Contoh Surat Resign (Pengunduran Diri) Kerja yang Baik & Benar

15 contoh surat resign / pengunduran diri kerja atau instansi lain dengan dokumen yang baik dan benar.

Saat berada di titik terendah, adakalanya anda merasakan bosan di tempat kerja atau aktivitas kehidupan lainnya. Hal ini cukup wajar, karena disaat inilah diri merasa ditantang dan memiliki tanggung jawab baru dalam kehidupan. Namun sebelum melakukan pengunduran diri, dibutuhkan sebuah surat pengunduran diri yang diserahkan pada pihak terkait.

Untuk Anda yang masih kendala dalam kesulitan membuatnya, simak selengkapnya contoh-contoh surat pengunduran diri kerja yang baik & benar. Ini bisa menjadi solusi untuk anda.

Dalam membuat surat pengunduran diri, dibutuhkan bagian-bagian tertentu. Contohnya, nama yang akan mengundurkan diri, identitas lengkap dan kebutuhan lainnya. Sampaikan pula terimakasih pada seluruh bagian yang ada dilembaga tersebut. Untuk membuatnya dibutuhkan bahasa formal sebagaimana awalnya membuat surat lamaran kerja. Penasaran dengan contoh surat pengunduran diri? Anda dapat melihat beberapa referensinya, dibagian berikutnya.

Beberapa Aturan dalam Pembuatan Surat Pengunduran Diri

Untuk anda yang akan membuat surat pengunduran diri, penting untuk memahami beberapa aturan yang ada didalamnya. Penjelasan terkait, akan disampaikan dibagian berikutnya

1. Gunakan Bahasa Formal

Dalam membuat sebuah surat pengunduran diri, ada baiknya anda memiliki bahasa yang formal. Karena surat nantinya akan disampaikan pada orang yang memiliki jabatan lebih tinggi dari kita. Jadi, pastikan setiap bahasa yang digunakan cukup baku dan memiliki kesan sopan. Jika demikian, tentunya keinginan untuk mengundurkan diri akan lebih mudah dikabulkan.

2. Sebutkan Identitas

Berikutnya, anda harus memasukkan bagian lain, yaitu identitas diri. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah nama lengkap, identitas singkat, jabatan dan lama kerja. Jangan lupa masukkan pula tanggal terakhir akan bekerja. Jadi, perusahaan dapat menentukan kapan akan melakukan pemanggilan karyawan baru.

3. Buat secara Tertulis

Walaupun saat ini sudah sangat mudah untuk menggunakan komputer, pembuatan surat pengunduran diri akan lebih sopan, jika dibuat dengan tulisan tangan. Namun semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Jika diharuskan dengan komputer, sebaiknya buat dengan komputer. Sedangkan jika tidak ada aturan, buatlah dengan tulisan tangan.

4. Nama Atasan

Pada bagian awal penulisan surat pengunduran diri, anda perlu memasukan nama atasan. Nama yang dimaksud harus lengkap dengan jabatan yang dimilikinya. Sebelumnya, awali dengan menuliskan Yth atau Kepada Yth. Hal ini akan membantu pembaca memahami siapakah orang yang dimaksud dalam surat. Jika untuk organisasi, sampaikan nama ketua organisasi tersebut.

5. Alasan Pengunduran Diri

Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri, hingga akhirnya mengundurkan diri pekerjaannya. Dalam sebuah surat pengunduran diri, hal ini wajib dituliskan. Namun saat pengunduran diri dilakukan karena tidak nyaman dengan rekan kerja, sebaiknya carilah alasan lainnya. Contohnya, sampaikan bahwa anda akan pindah rumah atau mendapatkan pekerjaan lebih baik.

6. Sampaikan Terimakasih

Sebagai bagian penutup dari surat pengunduran diri, sampaikanlah ucapan terimakasih pada seluruh bagian di perusahaan. Sampaikan pula doa-doa untuk perusahaan atau organisasi yang ditinggalkan. Sampaikan pula tambahan, berupa permohonan maaf karena mungkin terdapat kesalahan selama menjalankan pekerjaan bersama.

Beberapa bagian ini penting diperhatikan saat membuat surat pengunduran diri. Tapi, tidak perlu terpatok pada bagian-bagian ini. Karena semuanya disesuaikan dengan kebutuhan anda dan perusahaan tempat bekerja.

Nah, untuk Anda yang sangat perlu dan harus menggunakan surat dibawah ini selengkapnya kami berikan 15 contoh surat resign.

15 contoh surat resign (pengunduran diri) kerja yang baik dan benar

contoh surat pengunduran diri kerja

Inilah beberapa contoh surat yang dapat anda jadikan referensi saat membuat surat pengunduran diri. Sesuaikan dengan kebutuhan saat membuatnya, berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

surat pengunduran diri kerja perusahaan

Mojokerto, 23 Maret 2019

Yth,
Kepala HRD
PT. Ufuk Senja

Dengan Hormat,
Saya berterima kasih dan menghargai setiap kesempatan yang telah diberikan oleh PT Ufuk Senja dan dukungan profesinal yang diberikan. Saya berharap perusahaan akan sukses di masa depan.

Nama : Haminau Sekil
Departemen : Produksi
Jabatan : Staff Operator
No. Karyawan : D123456

Berencana mengajukan pengunduran diri dari perusahaan, karena alasan mengurus keluarga. Surat ini dibuat sesuai dengan prosedur tanpa adanya motivasi kurang baik. Saya berharap perusahaan dapat memahami keadaan saya, sehingga dapat diberikan hak sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas dukungan yang telah diberikan, saya ucapakan terimakasih.

Salam Hormat,

Haminau Sekil

2. Contoh Pengundururan Diri dari Organisasi

surat pengunduran diri dari organisasi

Kpd Yth,
Ketua Ormas dan Pembina Ormas Sedulur
Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Rahmat Sentosa
Jabatan : Bendahara Umum
No Anggota : 15151515

Dengan ini mengajukan pengunduran diri dari Ormas Sedulur. Adapun alasan saya melakukan pengunduran diri karena adanya pemindahan tugas dari perusahaan keluar kota, sehingga tidak lagi dapat menjabat sebagai bendahara umum.

Setelah beberapa tahun menjabat sebagai bendahara umum di Ormas Sedulur, saya mendapatkan banyak pengalaman. Saya ucapkan terima kasih pada seluruh jajaran pengurus dan anggota. Saya pun mohon maaf, atas setiap perilaku dan ucapan yang salah selama berorganisasi.

Besar harapan saya bahwa seluruh jajaran memberikan izin atas pengunduran diri ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Humbang, 28 Oktober 2003

Hormat saya,

Rahmat Sentosa

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Doc

surat pengunduran diri document

Yogyakarta, 14 Septermber 2013
Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Sholihun Hariri
Di tempat,

Salam hormat,
Bersama surat ini, saya:

Nama : Robert Flamingo
Jabatan : Direktur Operasional

Dengan surat ini menyatakan maksud untuk mengundurkan diri dari jabatan direktur operasional. Saya menikmati bekerjaan ini, namun setelah 30 tahun bersama, sudah waktunya untuk saya beristirahat atau pensiun dari pekerjaan ini.

Surat ini saya sampaikan sesuai dengan kontrak kerja saya yang akan berakhir 3 minggu ke depan dan hari terakhir akan berakhir 20 November 2013. Terima kasih atas setiap dukungan dan bantuan yang diberikan selama saya bekerja.

Dengan Hormat,

Robert Flamingo

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

surat pengunduran diri dari sekolah

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yth,
Kepala SMK Maju Mundur Cilacap
Jl. Surosono No. 55 Cilacap

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Symphoni Nada
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Suroson No 22 Cilacap
Telepon : 02154633222

Selaku orang tua murid dari:
Nama Siswa : Herman Santoso
Kelas : XI BC 5
No Induk Siswa : 1236665

Mengajukan permohonan pengunduran diri anak saya Herman Santoso dari SMK Maju Mundur Cilacap, dikarenakan pindah ke sekolah di tempat yang baru. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Cilacap, 14 Januari 2019

Hormat saya,

Symphoni Nada

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

surat pengunduran diri dari jabatan

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ranggana Purwa
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1975
Jabatan : Lurah
Periode : 2017/2022
Alamat : Desa Suka Mulyo Rt 07/06, Kecamatan Jaka Mulya, Jawa Barat

Dengan ini saya menyatakan untuk mengudurkan diri sebagai Lurah Desa Suka Mulyo. Pengunduran ini efektif, sejak tanggal 01 Maret 2015 pukul 08.00 WIB. Di karenakan saya tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana, karena sakit yang alami.

Demikain surat pengunduran diri ini saya buat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya oleh pihak yang berkepentingan.

Salam Hormat,

Ranggana Purwa, SIP.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

surat pengunduran diri sederhana

Surat Pengunduran Diri

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Steward Pradipta
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Jabatan : Anggota Pengawasan Korupsi Desa Sidatirto
Tempat, Tanggal Lahir : Manado, 22 Februari 1980
Alamat : Desa Sidatirto, RT 4/5, Bulak Rantai, Jawa Tengah

Menyatakan dengan sebenar-benarnya, saya mengundurkan diri dari anggota pengawasan korupsi Desa Sidatirto, Kabupaten Bulak Rantai. Saya memohon maaf atas pengundruan diri ini. Karena saya dan keluarga akan pindah karena pekerjaan kantor.

Demikian, surat permohonan ini dibuat dengan benar dan diharapkan menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih.

Bulak Rantai, 22 Agustus 2019

Steward Pradipta

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Surabaya, 20 Maret 2019

Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Sukses Jaya
Di Tempat,

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Susilowati
Departemen : Staff Bendahara
Jabatan : Karyawan
No Karyawan : 00000123

Surat ini bermaksud untuk memberitahukan, bahwa saya akan meninggalkan PT Sukses Jaya. Adapun alasannya karena saya sedang mengandung dan akan melahirkan dalam waktu dekat. Saya sedih harus meninggalkan pekerjaan dan dukungan yang telah diberikan oleh perusahaan.

Sesuai dengan kontrak, saya memberikan surat ini dua bulan sebelum kontrak habis. Minggu terakhir saya bekerja akan dimulai sejak 20 Mei 2014. Saya yakin dapat menyelesaikan proyek-proyek yang sedang saya pegang. Dan akan menyerahkannya pada staff pengganti sesuai kesepakatan. Saya berencana untuk tinggal bersama bayi selama beberapa tahun, tapi setelahnya akan membuka kembali diskusi untuk kembali bekerja di waktu-waktu tersebut.

Terima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan di perusahaan. Serta, mohon maaf atas setiap kesalahan yang mungkin pernah saya perbuat. Jika ada yang perlu ditanyakan, tolong hubungi saya secara lebih lanjut.

Salam Hormat,

Susilowati

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Kepala SMK Rhineka Jakarta
Jl. Merdeka No. 120C Jakarta
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Salam Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Renhard Sinaga
Jabatan : Guru Bahasa Inggris

Secara resmi terhitung tanggal 02 Maret 2016 menyatakan berhenti sebagai guru bahasa inggris di smk Rhineka Jakarta.

Saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatan yang diberikan oleh SMK Rhineka untuk mengajar siswa dan siswi di SMK ini. Saya memohon maaf kepada jajaran komite dan rekan kerja, jika terdapat hal-hal yang tidak berkenan.

Besar harapan saya SMK Rhineka dapat menjadi sekolah yang mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi, secara akademik dan non akademik. Demikian surat ini saya buat dengan kesungguhan. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Jakarta, 28 Februari 2019

Renhard Sinaga, S. Pd

9. Contoh Surat Resign Hotel

Wonosari, 15 Maret 2014

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
Hotel Sintha Wonosari
Jalan Matahari No 1-7 Wonosari
Wonosari, Jawa Tengah

Salam Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Doni Asmara
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 27 Juli 1977
Alamat : Jl. Kemerdekaan Indonesia No 99, Wonosari
Jabatan : Staff Administasi Hotel Sintha

Dengan surat ini, saya bermaksud mengundurkan diri sebagai staff administrasi hotel Sintha terhitung tanggal 25 Maret 2014. Alasan saya mengundurkan diri dikarenakan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Setiap tugas dan kewajiban saya di Hotel Sintha, akan segera diselesaikan sebelum masa pengunduran diri efektif.

Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan, selama saya bekerja di Hotel Sintha. Saya pun memohon maaf apabila, selama bekerja saya kurang bertanggung jawab dan melakukan hal-hal yang kurang berkenan.

Demikian surat pengunduran diri ini, saya buat dengan kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas pengertiannnya, saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya,

Doni Asmara

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Security

Medan, 12 Oktober 2019

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Kepala Security
PT Horn Tunggal
Jalan Harvard No 45, Majalengka
Majalengka, Jawa Barat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Juned Hamzah
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 25 Oktober 1977
Alamat : Jl Sinden Lalu No 45, Majalengka
Jabatan : Security

Dengan surat ini bertujuan menyampaikan maksud pengunduran diri sebagai anggota keamanan PT Horn Tunggal, terhitung tanggal 20 Oktober 2011. Adapun alasan pengunduran diri karena akan pindah ke luar kota, mengikuti anak sekolah. Setiap kewajiban yang masih tersisa di PT Horn Tunggal, akan diselesaikan sesuai ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

Terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan setiap kesempatan yang diberikan, selama saya bekerja di PT Horn Tunggal. Saya memohon maaf apabila terdapat perilaku dan tindakan yang kurang berkenan selama menjalankan pekerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini, diharapkan permakluman pimpinan atas permohonan ini. Atas pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Juned Hamzah

11. Contoh Surat Resign Diterima di Perusahaan Lain

contoh surat resign diterima di perusahaan lain

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yth, dr Shorman
Pemilik Klinik God Bless

Salam Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya Hunggara Samudra menyampaikan permohonan untuk mengundurkan diri dari Klinik God Bless sebagai staff administrasi. Sejak tanggal 14 Januari 2019. Adapun alasan pengunduran diri saya karena telah diterima di Rumah Sakit Umum Daerah Selo Hardono.

Sayang mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan dan menjadikan bagian keluarga besar Klinik God Bless.

Saya memohon maaf jika terdapat kesalahan ucapan dan perilaku yang sudah saya perbuat selama bekerja. Besar harapan saya, Klinik God Bless akan menjadi lebih besar dan berkembang dengan baik.

Salam hormat,

Hunggara Samudra

12. Contoh Surat Resign Simple

Jakarta, 26 Agustus 2019

Kepada Yth,
Direktur PT Natari Wafer
Bapak Andreas Waluyo, SE
Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Elly Armada
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 14 Maret 1975
Jabatan : Programmer
Departemen : End Development
Bekerja Sejak : 2010
No. Karyawan : N123665

Bersamaan dengan surat ini, bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Natari Wafer. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Selama bekerja di PT Natari Wafer, saya telah mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga.

Maka dari itu, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Serta menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan perilaku dan ucapan yang dilakukan selama bekerja. Semoga PT Natari semakin berkembang dan memiliki inovasi yang baik di hari depan.

Demikian surat pengunduran diri saya, atas permaklumannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Elly Armada

13. Contoh Surat Resign Bank

Purwokerto, 25 September 2019

Kepada Yth,
Bank Republik Indonesia
Jl. Gatot Subroto 34H Purwokerto
Purwokerto, Jawa Tengah

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan perhomonan pengunduran diri sebagai staff teller dari Bank Republik Indonesia, atas nama:

Nama : Joko Sulistyo
Alamat : Kavling Harum No 22 Purwokerto

Alasan pengunduran diri saya adalah pindah ke luar kota, bersama dengan keluarga. Saya mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan kesempatan yang diberikan selama tiga tahun belakangan. Saya juga memohon maaf apabila selama bekerja terdapat hal-hal tidak baik yang saya lakukan.

Semoga Bank Republik Indonesia semakin jaya dan sukses di hari depan.

Demikian, surat permohonan ini dibuat dengan kesungguhan dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan permakluman yang diberikan, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Joko Sulistyo

14. Contoh Surat Resign Resmi

Jayapura, 17 Juli 2019

Yth. Alfred Watimena
HRD CV Printing Book
Jalan Padamu No 52
Jayapura

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Horobus Pattembuan menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan CV Printing Book, terhitung sejak 25 Juli 2016. Alasan saya melakukan pengunduran diri karena mengikuti istri yang dipindah tugaskan ke luar kota.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan pada saya selama bekerja di CV Printing Book. Kepada seluruh karyawan serta managemen di CV Printing Book, saya memohon maaf atas semua tindakan yang dikurang berkenan selama bekerja bersama

Semoga permohonan pengunduran diri saya, dapat dikabulkan dan dapat dimaklumi. Harapan saya, semoga CV Printing Book dapat lebih maju dan turut memajukan generasi penerus bangsa.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas bantuan dan perhatian yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Horobus Pattembuan

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

surat pengunduran diri karyawan

Tangerang, 22 Mei 2019

Kepada Yth,
Direktur PT Antah Brantah
Jl. Mexico No 13 Tangerang
Tangerang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Silver Stephan
No Pegawai : A14562
Jabatan : Sekretaris Jenderal
Departemen : Sekretariat
Bekerja Sejak : 2009

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Antah Brantah. Adapun alasan saya mengundurkan diri karena ingin melakukan pensiun dini. Setiap hak dan tanggung jawab saya, dapat didiskusikan lebih lanjut dengan pengganti saya.

Saya menyampaikan terima kasih kepada segenap direksi dan karyawan PT Antah Brantah, atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan. Saya menyampaikan permohonan maaf atas setiap kesalahan yang dibuat baik perilaku maupun ucapan, selama bekerja di PT Antah Brantah.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Silver Stephan

Tips pandai menulis surat resign / pengunduran diri

Anda yang akan menerapkan penulisan surat ini, ada baiknya mengikuti tips-tips dibawah ini. Karena setelah melakukannya, akan didapatkan surat yang baik dan benar. Berikut ulasannya,

1. Sikap menghargai atasan

Untuk menghargai setiap kesempatan yang diberikan atasan, sebaiknya buat surat pengunduran diri dengan bahasa yang sopan. Tidak hanya itu, surat ini akan memberikan anggapan bahwa anda menghargai pasangan. Pastikan tidak ada kata-kata yang dapat menyinggung perasaan dari atasan. Jika terjadi, mungkin terdapat perasaan tersinggung pada anda.

2. To the Point

Menulis surat pengunduran diri haruslah tepat dan menggunakan etika. Tuliskanlah beberapa hal-hal yang harus ditulis, seperti identitas dan alasan anda melakukan pengunduran diri. Jika ingin lebih nyaman, pilihlah waktu terbaik dengan berbicara berdua bersama atasan. Jadi, penyampaian alasan untuk mengundurkan diri dapat dirasa lebih bebas.

3. Sesuaikan dengan Format

Saat akan melakukan pengunduran diri, buatlah surat yang sesuai format. Contohnya buatlah surat dengan rapi dan mudah dibaca. Buat pula sesuai struktur, sehingga pembaca dapat memahami maksud dari pembuatan surat ini. Perhatikan pula etika dalam penulisan surat, sehingga surat dapat diterima atasan dan memaklumi keinginan mengundurkan diri.

4. Berikan surat secara langsung

Dalam membuat surat pengunduran diri perusahaan, ada baiknya surat diberikan secara langsung kepada pimpinan. Jangan membiarkan surat disampaikan dengan bantuan orang lain atau melalui email. Hal ini bisa menyebabkan masalah, karena dianggap kurang sopan dan tidak menghargai atasan. Jadi, hindarilah cara ini saat akan memberikan surat pada pimpinan.

5. Penutup surat yang santun

Bagian terakhir dalam menulis surat adalah penutup surat. Kalimat penutup surat perlu memperhatikan pemilihan kata yang tepat dan bersahabat. Sehingga dapat memberikan kesan kesopanan pada pembaca. Contohnya, memberikan harapan dan ucapan perpisahan dengan rendah hati. Namun tidak perlu berlebihan, seperti memberi surat untuk kekasih.

6. Apresiasi Perusahaan

Bagian ini penting, jika anda harus mengundurkan diri dari perusahaan. Gunakanlah bahasa yang baik saat melakukan apresiasi pada perusahaan. Tidak perlu berlebihan, karena nantinya akan memberikan kesan kebohongan. Serta, tulislah kalimat apresiasi yang sederhana namun untuk memberikan kebaikan dan harapan bagi perusahaan ke depannya.

7. Maksud dan tujuan secara jelas

Menulis dengan sederhana memang penting, namun pastikan bahwa maksud dan tujuan yang lebih jelas. Contohnya, dalam contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar di atas sampaikan bahwa kapan tanggal terakhir bekerja. Serta, alasan mengapa harus melakukan pengunduran diri. Sehingga, tidak ada anggapan keragu-raguan dalam pembuatan surat.

8. Cantumkan Pencapaian

Tidak banyak yang akan memasukkan bagian ini dalam surat pengunduran dirinya. Namun anda yang telah memahami hal ini, masukanlah beberapa pencapaian yang didapat di perusahaan. Caranya, masukanlah beberapa pencapaian namun tidak berlebihan. Hal ini dapat menyampaikan ketidaknyamanan dan anggapan sombong atas pencapaian yang dimilikki.

9. Tidak Perlu Terlalu Panjang

Saat anda membuat surat ini, sebaiknya tidak terlalu panjang. Cukup sampaikan hal-hal penting terkait pengunduran diri. Jadi pembaca akan lebih mudah memahami maksud pembuatan surat. Serta, pastikan bahwa pemberian surat tidak terlalu dekat dengan waktu akhir bekerja. Jadi, perusahaan mempersiapkan karyawan pengganti untuk menduduki jabatan yang ditinggalkan.

Jadi, sudahkah anda memahami membuat surat pengunduran diri yang benar? Jika masih kebingungan, lihatlah kembali berbagai contoh surat resign di atas. Pilihlah salah satunya untuk dijadikan referensi dan membuat surat pengunduran diri yang sesuai dengan kebutuhan.