Bidikmisi SBMPTN: Jadwal Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN 2017

Masukuniversitas.com, jadwal pendaftaran bidikmisi SBMPTN 2017. Biaya perkuliahan semakin hari semakin sulit untuk dijangkau banyak kalangan, padahal kesadaran untuk terus menuntut ilmu semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. Hal ini tentunya menjadi dilema bagi banyak orang, entah itu orang tua si anak, anak yang bersangkutan ataupun praktisi pendidikan di sekitarnya.

Permasalahan seperti inilah yang pada akhirnya menjadi bahan pemikiran banyak orang. Bagaimana seorang anak bisa terus melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, sekalipun ia berasal dari golongan keluarga tidak mampu. Oleh karena itu, sekarang kita mengenal banyak yang namanya beasiswa pendidikan dan program-program bantuan pemerintah untuk anak-anak yang kesulitan secara ekonomi, salah satunya Bidikmisi.

Bidikmisi SBMPTNNah, biasanya program bantuan Bidikmisi ini berkaitan dengan jalur penerimaan masuk ke perguruan tinggi, misalnya saja Bidikmisi SBMPTN 2017. Jadi, bagi Anda yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN, namun kesulitan dalam hal biaya, maka Anda bisa sekaligus mendaftarkan diri di program Bidikmisi. Lalu, bagaimana prosedur pendaftaran dan lain-lainnya? Untuk informasi lengkap, sepertinya kita perlu berkenalan dengan Bidikmisi SBMPTN 2017 ini lebih dekat lagi.

Sekilas tentang SBMPTN

Sebelum jauh membahas tentang Bidikmisi SBMPTN, maka Anda perlu tau dulu apa itu SBMPTN. Jadi begini, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, maka pemerintah dan perguruan tinggi terkait mengadakan seleksi masuk. Tujuan dari seleksi masuk ini adalah untuk menyaring siswa lulusan SMA yang memiliki potensi akademik yang baik. Kenapa perlu diseleksi? Agar perguruan tinggi negeri bisa memastikan peserta didik yang masuk bisa mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan perkuliahan dengan baik.

Nah, untuk proses seleksi itu, maka ada beberapa cara yang dilakukan oleh pemerintah dan perguruan tinggi negeri, mulai dari SNMPTN, UMPN, Tes Mandiri PTN, hingga SBMPTN. SBMPTN sendiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui tes masuk dengan cara mengerjakan soal ujian.

Sekilas tentang Bidikmisi

Setelah mengenal SBMPTN, maka Anda pun perlu mengenal apa itu Bidikmisi. Secara tidak langsung sebenarnya sudah di lontarkan beberapa kali di paragraf atas bahwa Bidikmisi itu merupakan biaya bantuan dari pemerintah untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi.

Namun di sini perlu ada yang ditambahkan, bahwa program bidikmisi ini ditujukan untuk mereka yang masuk ke perguruan tinggi negeri pada program studi unggulan, dan diharapkan ketika mendapatkan biaya Bidikmisi, mahasiswa tersebut bisa menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu, dan tidak terkendala dari segi biaya.

Wah, menarik sekali ya program Bidikmisi ini? Jadi, selama Anda berpotensi, dan punya semangat, maka selalu ada peluang untuk bisa kuliah, sekalipun tidak ada biayanya. Dengan begini anak dari keluarga miskin punya harapan besar untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Seputar jadwal pendaftaran dan persyaratan Bidikmisi SBMPTN

Setelah mengetahui tentang apa itu Bidikmisi, mungkin di antara Anda ada yang tertarik dan butuh dengan program ini. Oleh karena itu Anda perlu mencari tau kapan jadwal pendaftaran serta persyaratan Bidikmisi SBMPTN. Nah, menurut informasi yang kami dapat dari laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, bahwa Bidikmisi SBMPTN akan dibuka mulai dari 4 Mei 2017 dan ditutup di tanggal 10 Juni 2017. [Baca juga: pengumuman SBMPTN 2017].

Agar bisa mendaftar maka Anda perlu mengetahui persyaratan pendaftarannya terlebih dahulu. Kira-kira apa ya persyaratannya? Ada beberapa persayaratan yang harus Anda penuhi untuk mendaftar bidikmisi, yang pertama Anda merupakan siswa SMA atau SMK yang lulus pada tahun 2017 atau Anda yang lulus tahun 2016 namun belum pernah mendapatkan bantuan Bidikmisi.

Syarat berikutnya adalah usia. Maksimal usia Anda ketika mendaftar tidak lebih dari 21 tahun. Anda pun merupakan siswa dari keluarga tidak mampu. Untuk membuktikan bahwa Anda tidak mampu, maka Anda perlu memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pernah mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) sebelumnya, dan pendapatan orang tua tidak lebih dari 3 juta per bulannya.

Apakah hanya itu persyaratannya? Tentu tidak! Syarat lainnya, Anda harus mempunyai potensi akademik yang baik serta punya semangat yang tinggi untuk belajar, untuk itu Anda perlu membuktikannya dengan rekomendasi dari kepala sekolah yang disampaikan secara objektif kepada pihak panitia. Oiya, pendidikan orang tua siswa pun maksimal S1 atau D4 ya, kalau lebih dari itu dianggap bisa membiayai anak-anaknya sendiri.

Pertanyaan yang sering muncul terkait bidikmisi

1. Apakah pendaftaran Bidikmisi Gratis?

Karena sasaran Bidikmisi adalah mereka dari keluarga tidak mampu, jadi tentunya pendaftarannya pun gratis. Bukankah setelah diterima justru mereka akan mendapatkan bantuan? Jadi jelas saja gratis, kan? Oleh karena itu jangan ragu jika Anda memang ingin dan membutuhkan bantuan dari program ini ya! Lagi pula program ini akan sangat membantu Anda mencukupi biaya perkuliahan. Jadi coba saja selagi ada kesempatannya, sekalipun Anda sedang tidak memiliki uang.

2. Apa syarat pendaftaran Bidikmisi?

Persyaratan pendaftaran selalu menjadi pertanyaan yang kerap diajukan bagi para pendaftar. Hal ini memang perlu dipertanyakan dan diperhatikan baik-baik. Untuk apa? Agar Anda tau program ini untuk siapa saja, supaya program ini tepat sasaran juga. Jadi semisal Anda memenuhi persyaratan, maka Anda bisa langsung mengajukan diri.

3. Jika tidak memiliki prestasi, bisakah mendaftar Bidikmisi?

Pertanyaan semacam ini sebenarnya telah terjawab di persyaratan pendaftaran, namun terkadang banyak orang yang kurang berusaha untuk memahami saat membacanya. Di sana dijelaskan secara terang benderang bahwa yang menerima program ini adalah mereka yang punya potensi akademik, tujuannya tidak lain agar yang mendapatkan adalah mereka yang sanggup menjalani proses perkuliahan dan selesai tepat waktu. [Baca: pengumuman SNMPTN].

Demikianlah informasi yang kami berikan seputar Bidikmisi SBMPTN 2017. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan dan menambah referensi Anda.

Add a Comment