Universitas Esa Unggul: Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Masukuniversitas.com, pendaftaran dan biaya kuliah Universitas Esa Unggul (UEU). Sebentar lagi, siswa kelas 12 SMA akan segera menghadapi Ujian Nasional. Sekarang ini, UN tidak lagi menjadi momok bagi para anak SMA karena nilai kelulusan tidak hanya bergantung pada UN saja, tetapi juga nilai Ujian Sekolah. Oleh karena itu, ujian yang sebenarnya adalah ketika mereka harus menghadapi seleksi SNMPTN dan juga SBMPTN. Semakin tahun, persaingan memperebutkan perguruan tinggi negeri semakin susah saja. Para siswa pun harus berjuang keras untuk mendapatkan satu kursi di perguruan tinggi favorit.

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta atau ingin melanjutkan kuliah di Jakarta, ada salah satu universitas swasta unggulan yang bisa Anda pilih. Universitas tersebut adalah Universitas Indonusa Esa Unggul. Dari banyaknya perguruan tinggi swasta di Jakarta, universitas ini menjadi salah satu universitas favorit baik untuk Anda yang akan lulus dari SMA atau yang sudah bekerja tetapi ingin mendapatkan gelar sarjana.

Sekilas tentang Universitas Esa Unggul

Universitas Indonusa Esa Unggul memiliki tiga kampus utama yang terletak di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kampus pertama adalah Kampus Emas Universitas Esa Unggul yang terletak di Jalan Arjuna Utara Nomor 9, Tol Tomang, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Kampus kedua bernama Kampus Citra Raya Universitas Esa Unggul yang terletak di Jalan Citra Raya Boulevard Ecopolis SA Blok VD02, Tangerang Banten. Kampus ketiga adalah Kampus Harapan Indah Universitas Esa Unggul kompleks Office Park Blok 5 Nomor 11 – 17, Jalan Boulevard Raya – Kota Harapan Indah, Bekasi.

Program Pendidikan di Universitas Indonusa Esa Unggul sangat lengkap, mulai dari program Sarjana S1 Reguler, Program Sarjana S1 Paralel, Program Pascasarjana (S2), Program kelas Internatioan, dan Program Profesi (Ners) – khusus Ilmu Keperawatan. Untuk Anda yang ingin kuliah sambil kerja, Anda bisa memilih program S1 Paralel.

Universitas Indonusa Esa Unggul juga memiliki banyak fakultas dan jurusan yang bisa Anda pilih. Ada 10 Fakultas pada masing-masing kampus. Di antara 10 fakultas tersebut, Anda bisa memilih salah satu jurusan yang Anda minati. Informasi mengenai jurusan apa saja yang ada pada fakultas tersebut bisa Anda lihat di situs webnya. Hubungi contact person yang ada pada setiap kampus.

Pendaftaran Universitas Indonusa Esa Unggul

Saat ini, Universitas Indonusa Esa Unggul sedang membuka pendaftaran untuk gelombang II. Pendaftaran sudah dibuka mulai Januari Hingga Maret 2017. Biaya pendaftaran untuk program reguler adalah Rp 150.000,00. Sementara untuk Program International adalah sebesar Rp 500.000,00. Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Semester Genap tahun ajaran 2016/2017 khusus pindahan dan dari program D3 yang ingin melanjutkan ke S1 dibuka dari September 2016 hingga Februari 2017.

Mereka yang ingin mendaftar di Universitas Indonusa Esa Unggul dipilih berdasarkan nilai rata-rata rapor Semester 1 sampai dengan 2, nilai semester 3 sampai dengan semerter 4, dan melalui ujian saringan masuk (USM).  Untuk mereka yang lolos seleksi, bisa langsung mengurus kepentingan kuliahnya, termasuk biaya kuliah, pengambilan mata kuliah, dan pengurusan jadwal.

Sebelum mengurus biaya kuliah, Anda perlu memperhatikan alur pendaftaran di Universitas Indonusa Esa Unggul. Pertama, siswa Sma/D3/Pindahan yang lolos seleksi akan dikategorikan kedalam Grade A, Grade B, dan Grade C. Berbeda grade, berbeda pula besaran biaya kuliahnya.

Biaya kuliah Universitas Indonusa Esa Unggul

Untuk Anda yang sedang menginginkan atau sekedar mengetahui berapa besar biaya kuliah Universitas Esa Unggul (UEU), berikut dibawah ini lengkap dengan fakultasnya.

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Besaran biaya kuliah untuk setiap fakultas berbeda-beda. Untuk Gelombang pertama pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, besaran biaya kuliah adalah Rp 25.000.000. Untuk mereka yang lolos dengan predikat Grade A akan mendapat potongan sebesar Rp 6.000.000. Untuk yang lolos dengan predikat Grade B, mereka akan mendapat potongan sebesar Rp 4.000.000. Terakhir, untuk yang masuk ke dalam predikat Grade C, potongan besaran kuliah adalah Rp 500.000. Untuk periode perkuliahan semester 2, mahasiswa akan membayar uang kuliah sebesar Rp 8.500.000.

2. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Industri dan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang dua-duanya merupakan program S1. Biaya kuliah gelombang pertama di Fakultas teknik adalah Rp 23.000.000. Untuk mahasiswa Grade A mendapat potongan 6.000.000, jadi hanya membayar 17.000.000. Mahasiswa Grade B hanya membayar Rp 19.000.000. Terakhir, mahasiswa Grade C membayar sebesar Rp 22.500.000. Periode semester 2 dan seterusnya akan dikenakan biaya kuliah sebesar Rp 8.500.000.

3. Fakultas Ilmu Komunikasi

Untuk Anda yang ingin masuk Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonusa Esa Unggul, besaran biaya kuliah untuk Gelombang I kemarin adalah Rp 23.000.000. Khusus jurusan Broadcasting, biaya kuliahnya sebesar 30.000.000. Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, masing-masing grade akan mendapatkan potongan sesuai dengan ketentuannya. Pada semester 2 dan seterusnya, biaya kuliah mahasiswa adalah Rp 8.500.000, dan khusus Jurusan Broadcasting sebesar 10.500.000.

Untuk pembayaran uang kuliah di Universitas Indonusa Esa Unggul, mahasiswa bisa memilih pembayaran angsuran. Angsuran awalnya adalah sebesar Rp 5.000.000. Untuk selanjutnya, biaya sisanya dapat diangsur selama 4x. Pembayaran angsuran bulanan ini dapat dilakukan dengan menggunakan bank Bukopin dan Bank BRI.

Demikian adalah kisaran biaya kuliah untuk tiga fakultas unggulan di Universitas Indonusa Esa Unggul. Untuk informasi biaya kuliah semua fakultas, Anda bisa melihatnya langsung di situs resmi Universitas Esa Unggul.

Kemudian, untuk informasi lebih lengkap terkait alur pendaftaran di Universitas Indonusa Esa Unggul, Anda bisa menghubungi contact person yang ada pada situsnya. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber:
http://www.esaunggul.ac.id/tentang-kami/fakultas/
http://www.esaunggul.ac.id/admisi/
http://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/COVER-BIKUL-Reguler-2017-2.pdf

Add a Comment