengikuti jalur ini, tentu pastikan Anda belajar sungguh-sungguh. Agar saat ujian bisa mengerjakan soal dan lulus ke Universitas Negeri yang diinginkan. Nah, sebelum mengikuti test, pastikan juga telah mengikuti beberapa perkembangan informasi SBMPTN. Agar tidak ketinggalan, maka masukuniversitas.com memberikan informasi beberapa cara panduan pendaftaran SBMPTN secara online, yaitu :

1. Panduan pendaftaran SBMPTN 2019

Pendaftaran SBMPTN tahun ini, bulannya saja tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, 2018. Tahun ini, 2019 pendaftaran SBMPTN dibuka mulai bulan Juni. Yaitu selengkapnya 10 – 24 Juni 2019 pukul 24:00 WIB.

SBMPTN 2019 merupakan tahun dengan aturan dan kebijakan baru dari Kemristekdikti. Aturan terbarunya yaitu bila mengikuti SBMPTN terlebih dahulu ikut tes. Setelah dapat Nilai, kemudian mendaftarkan ke Universitas atau PTN yang sesuai dengan Nilai Angka di peroleh.

Pelaksanaan SBMPTN 2019 merupakan hal baru dan pertama dilakukan adalah seleksi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Ini merupakan kriteria yang disepakati dari PTN.

SBMPTN 2019 sudah berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Dari cara mendaftarnya:

  1. Daya tampungnya 40%.
  2. Berbasis Ujian (Berbasis Komputer).
  3. Alur pelaksanaan (melakukan tes UTBK). (Daftar >> Test >> Dapat Nilai UTBK >> Daftar SBMPTN (tanpa tes lagi)>> Pengumuman Kelulusan SBMPTN).
  4. Ujian Campuran (Ditiadakan).
  5. Jenis Ujian (sudah dipisah berdasarkan kategori Sohum dan Saintek).
  6. Test Keterampilan Seni & Olahraga (Upload portofolionya. Ini merupakan materi tambahan untuk SBMPTN).

Gambar alur SBMPTN 2019

alur SBMPTN hasil kelulusan

Perhatian: Jika sudah lulus pada jalur SNMPTN 2019 tidak bisa mengikuti jalur SBMPTN 2019.

2. Biaya seleksi

Berbeda dari ditahun lalu, biaya untuk seleksi SBMPTN 2019 sudah ada lagi. Karena, untuk mendaftar SBMPTN tidak diselenggarakan atau menggunakan nilai dari SBMPTN melainkan UTBK.

Biaya hanya perlu dikeluarkan saat mengikuti tes UTBK. Biaya ujian ditanggung oleh peserta dan disubsidi dari pemerintah.

3. Daftar online SBMPTN 2019

  • Lalu anda bisa lanjut untuk melakukan pendaftaran online melalui pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Bagi lulusan 2 tahun sebelumnya (SMA/MA/SMK/Sederajat) diharuskan sudah memiliki ijazah.
  • Mengisi biodata diri secara lengkap dan pasti benar.
  • Lulusan tahun ini (SMA/MA/SMK/Sederajat) dipastikan sudah ada Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah (SKLPM). Setidaknya memuat informasi jati diri serta memberikan pasfoto berwarna terbaru. Kemudian, ditandatangani oleh KepSek dan disertai cap stempel yang sah.
  • Memilih program studi PTN dengan kategori Saintek atau/dan Soshum.
  • Mengunggah dokumen dari persyaratan pendaftaran SBMPTN (nilai UTBK).
  • Memiliki NISN >> baca disini cek NISN.
  • Memiliki kesehatan yang walafiat untuk kelancaran proses demi proses.
  • Jika memilih program studi seni dan olahraga, perlu menggunggah borang (formulir/dokumen penting) portofolio.

4. Log in

Bagi anda yang sudah log ini akan disuruh untuk mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN di pendaftaran.sbmptn.ac.id.

7. Konfirmasi data diri

Lalu anda diminta untuk mengkonfirmasi data diri anda sesuai dengan identitas yang ada, dan surat keterangan lulus di situs resmi SBMPTN.

8. Upload foto

Dalam komponen panduan pendaftaran SBMPTN secara online yang harus diperhatikan adalah saat mengupload foto tidak boleh dari 100 kb, maka anda bisa melakukan compress pada laptop.

Jika tidak lulus SNMPTN, maka bisa meneruskan ke SBMPTN. Akan tetapi, ikut jalur UTBK dulu yah.

Lihatlah dan catat jadwal pendaftaran SBMPTN setelah SNMPTN. Tujuannya agar anda sudah mempersiapkan gambaran atau persiapan nantinya saat menghadapi ujian berbasis komputer (UTBK).

Tetap berhati – hatilah selalu atas penipuan. Jika ada mengatasnamakan panitia SBMPTN, maka segera laporkan jika menemukan hal – hal penipuan SBMPTN. Panitia tidak akan memungut biaya apapun untuk SBMPTN pada  masing-masing universitas. Namun saja, Anda hanya memerlukan dan mempersiapkan biaya pada ikut tes UTBK.

Bagaimana agar lulus ujian SBMPTN?

Setelah melakukan pendaftaran SBMPTN, maka hal sebelumnya yang perlu saya sampaikan diawal adalah teman-teman belajar giat dan rajin untuk menembus tes UTBK. Lalu kemudian, teman-teman setelah ujian mendapat nilai maka teman-teman bisa menentukan lulus tidaknya ke PTN melalui SBMPTN.

Untuk itu, Anda belajar bareng bersama teman untuk mempersiakan ujian berbasis komputer tersebut.

Ada beberapa cara untuk anda mendapatkan nilai baik saat UTBK, sebagai berikut :

1. Belilah buku contoh soal SBMPTN.

2. Coba kerjakan soal tersebut menggunakan waktu.

3. Periksa seberapa besar nilai yang diperoleh.

4. Pahami soal – soal tersebut.

5. Coba cari contoh soal lainnya agar anda semakin paham.

6. Jangan lupa untuk salat malam, atau duha bahkan puasa agar dipermudah dalam mengerjakan soal nantinya.

7. Gunakan tips dan trik saat mengerjakan soal.

8. Hilangkan gerogi untuk menjawab soal.

9. Kerjakan soal – soal yang lebih dahulu.

Tidak ada yang tak mungkin jika anda mau berusaha semaksimal mungkin. Baca panduan seleksi, daftar diri Anda di SBMPTN secara online, belajar tekun dan berdoa.

Jadikan informasi ini sebagai salah satu acuan anda untuk mendaftar PTN di lain waktu, jika seleksi ini tidak berhasil. Tak jarang dari teman anda yang sudah mencoba test SBMPTN beberapa kali dan belum juga berhasil. Untuk itu anda tetap harus berjuang keras agar lolos di PTN yang anda pilih. Jangan lupa untuk meminta doa restu kepada orang yang anda sayangi.

SBMPTN hanyalah sebagaian kecil dari jenis test lainnya yang nantinya akan anda hadapi. Belajar dengan tekun, giat, tetiliti akan membuahkan hasil yang maksimal. Ajaklah teman anda untuk belajar bareng mengerjakan contoh soal SBMPTN. Mintalah koreksi jika anda salah mengerjakannya. Sukses terus buat anda yang akan menjalani SBMPTN.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan. Demikian informasi saya berikan untuk panduan pendaftaran SBMPTN secara online. Semoga bisa bermanfaat bagi semua peserta SBMPTN.

Terus update informasi tentang PTN lainnya. Kami selalu berusaha memberikan informasi-informasi PTN terbaru.

Kami segenap masukuniversitas.com selalu berharap agar anda bisa lulus SBMPTN 2019/2020, di tahun ini.

Pastikan patuhilah dan ikuti semua prosedur yang telah disepakati oleh pihak LTMPTN (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jangan lupa juga, setelah masuk di Universitas Negeri yang telah diinginkan, untuk mencoba mencari beasiswa, agar pada saat kuliah pun tidak mengeluarkan biaya banyak.

Baca juga:

Untuk itu, kata penutupan sekian informasi yang bisa kami berikan. Besar harapan dan doa, teman-teman bisa mendapat universitas yang diinginkan. Amin. Jangan lupa, Baca juga tata cara panduan pendaftaran SNMPTN.

Add a Comment