Cara Download Prefill Dapodik 2018 Terbaru

Data prefill Dapodik berganti tiap tahun, maka cara downloadnya pun juga ikut berganti. Nah, bila ingin mendownload aplikasi data prefill dapodik maka pasti untuk buka website resminya. Karena setiap tahun aplikasi dapodik selalu di maintenance.

Dapodik tak akan berjalan dengan lancar bila keberadaan Prefill kurang berjalan efektif. Prefill sendiri berupa proses yang gunanya untuk proses back up data Dapodik yang didapat dari server. Setelah semua data melakukan sinkronasi maka selanjutnya secara otomatis akan tersimpan di dalam prefill. Seperti halnya aplikasi Dapodik, suatu sekolah juga wajib mendownload prefill Dapodik untuk keperluan input data sekolah anda.

Baca juga info bermanfaat lainnya: Cara cek lembar Info GTK

Kegunaan prefill data yang sangat penting bagi sistem suatu sekolah, sehingga perlu NISN untuk didownload. Namun banyak keluhan dari berbagai pihak yang mengakses aplikasi ini. Dengan alasan tidak tahu cara ataupun kendala lainnya.

Nah, terkait hal tersebut, kali ini kami akan membagikan panduan tentang cara download prefill Dapodik 2017 yang benar. Oke, langsung saja simak berikut ini.

Cara download prefill dapodik

Sebelum anda melakukan download prefill Dapodik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Proses download sangat tergantung dengan koneksi yang tersedia ataupun tahapan lainnya. Untuk itu berikut hal yang mungkin saja bisa menghambat proses download prefill Dapodik anda jika tidak diperhatikan secara seksama.

Baca juga: Panduan cek Verval PTK dan verval PD (Peserta Didik)

Cara Download data Prefill Dapodik

Baca juga informasi: Sertifkasi Guru

1. Koneksi internet

Pertama ini, tentu harus perhatikan koneksi yang anda gunakan untuk tehubung ke internet. Koneksi yang kurang cepat dan kurang mendukung, tentu saja akan menghambat proses download prefill Dapodik sehingga tidak bisa berjalan secara sempurna. Lihat lagi koneksi internet anda ya.

2. Harus teliti

Terjadi kesalahan saat proses memasukkan nomor NPSN atau kode registrasi . Kadang kejadian ini sering dilakukan saat memasukkan kode registrasi, akibat kurangnya ketelitian maka nomor registrasi yang dikira sudah benar ternyata salah. Untuk itu anda perlu teliti saat memasukkan kode registrasi. Tak usah terburu-buru yang penting apa yang anda ketik benar.

3. Kunjungi atau akses di waktu yang tepat

Jumlah kunjungan di laman Dapodiknas sedang mengalami trafik yang cukup tinggi. Hal ini juga berpengaruh pada kecepatan akses di laman yang bersangkutan sehingga terasa cukup lambat. Apabila terjadi hal yang demikian, anda hanya perlu menunggu sampai kondisi laman stabil kembali atau mencari waktu yang sekiranya sedikit pengunjung yang mengakses laman Dapodiknas.

4. Bila terjadi maintance harap bersabar

Adanya maintenance terhadap laman Dapodiknas yang dilakukan petugas pusat untuk memulihkan atau meremajakan kondisi laman. Apabila sedang maintenance, maka anda tidak bisa melakukan apa-apa dan menunggu sampai prosesnya selesai. Anda juga bisa menghubungi petugas pusat untuk menanyakan perkiraan proses maintenance selesai dilakukan.

Nah, jika anda sudah memperhatikan beberapa di atas, maka selanjutnya anda bisa mencoba mendownload prefill Dapodik. Apabila anda masih bingung untuk memulainya, tap perlu bingung lagi. Berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara download prefill Dapodik yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya.

5. Download data prefill Dapodik

• Perhatikan koneksi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika sudah langsung masuk software untuk mengakses internet. Untuk mendownload prefill Dapodik anda sangat dianjurkan untuk menggunakan Mozila Firefox.
• Download prefill Dapodik melalui salah satu link di bawah ini
1. http://www.buytoproduct.com/2017/04/pcb-prototype-manufacturing-options.html?url=aHR0cDovL2RhcG8uZGlrZGFzLmtlbWRpa2J1ZC5nby5pZC9wcmVmaWxsX2RhcG9kaWsvZ2VuZXJhdGVfcHJlZmlsbC5waHA=
2. http://www.buytoproduct.com/2017/04/pcb-prototype-manufacturing-options.html?url=aHR0cDovLzExOC45OC4xNjYuNjU6ODAxNS9wcmVmaWxsX2Rpa2Rhcw==
3. http://www.buytoproduct.com/2017/04/pcb-prototype-manufacturing-options.html?url=aHR0cDovLzExOC45OC4xNjYuNjU6ODAxNC9wcmVmaWxsX2Rpa2Rhcw==

6. Kode registrasi

Pilih satu jenis prefill yang anda butuhkan dan gunakan NPSN ataupun kode registrasi untuk mengaksesnya.

7. Klik tombol generate

Apabila NPSN atau kode registrasi telah anda masukkan, kemudian klik tombol Generate.

Baca juga, info bermanfaat ini: Cara mencari NISN berdasarkan Nama

8. Tunggu proses selesai

Proses Generate mungkin akan membutuhkan waktu beberapa saat. Tunggu saja sampai proses ini selesai dilakukan.

9. Klik tombol menu unduh

Apabila proses Generate selesai dilakukan, selanjutnya anda bisa klik tombol download di bagian menu download sampai prefill selesai anda unduh.

10. Simpan di komputer

Jika prefill Dapodik selesai anda download, selanjutnya simpan di local disk C pada komputer anda.

11. Berikan nama hasil download

Buat folder baru di local disk C dengan diberi nama “prefill_dapodik”.

12. Silakan di gunakan.

Copy pastekan prefill yang baru selesai anda download di folder yang baru saja anda buat.
Prefill yang telah anda download bisa anda coba salah satunya untuk registrasi data prefill nilai raport di Dapodik.

Register data prefill nilai raport di Dapodik

Bila berkeinginan register data prefill nila rapor di Dapodik. Berikut langkah yang bisa anda lakukan untuk registrasi data prefill nilai raport di Dapodik.

1. Buka web resmi

Ketik web resmi kemdikbud di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

2. Pilih menu Data Prefill

Apabila anda sudah masuk laman yang dimaksud, langsung saja pilih menu Data Prefill sampai terbuka

3. Ikuti langkah selanjutnya

Pilih lagi menu Data Prefill Nilai Rapot dan klik link yang tersedia di bawahnya. Selanjutnya anda akan menuju ke laman Aplikasi Prefill Rapot

4. Masukkan keperluan data

Masukkanlah beberapa data sekolah anda yang perlu diisikan, seperti jenjang, username, password, dan kode registrasi, yang dilakukan agar anda dapat mengunduh Data Prefill Dapodik.

5. Klik Generate

Apabila anda yakin semua data telah diisikan dengan benar, selanjutnya klik Generate yang berada di bawahnya.

6. Tampil dan bisa langsung di unduh

Kemudian sistem akan memproses data yang anda inginkan, jika sudah tampil maka akan muncul juga tombol Unduh Download Prefill Rapot. Langsung saja klik download sampai selesai. Data yang anda download biasanya akan tersimpan dengan format “rpr”.

Data prefill yang telah anda download bisa anda gunakan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Simpan data prefill nilai yang telah anda unduh sebelumnya ke dalam folder C:\prefill_dapodik.
  • Konfirmasi data prefill nilai yang telah anda simpan dengan Fitur Konfirmasi Prefill Nilai yang ada di menu Pengaturan.
  • Sama seperti sebelumnya, proses konfirmasi dilakukan dengan cara mengisi data Kode Registrasi, Username, Password, lalu Konfirmasi Password yang ada dilaman resmi Kemdikbud.
  • Anda bisa masuk apabila semua prosedur telah berhasil dilakukan.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai cara download prefiil Dapodik. Perhatikan prosedur secara seksama agar proses akses bisa berjalan lancar. Semoga informasi kali ini dapat membantu masalah.

 

Sumber:
panduandapodik.id/2017/04/cara-registrasi-data-prefill-nilai-rapor-di-dapodik.html
mzringgo.com/2016/01/download-prefill-dapodikdas.html
jetjetsemut.blogspot.co.id/2014/06/aplikasi-generate-prefill-dapodikdas.html

Add a Comment