Pendaftaran dan Biaya Undip (Universitas Diponegoro)

Pendaftaran dan Biaya Undip (Universitas Diponegoro),  masukuniversitas.com. Universitas Diponegoro atau yang lebih populer dengan sebutan UNDIP merupakan salah satu universitas negri di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jenjang pendidikan yang ditawarkan di kampus UNDIP ini yakni program diploma, sarjana, magister, hingga doktor. Nah, buat anda yang ingin tahu lebih mendetail mengenai UNDIP ini, berikut kami bagikan informasi selengkapnya.

11 Fakultas yang Tersedia di Universitas Diponegoro

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Budaya [1]
  6. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  7. Fakultas Sains dan Matematika
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Peternakan dan Pertanian
  10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  11. Fakultas Psikologi

Pendaftaran Universitas Diponegoro

Anda yang menginginkan bagian dari salah satu PTN ini, perlu Anda ketahui bahwa untuk masuk ke Undip ada hal yang harus anda ikut seleksi. Diantaranya:

1. Jalur PSSB D3

PSSB D3 merupakan singkatan dari Program Seleksi Siswa Berprestasi. Para peserta harus melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi segala form pendaftaran dengan benar dan lengkap. Pendaftaran online jalur ini dimulai biasannya dilakukan pada bulan Januari sampai bulan Maret. Untuk info lebih lengkapnya dapat mengunjungi www.um.undip.ac.id

2. Jalur SNMPTN UNDIP

SNMPTN adalah jalur seleksi yang umum  masuk perguruan tinggi negeri dengan melihat nilai rapor dan prestasi para siswa disekolah. SNMPTN diperuntukkan bagi siswa yang mendapatkan undangan dari sekolahnya untuk mengikuti seleksi SNMPTN. Siswa yang bisa mendaftar SNMPTN yakni merupakan siswa yang secara konsisten berprestasi di Sekolahnya.

Ada dua cara mendaftar dalam seleksi jalur SNMPTN, yang pertama yakni dengan pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi yang dilakukan oleh siswa, yang kedua yakni dengan pendaftaran snmptn yang dilakukan oleh siswa sendiri. Pengisian PDSS bisa dilakukan pada laman pdss.snmptn.ac.id dan untuk pendaftaran SNMPTN yang dilakukan para siswa calon peserta SNMPTN bisa dilakukan pada laman snmptn.ac.id. [Disini info: Pengumuman hasil SNMPTN 2017].

Para calon peserta terlebih dahulu harus login ke alamat SNMPTN dengan menggunakan NISN dan Password masing-masing yang diberikan oleh pihak sekolah. Untuk mendaftar di Universitas Diponegoro maka isilah pilihan pada minat dengan Universitas Diponegoro.

3. Jalur SBMPTN

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah  jalur kedua setelah SNMPTN yang dilakukan secara bersamaan oleh seluruh PTN di Indonesia. Para calon peserta terlebih dahulu harus mendaftar ke situs www.sbmptn.or.id untuk pendaftaran pada tahap awal, namun calon peserta harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu.

Biaya pendaftaran di Universitas Diponegoro bisa dibayarkan melalui Bank BNI ataupun Bank Mandiri. KAP dan juga PIN akan didapat setelah pembayaran dilakukan, KAP dan PIN akan digunakan untuk login pada tahap pendaftaran selanjutnya. Kemudian para calon peserta harus login ke laman resmi SBMPTN pada laman www.sbmptn.or.id dengan menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan juga PIN yang sudah didapat tersebut.

Para calon peserta wajib mengisi data-data pribadi terlebih dahulu dengan lengkap dan benar sesuai formulir pendaftaran yang tersedia. Calon peserta bisa memilih UNDIP sebagai Universitas yang diminati.

4. Jalur UM UNDIP

Jalur UM UNDIP atau jalur ujian mandiri Universitas Diponegoro merupakan jalur seleksi pada tahap ke tiga setelah SNMPTN dan SBMPTN. Jalur ini biasannya dibuka pada bulan April sampai bulan Mei. Jalur  mandiri ini diperuntukkan bagi  para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Diploma, Sarjana, dan juga Pascasarjana UNDIP. Calon mahasiswa yang telah mengikuti SNMPTN maupun SBMPTN namun belum lolos dapat mengikuti Ujian Mandiri UNDIP sebagai alternatif untuk dapat tetap kuliah di UNDIP. Namun persiapan yang matang juga harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar dapat lulus ujian seleksi ini.

Biaya Kuliah di Universitas Diponegoro

Undip merupakan PTN yang harus mengikuti seleksi masuk seperti SNMPTN, SBMPTN ataupun ujian mandiri (bila PTN masih membuka). Nah, untuk meneruskan pendidikan melalui seleksi tersebut, adapun biaya kuliah yang berlakukan Undip di program studi S1 adalah sebagai berikut.

Program Sarjana Strata 1 (S1)

1. Mahasiswa Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Pembayaran studi bagi mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN hanya harus biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan UKT tersebut dilakukan berdasarkan kesanggupan dari para orang tua calon mahasiswa yang bersangkutan.  Calon mahasiswa bisa memilih golongan UKT yang harus dibayar saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

2. Mahasiswa Jalur Ujian Mandiri (UM S1)

Pembayaran studi bagi mahasiswa jalur ini yakni terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan juga biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Biaya SPI hanya akan dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1 saja. SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan Golongan 2, dimana calon mahasiswa dapat memilih Golongan tersebut ketika mau mendaftar menjadi peserta Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online).

3. Mahasiswa Jalur Ujian Mandiri (UM S1) Kelas Internasional

Bagi Mahasiswa pada jalur ini pembayaran studi hanya biaya SPP sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) Per Semester mulai dari SMT 1 sampai 7. Kelas Internasional (IUP) tersebut yang dibuka saat ini hanya S1 Akuntansi dan S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

4. Mahasiswa Jalur PSSB

Mahasiswa pada jalur ini harus melakukan pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 sampai 7. Pembagian golongan UKT tersebut dilakukan berdasarkan kesanggupan dari para orang tua calon mahasiswa yang bersangkutan.  Calon mahasiswa bisa memilih golongan UKT yang harus dibayar saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

5. Program Pascasarjana (S2/S3)

Bagi Mahasiswa program Pascasarjana tidak menggunakan Sistem UKT. Biaya studi akan disesuaikan dengan biaya pada masing-masing program studi yang diambil yang terdiri dari : Biaya SPP Per Semester, biaya SBP (Sumbangan Biaya Pengelolaan) Pascasarjana yang dibayarkan hanya 1 kali selama studi diawal semester 1, biaya SBP (Sumbangan Biaya Pengelolaan) Prodi yang dibayarkan per semester, biaya atribut (Jas Almamateri, Buku Panduan) yang hanya dibayarkan 1 kali selama studi pada awal semester 1.

Baca disini: Pengumuman hasil SBMPTN 2017

Nah demikian ulasan/penjelasan singkat mengenai pendaftaran dan biaya di Universitas Diponegoro. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Referensi
um.undip.ac.id/biaya-studi
biayakuliah.web.id/2015/11/biaya-kuliah-undip.html
promo-jitu.com/2016/02/info-pendaftaran-mahasiswa-baru-undip.html CXDSAQW`1

Add a Comment